-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Lobster Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Lobster

Indonesia yang merupakan negara maritim memiliki kekayaan berupa aneka ragam hasil laut yang melimpah ruah, salah satunya adalah lobster. Hasil produksi lobster asal Indonesia banyak diekspor ke negara lainnya karena kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. 

Ada beberapa daerah penghasil lobster yang ada di Indonesia karena wilayah Indonesia sendiri 2/3 nya merupakan lautan luas. 

Daerah Penghasil Lobster?

1. Gresik

Di wilayah Gresik, tepatnya di daerah Bawean, banyak penduduk lokal yang budidaya lobster dengan kualitas baik. Lobster yang dibudidayakan di daerah tersebut memiliki ukuran yang besar dan rasa yang enak. Bahkan, seekor lobsternya saja beratnya mencapai satu kilogram. Penduduk setempat membudidayakan lobster di dalam keramba. 

Wadah keramba yang digunakan untuk budidaya lobster diletakkan dekat dengan bibir pantai di Pulau Bawean. Jenis lobster yang dibudidayakan oleh penduduk Bawean adalah jenis lobster bambu dan lobster mutiara. Para wisatawan yang berkunjung ke Gresik pasti tidak lupa untuk mampir ke Bawean untuk mencicipi lobster khas Bawean berukuran besar. 

2. Cilacap 

Cilacap yang berada di wilayah Jawa Tengah merupakan kabupaten penghasil udang premium dan lobster di Indonesia. Penduduk setempat membudidayakan udang jenis premium seperti udang tiger, udang jerbung, hingga udang dogol. Selain udang, Cilacap juga kaya akan produksi lobster sehingga dianggap sebagai lumbung lobster yang terbaik di Indonesia.

Harga lobster produksi Cilacap tidak semahal harga lobster di daerah lainnya. Harga lobsternya terjangkau, yakni mulai dari Rp 100ribu hingga Rp 150.000 per kilogram. Karena harganya yang cukup terjangkau dengan kualitas yang baik, maka tak heran jika banyak wisatawan yang mencari lobster di daerah Cilacap ini. 

3. Aceh 

Aceh juga termasuk daerah yang menghasilkan beragam jenis lobster kelas premium seperti lobster pasir, lobster bambu, lobster mutiara, dan lobster batu. Di wilayah Aceh tepatnya di Pulo Aceh yang berada di Tanah Rencong, Kabupaten Aceh Besar itulah para wisatawan bisa menemukan lobster premium dengan beragam jenis. 

Ukuran lobster premium yang bisa ditemukan di daerah Aceh berkisar antara 100-200 gram. Untuk harganya, para pembudidaya lobster disana mematok harga jual sekitar Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per ekor. Lobster yang dibudidayakan di wilayah yang berada di bagian ujung barat Indonesia ini mempunyai cita rasa yang nikmat. 

Editor terkait:

4. Yogyakarta 

Daerah Yogyakarta memang dikenal dengan deretan pantainya yang cantik dengan pantai hitam dan pasir putih. Selain itu, Yogyakarta juga termasuk dalam daerah penghasil lobster di Indonesia dengan kualitas terbaik. Daerah di Yogyakarta yang merupakan produsen lobster berkualitas tinggi adalah daerah Bantul hingga daerah Gunungkidul yang memiliki pantai. 

Sepanjang perjalanan ketika berada di dua daerah tersebut, para wisatawan akan banyak menemukan berbagai kuliner ikan laut yang segar, salah satunya adalah lobster. Menariknya, kuliner lobster yang dijual di Yogyakarta diambil dari laut secara langsung. Untuk harga lobsternya berkisar antara Rp 250-300ribu.

5. Lombok 

Teluk Awang yang berada di daerah Lombok Tengah merupakan salah satu daerah yang mampu menghasilkan lobster berkualitas baik. Selain lobster, hasil laut yang lain juga unggul di daerah Nusa Tenggara Barat. Di daerah ini lobster menjadi komoditi yang memiliki nilai jual yang tinggi sehingga banyak nelayan yang berburu lobster di Teluk Awang.

Para nelayan bisa mendapatkan lobster dalam jumlah hingga ratusan ekor ketika sedang masa panen. Untuk harganya sendiri adalah sekitar Rp 500ribu. Nilai jual lobster yang tinggi membuat para nelayan lebih banyak mencari lobster dibandingkan ikan untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

6. Pacitan 

Di wilayah Jawa Timur, salah satunya Pacitan, juga termasuk daerah yang menghasilkan lobster. Jenis lobster yang diproduksi di Pacitan beraneka ragam, mulai dari lobster baru hingga lobster pasir. Bahkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga menyebut bahwa perairan yang berada di selatan Jawa memang mempunyai beragam jenis lobster. 

Hal ini dikarenakan perairan Indonesia merupakan habitat dari berbagai biota laut seperti terumbu karang dan karang karena memiliki iklim yang subur dan tropis. Ketika berkunjung ke Pacitan, terutama di area dekat pantai, para wisatawan akan banyak menemukan tempat kuliner yang menjual berbagai macam ikan laut terutama lobster. 

7. Sukabumi 

Perairan di Sukabumi yang berada di wilayah pesisir selatan merupakan kawasan yang menghasilkan benih lobster di area Jawa Barat. Jawa Barat sendiri memiliki potensi perekonomian yang tinggi terkait hasil laut. Lobster yang dibudidayakan di Sukabumi mampu meraup keuntungan besar jika dijual kembali dibandingkan dengan hanya mengonsumsinya. 

Daerah penghasil lobster ini memiliki potensi atas kekayaan hasil laut terutama ikan layur dan lobster. Lobster memberikan lebih banyak keuntungan untuk masyarakat jika dijual lagi daripada hanya habis dikonsumsi sendiri. 

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo