-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Kayu Manis Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak digunakan untuk kebutuhan memasak, membuat roti atau kue, pengobatan, dan lain sebagainya. Aroma wangi rempah satu ini sangat khas. 

Kayu manis yang asli dari Indonesia dinamakan Cinnamomum dan asalnya dari Jambi. Namun, kini sudah banyak daerah penghasil kayu manis yang tersebar secara meluas di Indonesia. 

Daerah Penghasil Kayu Manis, Daerah Mana Sajakah?

1. Jambi 

Daerah Jambi adalah daerah yang menghasilkan kayu manis paling besar di Indonesia. Di daerah inilah rempah beraroma wangi khas berasal. Dua wilayah di daerah Jambi yang menjadi asal muasal hadirnya kayu manis adalah Kabupaten Merangin, Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci. Banyak terdapat pepohonan kayu manis yang ada di daerah Jambi.

Daerah ini didominasi oleh penduduk dengan mata pencaharian sebagai petani kayu manis. Kualitas kayu manis dari Jambi sangat baik dan nilai jualnya pun tinggi. Bahkan, kayu manis yang diekspor ke pasar dunia sebagian besar berasal dari daerah ini. Beberapa negara tujuan ekspor kayu manis Jambi adalah Singapura 4%, Jerman 4%, Belanda 11%, dan Amerika 46%.

2. Boyolali 

Boyolali yang berada di wilayah Jawa Tengah memiliki potensi menjanjikan dalam sektor perkebunan rempah-rempah terutama kayu manis. Bahkan, pemerintah setempat belakangan ini melakukan pengembangan dalam hal peningkatan produsen kayu manis di Boyolali. Tujuannya adalah menjadikan Boyolali sebagai penghasil rempah kayu manis berkualitas baik. 

Karena potensi pengembangan kayu manis di Boyolali termasuk menjanjikan, maka pemerintah setempat berharap agar pengembangan kayu manis berhasil supaya mendapatkan dampak baik bagi masyarakat maupun pemerintah. Keberhasilan pengembangan kayu manis di Boyolali akan berdampak baik dalam segi perekonomian daerah dan juga segi pendapatan.

3. Yogyakarta 

Daerah Yogyakarta tidak hanya terkenal sebagai daerah pendidikan dan daerah wisata saja, melainkan juga terkenal sebagai daerah yang menghasilkan rempah-rempah berkualitas baik. Salah satu jenis rempah-rempah yang diproduksi di Yogyakarta adalah kayu manis. Karena kualitasnya yang baik, maka hasil produksi kayu manis dari daerah ini diterima di pasar dunia.

Bahkan, Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang memasok kayu manis untuk kebutuhan ekspor ke berbagai daerah lainnya di Indonesia dan juga mancanegara. Harga jual jenis rempah ini cukup tinggi, mengingat kualitasnya yang sangat baik. Banyak penduduk disana yang bekerja sebagai petani kayu manis dengan hasil pendapatan yang cukup tinggi.

Editor terkait:

4. Sumatera Barat 

Provinsi Sumatera Barat termasuk daerah yang memiliki potensi cukup tinggi dalam sektor perkebunan jenis rempah kayu manis. Bahkan, daerah ini juga menjadi salah satu daerah penghasil kayu manis paling besar yang ada di Indonesia. Tidak heran jika provinsi ini menghasilkan kayu manis dalam jumlah besar karena tanahnya termasuk tanah yang subur.

Di provinsi Sumatera Barat terdapat perkebunan kayu manis dalam jumlah yang banyak dan sebagian besar pemiliknya adalah penduduk lokal. Meski begitu, ada beberapa perkebunan kayu manis disana yang pemiliknya adalah pihak atau perusahaan swasta. Untuk harga jualnya terbilang cukup tinggi karena kualitas kayu manis dari Sumatera Barat termasuk baik. 

5. Kalimantan Selatan 

Pulau Kalimantan dikenal sebagai pulau yang memiliki banyak hutan. Berbagai hasil alam akan banyak ditemukan disana, terutama rempah-rempah, salah satunya adalah kayu manis. Kalimantan Selatan termasuk bagian dari pulau Kalimantan yang mempunyai tanah subur sehingga kayu manis dapat diproduksi dalam jumlah tinggi di daerah tersebut. 

Hasil produksi kayu manis dari Kalimantan Selatan diekspor ke berbagai wilayah di Indonesia dan juga ke mancanegara. Karena tanahnya subur, maka Kalimantan Selatan menjadi salah satu habitat dimana kayu manis tumbuh dengan baik. Bahkan, pengusaha kayu manis di Kalimantan Selatan sudah mengantongi sertifikat yang diakui pemerintah. 

6. Ternate 

Ternate juga merupakan daerah yang menghasilkan kayu manis dengan aroma rempah khas yang semerbak. Salah satu lokasi produksi kayu manis di Ternate adalah Kelurahan Salahuddin. Di daerah tersebut banyak penduduk yang menjemur kayu manis di teras rumah mereka. Biasanya kayu manis yang telah dijemur akan diangkat setiap sore. 

Kayu manis merupakan hasil bumi yang menjadi primadona penduduk Maluku Utara. Sejak jaman dahulu, sudah banyak pepohonan kayu manis di daerah ini dan orang-orang yang hidup di jaman dulu memang sudah terbiasa merawat pohon rempah ini dan menjualnya setelah diproses. Kopi nyiru adalah salah satu bentuk olahan kayu manis dari Ternate. 

7. Lampung 

Komoditi kayu manis di Lampung masih menjadi primadona bagi penduduk setempat. Nilai jual yang tinggi dan kerap mengalami peningkatan dari waktu ke waktu menjadikan daerah penghasil kayu manis ini semakin diminati oleh penduduk Lampung, terutama Lampung Barat. Bahkan, kenaikan harganya bisa mencapai 20ribu per kilogram di daerah tersebut. 

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo