-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Daerah Penghasil Kayu Hitam Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Kayu Hitam

Kayu hitam atau yang seringkali disebut sebagai kayu eboni ini sangat terkenal karena memiliki kualitas tinggi serta warna yang cukup eksentrik. Sebab, warna hitam pekatnya membuat kayu ini seolah sudah dicat dengan memakai cat asli. 

Meskipun begitu, kayu ini semakin langka dan harganya pun malah. Untuk itu, ketahuilah daerah penghasil kayu hitam di Indonesia seperti uraian berikut.

Daerah Penghasil Kayu Hitam yang Populer di Indonesia

1. Palu

Kayu hitam adalah jenis kayu yang disebut sebagai tumbuhan endemik provinsi Sulawesi Tengah. Karena hal itulah, kayu hitam ini kemungkinan besar tidak akan bisa ditanam di luar daerah Sulawesi Tengah karena perbedaan struktur tanah yang cukup signifikan. Salah satu daerah di Sulawesi Tengah yang menjadi produsen kayu hitam adalah Palu.

Kota Palu memiliki banyak sekali tanaman kayu hitam yang tumbuh dan dirawat dengan baik oleh warga sekitar. Kayu hitam tersebut seringkali disebut sebagai jenis kayu mewah yang dijadikan sebagai salah satu bahan utama untuk membuat kerajinan indah dan unik yang diincar oleh wisatawan ketika mengunjungi daerah ini.

Bahkan setelah terkena bencana beberapa tahun lalu, masyarakat kota Palu bangkit secara berangsur-angsur dengan memanfaatkan keberadaan kayu hitam untuk membantu kehidupan mereka agar bisa kembali seperti normal lagi. Kayu hitam tersebut memang sangat ampuh untuk dijadikan beberapa hal yang bisa dijual dalam nilai tinggi.

Salah satu kegunaan utama dari kayu hitam adalah ukir-ukiran, alat musik seperti piano tongkat dan gitar, furniture mahal, dan kotak yang berfungsi untuk menjaga perhiasan. Semua kelebihan itulah yang membuat kayu hitam selalu dilestarikan oleh masyarakat yang ada di kota Palu.

2. Parigi

Tidak hanya Palu saja, namun ada pula daerah lain di Sulawesi Tengah yang juga terkenal sebagai tempat perkembangbiakan kayu hitam yakni kabupaten Parigi. Kabupaten yang satu ini sempat populer karena mampu menjual kayu hitam dalam jumlah yang sangat banyak dan bisa diimpor ke luar negeri seperti ke Jepang atau Amerika Serikat.

Hal tersebut tidak mengherankan sebab di daerah Parigi, warga yang menetap di sana menjadikan kayu hitam sebagai salah satu kayu yang harus senantiasa dilestarikan. Ada begitu banyak petani yang berinisiatif untuk menanam bibit kayu hitam sehingga ketika waktunya sudah tiba, mereka bisa memotong kayu hitam tersebut untuk dijadikan berbagai hal yang berkualitas.

Terlebih, harga kayu hitam yang berasal dari Parigi diperkirakan sangat ekonomis sehingga tidak memerlukan budget yang terlalu tinggi untuk membeli kayu hitam tersebut. Hal itulah yang membuat konsumen kayu hitam dari berbagai provinsi memilih untuk membeli kayu hitam dari daerah Parigi.

Editor terkait:

3. Minahasa

Minahasa juga termasuk ke dalam daftar daerah di Sulawesi Tengah yang mampu menghasilkan kayu hitam dalam jumlah yang banyak setiap tahunnya. Bahkan, total produksi kayu hitam yang ada di Minahasa terbilang sangat memuaskan dan hal itu pun akan selalu berkembang setiap tahunnya karena produksi kayu hitam yang belum berhenti hingga saat ini.

Karena kayu hitam termasuk ke dalam jenis kayu yang cukup langka, maka masyarakat Minahasa pun mengerahkan beberapa cara untuk menjaga agar kayu hitam ini tidak punah dalam waktu dekat. Terlebih, teksturnya yang keras dan tidak gampang rusak membuat kayu hitam ini semakin diburu oleh banyak pihak untuk dijadikan sebagai bahan-bahan tertentu.

4. Poso

Kayu hitam atau kayu eboni juga sering ditemukan di Kabupaten Poso, sebuah kabupaten dengan luas yang cukup lebar dan penduduknya pun cukup banyak. Di daerah penghasil kayu hitam ini, ada banyak masyarakat yang memutuskan untuk menggunakan kayu hitam sebagai salah satu mata pencaharian utama sebab kayu ini memang membawa keuntungan yang cukup tinggi.

Meskipun begitu, ada begitu banyak kayu hitam yang ternyata tidak asli. Namun jenis kayu hitam yang ada di kabupaten Poso bisa dibilang sangat asli sebab kualitasnya yang sangat tinggi. Karena hal tersebut, banyak pihak yang menginginkan untuk membeli kayu hitam dari kabupaten Poso ketika mereka tidak yakin dengan kualitas kayu hitam yang berasal dari daerah lainnya.

5. Donggala

Donggala juga salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah yang menjadi produsen kayu hitam yang sangat populer dan sering dijadikan sebagai pilihan utama oleh banyak pihak ketika mereka hendak membeli kayu hitam. Hal tersebut tidak mengherankan karena kayu hitam yang ada di Donggala sangat bagus dan tidak memiliki harga yang terlalu mahal untuk digapai.

Daerah penghasil kayu hitam yang satu ini juga sering dianggap sebagai daerah yang mampu ditanami kayu hitam sebab tekstur tanahnya yang sangat cocok dengan kebutuhan kayu hitam. Untuk itu, setiap tahun Donggala menghasilkan kayu hitam dalam jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Sulawesi Tengah.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo