-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Karya Seni Rupa 2 Dimensi Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Indonesia memang negara dengan keberagaman seni yang menakjubkan, salah satu seni yang paling populer adalah karya seni rupa 2 dimensi. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri yang membuat mereka cukup berbeda antara satu sama lain. 

Karena itulah, penting untuk mengetahui daerah penghasil karya seni rupa 2 dimensi seperti penjelasan berikut ini.

Deretan Daerah Penghasil Karya Seni Rupa 2 Dimensi

1. Jepara

Daerah penghasil karya seni rupa 2 dimensi yang pertama berasal dari Jepara. Jepara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal sebab mereka sangat menjaga nilai-nilai luhur dan tradisional yang sudah ditinggalkan oleh nenek moyang mereka. Karena itulah, Jepara pun mampu menghasilkan karya seni yang sangat unik.

Salah satu karya seni yang mereka hasilkan adalah karya seni rupa 2 dimensi seperti lukisan, ukiran kayu, dan lain-lain. Semua karya yang dihasilkan memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya tampak menonjol apabila dibandingkan dengan karya seni rupa yang berasal dari daerah lain di Indonesia.

2. Cirebon

Cirebon juga termasuk ke dalam jajaran daerah yang mampu menghasilkan karya seni rupa 2 dimensi yang sangat indah. Salah satu daerah di Jawa Barat ini pun selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran dengan segala bentuk karya seni yang sudah dihasilkan oleh para seniman yang sudah lama berkarya di tempat ini.

Ada begitu banyak jenis seni rupa 2 dimensi yang sudah dihasilkan oleh seniman Cirebon. Setiap tahunnya, jumlah permintaan untuk membeli karya seni yang berasal dari daerah ini senantiasa naik setiap tahunnya, bahkan banyak dari permintaan tersebut yang berasal dari luar negeri. Nama baik seni rupa Cirebon memang sudah terkenal di seluruh penjuru negeri.

3. Jelekong

Tidak hanya Cirebon, namun Jawa Barat juga memiliki daerah lain yang juga tidak kalah dalam hal menghasilkan karya seni 2 dimensi yang menakjubkan. Daerah tersebut tidak lain adalah Jelekong, sebuah desa yang masih satu bagian dengan kota Bandung. Desa ini memiliki banyak warga yang sangat ahli dalam menciptakan seni rupa 2 dimensi yang sangat cantik.

Bahkan, Jelekong seringkali dianggap sebagai sentra dari seniman lukis yang ada di Bandung. Hampir sebagian besar warga yang berada di desa ini memiliki profesi sebagai seniman lukis dengan gaya tersendiri. Karena itulah, tidak mengherankan apabila desa ini disulap menjadi kampung wisata yang mampu menampilkan karya lukis para seniman yang sangat memukau.

Editor terkait:

4. Solo

Solo adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang sangat terkenal karena apresiasi terhadap seniman yang sangat tinggi. Banyak warga di kota Solo yang memiliki bakat tinggi menciptakan lukisan 2 dimensi dalam bentuk yang unik dan khas, sehingga siapapun yang melihatnya akan merasa sangat kagum karena proses lukisannya yang menarik.

Ada begitu banyak daerah di kota Solo yang menjual lukisan 2 dimensi dengan teknik penggambarannya yang mengagumkan. Semua lukisan tersebut terkadang dipamerkan dalam festival tertentu atau pagelaran seni yang terkadang diadakan selama beberapa kali setiap tahunnya. Festival tersebut menjadi ajang yang bagus untuk seniman agar mereka bisa menunjukkan bakatnya.

5. Bali

Bali memang pulau di Indonesia yang sangat indah dan memiliki berbagai macam keindahan seni yang tidak tertandingi. Selain seni tari dan seni ukir, Bali juga terkenal dengan seni rupa 2 dimensi yang sangat luar biasa indah. Seniman yang berasal dari Bali umumnya menggunakan lukisan untuk menunjukkan pergolakan hati mereka dan menyatakan rasa syukur terhadap keindahan alam.

Tidak mengherankan apabila wisatawan asing yang berasal dari luar negeri selalu merasa terkagum-kagum dengan keunikan seni lukis yang ada di Bali. Semua lukisan tersebut dibuat dengan penuh kehati-hatian, sehingga hasil lukisan yang bisa dilihat tampak lebih menarik dan bisa membuat siapa saja merasa betah untuk melihat lukisan tersebut dalam waktu yang lama.

6. Ambon

Kota Ambon menjadi daerah yang seringkali dituju oleh para seniman lukis ketika mereka hendak mengekspresikan karyanya menjadi hal yang indah. Hal tersebut karena Ambon memiliki banyak sekali keindahan alam yang tidak ternilai, sehingga inspirasi yang didapat ketika di Ambon menjadi hal yang diincar oleh para seniman agar bisa menciptakan lukisan yang indah.

Tidak hanya itu saja, namun setiap tahunnya Ambon menyelenggarakan sebuah pagelaran seni yang sangat ramai. Seniman lukis 2 dimensi yang mendatangi pagelaran tersebut tidak hanya berasal dari Ambon saja, namun seniman dari sejumlah provinsi lain pun turut serta mendatangi pagelaran seni tersebut.

7. Yogyakarta

Daerah penghasil karya seni rupa 2 dimensi yang terakhir adalah Yogyakarta. Kota yang seringkali dicap sebagai kota seniman ini pun sudah lama menghasilkan karya seni rupa 2 dimensi yang membuat siapapun merasa takjub saat menyaksikannya.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo