Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Daerah Penghasil Rotan Terbesar di Indonesia

Penghasil rotan

Indonesia terkenal akan alamnya yang kaya akan sumber daya yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Diantaranya ialah tanaman rotan yang banyak tumbuh dan ditemukan pada bangsa ini. Tanaman ini bernama rotan, mereka seringkali dimanfaatkan untuk perlengkapan rumah tangga ataupun sebuah karya seni yang bernilai jual tinggi. 

Bahkan Indonesia menjadi salah satu pengekspor rotan terbesar ke penjuru dunia dengan mengalahkan negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina. Namun, tahukah Anda daftar daerah penghasil rotan di Indonesia?

Inilah daftar Daerah Penghasil Rotan terbanyak dan terbaik di Indonesia

1. Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Banjarmasin termasuk kedalam daerah penghasil kerajinan rotan terbesar di Pulau Kalimantan. Daerah yang terletak pada wilayah Kalimantan Selatan tersebut memiliki sumber daya rotan yang terbilang banyak dan melimpah. 

Rotan tersebut banyak tumbuh pada area hutan tropis yang banyak terdapat disana. Bahkan para penduduk asli pedalaman menjadikan tanaman ini sebagai sumber mata pencaharian mereka sehari-hari. Dengan begitu dapat membantu perekonomian dari masyarakat sekitar.

Artikel terkait: daerah penghasil wayang kulit

2. Palu, Sulawesi Tengah

Daerah yang terletak pada wilayah Sulawesi Tengah ini dikenal sebagai salah satu penghasil rotan yang memiliki kualitas tinggi dibandingkan wilayah di Pulau Sulawesi lainnya. Hal tersebut didukung juga dengan luasnya wilayah hutan yang ada pada daerah tersebut membuat tanaman yang satu ini bertumbuh dengan merata disana. 

Hasil produk yang mereka buat itu juga sudah sampai menembus pasar Internasional dikarenakan kualitasnya yang telah diakui dunia luas. Keadaan ini pula membuat daerah Palu memiliki peningkatan dalam bidang ekonomi masyarakatnya yang dipengaruhi oleh kerajinan rotan yang mereka produksi dan jual kepada konsumen yang luas.

Artikel terkait: daerah penghasil kayu jati

3. Sumatera Utara

Wilayah Sumatera Utara yang mencakup banyak daerah ini ternyata juga menjadi salah satu produsen hasil olahan rotan terbesar di Indonesia. Mereka bahkan bisa mengekspor hasil kerajinan rotan yang dibuat hingga mencapai 660,95 ton. 

Hasil yang melimpah tersebut didukung oleh beberapa wilayah yang menjadi pemasok utama dari kayu rotan yang tumbuh disana seperti Toba Samosir, Langkat, Tapanuli Tengah, dan Mandailing Natal. Daerah-daerah tersebut juga dikenal oleh masyarakat luas sebagai daerah wisata.

Artikel terkait: daerah penghasil karet

4. Aceh

Wilayah ujung dari Indonesia ini juga ternyata menyimpan banyak kekayaan alam yang salah satunya adalah rotan. Dengan masih banyaknya ditemukan hutan yang rimbun di wilayah tersebut membuat tanaman yang satu ini dapat dengan cepat berkembang hampir diseluruh wilayah Aceh. Pada daerah seperti Pidie, Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Timur, Subussalam, Tamiang, dan Aceh Utara disana banyak menghasilkan tumbuhan rotan yang sangat berkualitas untuk dijadikan bahan baku kerajinan. 

Wilayah Aceh juga tercatat telah menyumbang sekitar 35% dari persentase rotan yang ada di dunia. Ini membuktikan bahwa Aceh bisa disebut sebagai daerah penghasil rotan di Indonesia yang telah terbukti akan kualitas dan kuantitasnya yang sama bagusnya.

Artikel terkait: daerah penghasil kerajinan perak

5. Kalimantan Tengah

Di wilayah provinsi ini terdapat sebuah daerah bernama Katingan yang memiliki 10 kecamatan yang dikenal sebagai pusat penghasil rotan di Kalimantan Tengah. Setiap bulannya daerah Katingan dapat dengan mudah menghasilkan paling banyak 800 ton rotan hasil dari budidaya yang dilakukan oleh masyarakat disana. 

Daerah penghasil rotan di Indonesia ini bahkan sampai mendirikan jurusan pada SMK yang berfokus dalam mempelajari cara membudidayakan dan melestarikan rotan yang sudah menjadi keunggulan dari wilayah tersebut untuk selalu dilestarikan oleh masyarakat setempat.


Daerah Penghasil Rotan - Lima kilo

Posting Komentar untuk "5 Daerah Penghasil Rotan Terbesar di Indonesia"