-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daerah Penghasil Pala Terbesar di Indonesia

Penghasil pala

Daerah penghasil pala di Indonesia tersebar di berbagai wilayah. Hal ini tidak mengherankan, sebab Indonesia memang dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia sebagai daerah penghasil rempah yang cukup besar. Selain itu hal ini juga tentu membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia, sebab tidak akan kesulitan untuk mendapatkan jenis rempah yang satu ini. Bahkan, hasilnya pun juga cukup melimpah. Dengan demikian, pala juga bisa menjadi komoditi ekspor rempah unggulan dari Indonesia.

Daftar Daerah Penghasil Pala di Indonesia terbanyak dan terbaik di Indonesia

1. Pulau Siau, Sulawesi Utara

Pala yang berasal dari daerah ini dikenal memiliki kualitas paling unggul di dunia apabila dibandingkan dengan pala yang berasal dari wilayah maupun negara lain. Bahkan di Pulau Siau ini, pala menjadi ikon yang banyak dikenal oleh masyarakat luas. Dalam jangka waktu satu tahun, pala yang dihasilkan bisa mencapai 5.210 ton pala kering.

Di samping itu, wilayah ini telah mendapatkan sebuah sertifikat yang menunjukkan bahwa Pulau Siau menjadi daerah penghasil pala dengan kualitas yang patut diakui, serta mempunyai lingkungan yang sangat mendukung akan hal tersebut. Tanah di wilayah ini dikenal sangat subur sehingga sangat sesuai untuk budidaya tanaman pala.

Hal tersebut disebabkan karena adanya Gunung Karangetan. Gunung tersebut masih tergolong aktif, sehingga masih mengeluarkan material dari perut bumi. Material itulah yang kemudian menjadikan tanah di sekitarnya memiliki beberapa kandungan yang mendukung suburnya tanaman di sekitar. 

2. Maluku Utara

Provinsi Maluku Utara dikenal sebagai daerah penghasil pala paling banyak jika dibandingkan wilayah lain di Indonesia. Bahkan terhitung sejumlah 7% atau setara dengan 32,6 juta USD penghasilan Maluku Utara di Tahun 2015 bersumber dari ekspor pala. Ekspor pala juga menjadi tren positif apabila dibandingkan dengan hasil perkebunan yang lain.

Setiap jangka waktu satu tahun, wilayah ini paling tidak mampu menghasilkan pala sejumlah 6.70 ton. Hasil tersebut berasal dari perkebunan yang memiliki luas tanah 49.224 hektar. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Indonesia pada umumnya, dan Maluku Utara pada khususnya karena dapat menghasilkan pendapatan daerah yang cukup besar dari hasil ekspor pala.

Editor terkait:

3. Papua Barat

Daerah penghasil pala di Indonesia berikutnya yaitu Papua Barat. Pala di daerah ini menjadi komoditi yang terbilang unggul, karena mempunyai daya saing yang cukup tinggi. Dengan demikian, dapat menangkal persaingan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Salah satu daerah yang banyak menghasilkan pala yaitu Fakfak. 

Bahkan sudah sejak era penjajahan Kota Fakfak dikenal menjadi salah satu daerah di Indonesia yang mampu menghasilkan rempah yang berkualitas. Untuk itu, tak mengherankan jika pala di daerah ini bisa menjadi komoditi yang diunggulkan.

4. Aceh

Kebun Pala yang ada di wilayah Aceh juga cukup luas. Lokasi yang merupakan penghasil pala tepatnya ada di Tapaktuan yang termasuk dalam wilayah Aceh Selatan. Dalam 1,5 hektare tanah bahkan bisa menghasilkan pendapatan sekitar Rp 2.500.000 dalam jangka waktu satu bulan. Hal tersebut dihitung dari salah satu pemilik lahan yang ada di Tapaktuan.

Wilayah Aceh Selatan ini memang masuk daerah penghasil pala di Indonesia. Daerah ini dikenal sebagai pusat penghasil rempah berupa pala di Aceh. Bahkan di daerah ini, pala tidak hanya mampu meningkatkan perekonomian semata, melainkan juga mampu melestarikan nilai kebudayaan.

Baca juga konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik di lima kilo