Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daerah Penghasil Wayang Kulit Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Wayang Kulit

Seni tradisional asli Indonesia kali ini adalah wayang kulit. Kesenian ini berawal dari dua wilayah Jawa yang saling bertetangga yaitu Jawa Tengah dan Timur. Wayang kulit dibuat dengan bahan utama yaitu kulit kerbau kering yang sudah dijemur. Sebutan wayang pada mulanya terinspirasi oleh kata Ma Hyang terinspirasi dari keperecayaan yang berarti sang kuasa, roh spiritual, dan para dewa. Kesenian wayang kulit juga sudah dikenal oleh dunia Internasional di hampir seluruh dunia karena ciri khas unik yang dimilikinya. Berikut ini 4 daerah penghasil wayang kulit di Indonesia yang terus melestarikan kesenian ini.

Inilah Daftar 4 Derah Penghasil Wayang Kulit terbanyak dan terbaik di Indonesia

1. Yogyakarta

Wilayah istimewa yang satu ini sudah sering dikenal banyak orang sebagai pusat kesenian yang ada di tanah Jawa. Disini ternyata juga terdapat daerah bernama Gendeng yang dimana kebanyakan warganya menjadikan kerajinan kulit sebagai penghasilan utamanya. Wayang kulit yang dihasilkan disini terkenal akan kualitasnya yang tak kalah bagus dengan wayang dari daerah lainnya. Hal tersebut menyebabkan pembuatan wayang mereka dapat menghabiskan waktu yang terbilang lama. 

Bahkan wayang yang diproduksi dari sini pernah digunakan oleh dalang-dalang terkenal untuk pementasan mereka. Dengan seiring berjalannya waktu para pengerajin disana terus melakukan inovasi dengan menghadirkan oleh-oleh seperti gantungan kunci, miniatur yang juga terbuat dari kulit asli.

Artikel terkait: daerah penghasil kayu jati

2. Trenggalek

Di Jawa Timur terdapat sebuah desa yang terletak di Kabupaten Trenggalek yang mana  desa tersebut menjadikan kerajinan wayang kulit sebagai mata pencaharian utama. Daerah tersebut berlokasi di Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek.  Hasil kerajinan wayang kulit tersebut bahkan seringkali dicari oleh orang biasa yang memiliki kegemaran untuk mengkoleksi kerajinan yang berasal dari kulit tersebut. 

Bahkan seringkali dalang dari sebuah pertunjukkan wayang memesannya dikarenakan kualitasnya yang terbilang mendekati kata sempurna. Dengan begitu secara tidak langsung wayang yang dihasilkan dari daerah ini sangatlah bagus. Sedangkan ntuk harga dari sebuah kerajinan wayang kulit tersebut biasnya dihargai sekitar 400-500 ribu.

Artikel terkait: daerah penghasil karet

3. Bali

Bali menjadi salah satu daerah penghasil wayang kulit di Indonesia. Ini terjadi dikarenakan pertunjukan seni wayang kulit merupakan kesenian yang amat populer disana. Kesenian wayang disini memiliki makna yang berbeda dari masing-masing cerita yang akan dibawakan. Hal tersebut didukung oleh sebagian besar kepercayaan orang disana untuk meyakini bahwa setiap pemeran tokoh pewayangan mempunyai peran dan pesan yang akan disampaikan masing-masing.

Terdapat dua buah tema yang sering dibawakan dalam suatu pagelaran wayang di Bal yang diantaranya adalah pagelaran bertema spiritual yang memiliki alur cerita amat sacral bagi pemeluk agama hindu dan tema lucu yang diperuntukkan sebagai media penghibur warga yang ada disana.

Artikel terkait: daerah penghasil kerajinan perak

4. Jawa Tengah 

Daerah penghasil wayang kulit di Indonesia yang terakhir ada di Wonogiri. Pusat kerajinan wayang pada wilayah ini terdapat di Desa Kepuhsari yang juga dijadikan desa wisata oleh pemerintah setempat. Desa ini menawarkan berbagai macam dari hasil kreasi wayang kulit yang akan membuat Anda terpukau. Selain menghasilkan wayang kulit berukuran besar yang diperuntukkan untuk pementasan dan koleksi, desa ini juga mengeluarkan terobosan baru dengan menyediakan jasa pembuatan wayang kulit itu sendiri yang dilakukan oleh para pengunjung. Hal tersebut da[at bermanfaat dalam meningkatkan kesadaran pada generasi penerus bangsa akan kebudayaan yang sudah sepatutnya mereka jaga dan cintai.


Daerah Penghasil Wayang Kulit - Lima kilo

Posting Komentar untuk "4 Daerah Penghasil Wayang Kulit Terbesar di Indonesia"