-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daerah Penghasil Kayu Jati Terbesar di Indonesia

Penghasil kayu jati

Kayu jati seringkali dikenal sebagai salah satu kayu yang berkualitas dan bernilai tinggi. Batang dari pohon tersebut bisa diolah menjadi perlengkapan rumah tangga misalnya jendela, kursi, meja, lemari, dan lain-lain. Sejatinya kayu yang satu ini telah banyak memperoleh perhatian dunia internasional akan kualitas yang dimilikinya. 

Disaat jaman penjajahan kala itu, Belanda menjadikan kayu jati yang berasal dari Indonesia sebagai komoditas utama untuk pembuatan kapal laut yang berkualitas tinggi di masa itu. Hal tersebut tidak terlepas dari beberapa daerah penghasil kayu jati di Indonesia yang berkualitas tinggi. Daerah apa sajakah itu?

Berikut Nama Daerah Penghasil Kayu Jati terbanyak dan terbaik di Indonesia

1. Sulawesi Selatan

Wilayah ini terbilang masih baru di Indonesia sebagai salah satu penghasil kayu jati . Pohon yang satu ini baru ditanam pada wilayah Sulawesi Selatan pada tahun 1970-an disaat terdapat banyaknya lahan kosong yang perlu direboisasi pada masa itu. Reboisasi sendiri berguna untuk menanam kembali pohon atau tumbuhan pada lahan yang kosong sebagai upaya menyeimbangkan ekosistem kehidupan. 

Pada waktu itu terdapat beberapa wilayah di Sulawesi Selatan seperti Bone, Enrekang, Billa, Sidrap, dan Soppeng sebagai lokasi dari upaya menghutankan kembali suatu wilayah. Pohon jati terpilih sebagai salah satu pohon yang akan ditanamkan kembali pada waktu itu hingga akhirnya pada wilayah Billa mengalami peningkatan hasil dari pohon tersebut yang dapat disandingkan dengan hasil dari Pulau Jawa.

2. Sulawesi Tenggara

Pohon jati di daerah ini jauh telah ditemukan sejak tahun 1671 oleh seorang peneliti geografi bernama Hyne. Keberadaan pohon tersebut masih terbilang belum cukup merata di masa itu dan ditemukan hanya pada beberapa bagian dari kepulauan Sulawesi yang cukup luas. Namun pohon yang satu ini telah banyak tumbuh pada wilayah dari Sulawesi Tenggara yang tersebar di beberapa wilayah seperti pada Kabupaten Buton Selatan yang masih masuk kedalam wilayah Sulawesi Tenggara. 

Diketahui dari hasil penelitian yang pernah ada bahwa pohon jati yang ada di wilayah Sulawesi Tenggara berasal dari bibit yang sama yang ada pada wilayah Jawa.

Editor terkait:

3. Jawa Timur

Wilayah Jawa Timur dikenal juga sebagai daerah penghasil kayu jati di Indonesia yang menyumbang bagian besar diantara daerah yang berada di kepulauan Jawa. Hasil kayu dari pohon jati di wilayah ini dikenal akan seratnya yang terbilang halus dan juga memiliki warna yang seragam. Pohon ini banyak ditemukan di wilayah seperti Bojonegoro dimana wilayah tersebut memiliki batas wilayah langsung dengan daerah Jawa Tengah yang berarti masih memiliki unsur tanah dan cuaca yang hampir mirip dengan wilayah Jawa Tengah. 

Hal tersebut membuat kayu yang berasal dari Jawa Timur dapat diakui masih memiliki kesamaan kualitas yang istimewa dengan wilayah Jawa Tengah. Wilayah dari pertumbuhan kayu jati yang ada di Jawa Timur juga mencakup daerah seperti Pacitan, Madiun, dan Ngawi. 

4. Jawa Tengah

Wilayah tengah dari pulau Jawa ini sudah sangat dikenal sebagai salah satu penghasil dari kayu jati yang berkualitas hingga mancanegara. Kabupaten Blora dikenal sebagai salah satu daerah yang dapat menghasilkan kayu dengan kualitas terbaik sehingga menjadikan daerah ini menjadi penyumbang ekspor kayu jati terbanyak dari wilayah Jawa Tengah. Daerah penghasil kayu Jati di Indonesia terbaik seperti wilayah Blora ini sudah sepatutnya kita jaga dan lestarikan dengan tidak menebang hutan sembarangan.

Baca juga konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik di lima kilo