-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Daerah Penghasil Batu Permata Terbesar Di Indonesia

Daerah Penghasil Batu Permata

Batu permata merupakan hasil mineral bumi yang terbentuk melalui proses geologi dengan kandungan sejumlah komponen kimia bernilai tinggi. Batu ini diminati berbagai kalangan hingga popularitasnya mencapai pasar global. 

Terdapat banyak varian permata dan di antaranya adalah batu akik. Karena itu, cukup menarik untuk mengetahui daftar daerah penghasil batu permata jenis akik di Indonesia sekaligus bagaimana prospeknya.

Daerah Penghasil Batu Permata Akik Asli Indonesia

1. Bengkulu

Bengkulu terkenal dengan jenis batu permata langka, yakni batu akik raflesia. Varian warnanya lumayan beragam, ada kuning, merah, dan bahkan putih. Lokasi penambangan material ini terletak di Muara Sahung.

Lebih jauh, batu akik raflesia bertransformasi sebagai sumber inspirasi di dunia industri kreatif dan sukses memberikan lapangan kerja bagi penduduk setempat.

2. Bireuen

Beranjak ke Aceh, Anda akan mengenal yang namanya batu giok Tiongkok. Meski dinamakan demikian, tetapi permata satu ini asli produksi Kabupaten Bireuen dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Harga per kilogramnya relatif bernilai tinggi, biasanya dipatok mulai dari jutaan sampai puluhan juta rupiah.

3. Wonogiri

Wonogiri di Provinsi Jawa Tengah menjadi produsen batu akik opal dengan nama barjad api atau opal api. Penggunaan istilah ini terinspirasi dari mozaik warnanya yang terlihat seperti cahaya api kemerah-merahan.

Namun meski demikian, batu permata jenis ini juga sebenarnya tersedia dalam varietas lain seperti biru, hijau, serta kuning.

Editor terkait:

4. Pacitan

Batu permata lainnya adalah jenis kalsedon dengan warna yang beragam,mulai dari hijau, kuning, biru, merah, hingga jingga, semuanya bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Pacitan, Jawa Timur.

Popularitas batu akik kalsedon terbilang tinggi di kalangan para penggemarnya, apalagi untuk urusan kualitas juga terjamin. Selain Pacitan, sebenarnya kalsedon diproduksi pula di kawasan Sulawesi Tenggara serta Jawa Barat.

Namun, di Pacitan secara khusus menjadi produsen batu akik kalsedon dengan warna yang unik, misalnya biru atau putih dengan campuran gradasi keabu-abuan.

5. Pulau Kasiruta

Beranjak ke Indonesia bagian timur, Anda akan menemukan batu bacan saat mengunjungi kawasan Pulau Kasiruta, Maluku Utara. Harga hasil olahan batu bacan ini dapat mencapai nominal jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

Jika Anda ingin mengoleksi batu bacan dengan kualitas terbaik namun harganya tetap bersahabat, jangan ragu berkunjung ke Maluku Utara untuk membeli langsung kepada produsennya.

6. Kebumen

Daerah penghasil batu permata selanjutnya ada di Kebumen, Kecamatan Karanggayam di Provinsi Jawa Tengah. Tempat ini memproduksi batu akik yang terbilang unik di mana memiliki kekuatan magnetik.

Jika Anda sengaja mendekatkan sebuah magnet pada Batu Badar Besi, maka akan menempel secara otomatis. Keadaan semacam ini bukan merupakan hasil rekayasa, melainkan sifat dari batu permata di Kebumen itu sendiri.

7. Solok Selatan

Apakah Anda menyukai batu permata dengan motif sedikit eksentrik dan cemerlang? Coba berkunjung ke Solok Selatan di Provinsi Sumatera Barat dan dapatkan batu akik idocrase.

Batu akik idocrase memiliki saturasi warna hijau terang dilengkapi mozaik polkadot seperti lumut. Batu permata satu ini akan tampak berkilau ketika ditimpa cahaya matahari sehingga tak heran jika namanya berhasil menembus pasar global.

8. Tanjung Bintang

Saat mengunjungi Lampung Selatan, jangan lupa mampir ke Tanjung Bintang untuk melihat batu bungur bermutu tinggi yang laku di perdagangan internasional. Tempat ini dikenal karena produksi batu akik bungurnya mempunya keunikan warna.

Umumnya, tersedia dalam varian berwarna ungu bening dan cenderung transparan. Tak heran, batu akik bungur juga dinamakan sebagai batu kecubung bungur.

9. Baturaja

Bagi penyuka warna ungu lavender dan ingin memiliki perhiasan dengan warna tersebut, maka batu akik di Baturaja bisa jadi pilihan tepat. Tidak hanya tampilannya yang cantik dan enak dipandang, batu permata satu ini memiliki harga jual yang relatif tinggi. Bahkan, kualitasnya telah terbukti melalui kemenangan dalam berbagai kontes.

10. Purbalingga

Purbalingga di Provinsi Jawa Tengah memang sudah dikenal sejak lama sebagai pusat produksi aneka macam batu akik. Sampai saat ini, paling tidak Anda akan menemukan kawasan kerajinan permata di tiga lokasi berbeda, yakni Kecamatan Bancar, Bukateja, serta Bobotsari.

Dari semua hasil produksi batu akik di daerah ini, batu klawing menempati posisi tertinggi dengan popularitas nomor satu. Tersedia dalam berbagai jenis corak, motif, hingga warna di mana masing-masing berhasil memadukan keunikan tersendiri.

Untuk batu klawing yang telah diolah dan didesain sedemikian rupa, harganya bisa mencapai jutaan, sekitar Rp5 juta hingga Rp10 juta.

11. Martapura

Daerah penghasil batu permata yang tak kalah menarik ada di Kalimantan Barat, tepat di tepian Sungai Martapura. Jenis permata yang dihasilkan adalah kecubung dengan warna ungu pekat disertai mozaik berkilauan. Selain itu, Martapura juga menjadi lokasi produsen intan terbesar di Indonesia.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo