-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Batu Fosfor Terbesar Di Indonesia

Daerah Penghasil Batu Fosfor
Image: Kalung yang terbuat dari batu fosfor

Batu fosfor menjadi salah satu batu hias yang seringkali diincar oleh masyarakat luas. Hal itu karena batu yang satu ini memiliki keunikan yang tidak bisa ditemukan pada batu pada umumnya. 

Di tempat yang gelap, batu ini mampu menghasilkan pancaran sinar yang sangat indah. Berikut ini adalah beberapa daerah penghasil batu fosfor yang ada di Indonesia.

7 Daerah Penghasil Batu Fosfor Terpopuler

1. Purbalingga

Daerah penghasil batu fosfor yang pertama berasal dari Purbalingga, Jawa Tengah. Batu fosfor yang berasal dari daerah ini sudah lama terbukti menghasilkan kualitas yang luar biasa, dengan bentuk yang halus dan warna yang tampak mengkilap ketika berada di tempat yang tidak terlalu banyak cahaya.

Batu fosfor ini tepatnya ditemukan pada Sungai Klawing, sehingga membuat batu fosfor tersebut diberi nama sebagai Batu Klawing. Corak dan warna yang ada pada Batu Klawing menjadi salah satu ciri khas yang membuatnya tampak sangat menonjol sehingga banyak orang yang memburu batu ini. Saking populernya batu ini, pemerintah setempat pernah menghimbau warga untuk mengenakannya.

2. Kasiruta

Kasiruta merupakan salah satu pulau yang berada di provinsi Maluku Utara. Pulau ini seringkali dikunjungi oleh pemburu batu fosfor untuk mendapatkan Batu Bacan, salah satu jenis batu yang sangat populer. Batu ini memiliki tekstur yang mewah dan berkilau, sehingga tidak mengherankan apabila banyak orang yang berburu batu ini.

Batu Bacan sebenarnya ditemukan pada Pulau Bacan, yang mana pulau ini adalah ibukota dari Halmahera Selatan. Apabila Anda memang ingin memburu batu ini, Anda dapat menempuh perjalanan dengan mengunjungi kota Labuha terlebih dahulu, kemudian sewalah kendaraan untuk mengunjungi tempat penambangannya. 

3. Takengon

Tidak hanya Jawa dan Maluku saja, namun Sumatera Barat juga terkenal atas produksi batu fosfor yang sangat menarik. Pusat dari produksi batu tersebut berada di Takengon, sebuah daerah yang masih termasuk ke dalam bagian Aceh. Batu yang berasal dari tempat ini disebut sebagai batu yang tidak kalah kualitasnya dari kualitas batu giok asli.

Bahkan, batu yang satu ini kabarnya memperoleh peringkat ketiga sebagai batu dengan kualitas tinggi setelah giok Tiongkok dan giok Burma. Apabila Anda berkeinginan untuk memburu batu fosfor di daerah Aceh, maka tidak ada salahnya apabila Anda mencoba untuk mengunjungi daerah Takengon agar Anda mendapatkan batu tersebut dalam harga yang tidak terlalu mahal.

Editor terkait:

4. Martapura

Salah satu daerah di Kalimantan Selatan yakni Martapura sudah lama dikenal sebagai tempat penghasil intan paling besar di seluruh Indonesia. Selain intan, daerah ini juga menghasilkan batu alam yang sangat indah. Batu tersebut memiliki warna ungu yang mencolok, namun ada pula batu lain yang warnanya merah. 

Karena warnanya yang sangat indah, banyak masyarakat yang menginginkan batu tersebut berada di tangan mereka. Saking populernya, jumlah permintaan untuk batu yang berasal dari Martapura semakin naik per tahunnya dan harganya pun mencapai puluhan juta rupiah. Ketika Anda tertarik untuk mendapatkan batu ini, kunjungilah daerah Martapura yang ada di Kalimantan Selatan.

5. Kebumen

Kebumen adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menghasilkan batu fosfor dengan kualitas terbaik di Indonesia. Salah satu batu yang paling terkenal dari daerah ini adalah Batu Badar Besi. Sesuai dengan namanya, batu ini akan menempel dan tertarik apabila didekatkan dengan sebuah magnet sebab batu ini memiliki energi magnet yang cukup tinggi.

Karena keunikannya tersebutlah, para pemburu batu fosfor banyak yang merelakan dirinya untuk menjelajahi segala tempat di Kebumen demi memperoleh batu fosfor yang satu ini. Untuk mengoleksi batu yang sangat unik ini, kunjungilah Bukit Bulu Beras yang berada di Kabupaten Kebumen sebab di bukit tersebut ada banyak batu yang bisa diperoleh.

6. Sungai Dareh

Batu fosfor yang berasal dari Sungai Dareh tampak sangat indah sebab memiliki warna hijau terang yang akan bersinar seperti terkena lampu. Terlebih pada bagian dalam batu tersebut, terdapat motif totol lumut yang mampu membuat siapapun merasa tertarik untuk memilikinya. Bahkan, batu yang satu ini sudah sangat populer di luar negeri.

Selain itu, batu dari Sungai Dareh tampak sangat natural dan akan menunjukkan pemandangan yang sangat indah ketika dijadikan sebagai hiasan cincin. Karena itulah, apabila tertarik untuk mendapatkan batu yang satu ini maka kunjungilah Sungai Dareh yang berada di Solok Selatan, Sumatera Barat.

7. Garut

Daerah terakhir yang menjadi tempat penghasil batu fosfor adalah Garut, Jawa Barat. Batu yang terkenal dari daerah ini adalah Batu Pancawarna Endong yang sangat populer sejak beberapa tahun belakangan ini. 

Kabarnya, daerah penghasil batu fosfor ini sudah lama dijadikan sebagai langganan pecinta batu fosfor yang ingin mendapatkan batu unik. Harganya yang mahal menjadi hal yang lumrah sebab kualitasnya memang sangat tinggi.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo