-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Daerah Penghasil Batu Akik Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Batu Akik

Beberapa tahun sebelumnya, batu akik sempat menjadi salah satu fenomena tersendiri di masyarakat. Hampir semua orang berebut mencari batu akik untuk memamerkan batu tersebut di depan teman-temannya atau keluarganya. 

Meskipun jumlah peminatnya mulai berkurang, namun batu akik masih sangat diminati. Untuk itu, simaklah daerah penghasil batu akik berikut ini.

8 Daerah Penghasil Batu Akik di Indonesia

1. Garut

Garut telah menghasilkan batu sangat indah yang seringkali disebut sebagai Batu Pancawarna. Sesuai dengan namanya, batu tersebut memiliki lima warna yang sangat mencolok dan mengkilap apabila terkena paparan cahaya. Batu yang satu ini mendadak tenar diantara kalangan penikmat batu mulia.

Hal tersebut karena batu ini dihadiahkan kepada para petinggi yang mengikuti Konferensi Asia Afrika ke-60 yang dihadiri oleh 109 negara. Batu tersebut pun sudah dipesan dari daerah asalnya secara langsung, yakni daerah Garut. Harga dari bongkahan batu tersebut diperkirakan mencapai 30 juta rupiah. 

2. Maluku Utara

Maluku Utara menjadi salah satu daerah penghasil batu akik yang memiliki jasa cukup besar untuk mempopulerkan keindahan batu ini. Bagaimana tidak, pada tahun 2010 silam mantan Presiden Indonesia yakni Susilo Bambang Yudhoyono menghadiahkan batu akik bernama Batu Bacan khas Maluku Utara kepada Presiden AS Barack Obama.

Batu berwarna hijau ini awalnya hanya memiliki harga sekitar ratusan ribu, akan tetapi seiring waktu harganya berubah menjadi lebih mahal dan kini diperkirakan harganya mencapai ratusan juta rupiah. Apabila Anda ingin mendapatkan batu ini dalam harga yang lebih murah, maka datangilah Pulau Kasiruta yang ada di Maluku Utara.

3. Pacitan

Bagi pecinta batu akik, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Batu Kalsedon yang sangat indah. Batu ini terdiri atas rentetan warna yang bervariasi seperti hijau, merah, biru, jingga, dan kuning. Bahkan bisa dibilang bahwa Batu Kalsedon ini adalah batu yang terpopuler di kalangan masyarakat pecinta batu akik.

Meskipun batu ini juga bisa ditemukan di daerah Sulawesi Tenggara dan Jawa Barat, akan tetapi daerah penghasil Batu Kalsedon dengan kualitas terbaik hanya ada di daerah Pacitan. Di Pacitan, Anda dapat menemukan begitu banyak Batu Kalsedon dengan kualitas yang sangat luar biasa, terlebih batu tersebut memiliki warna yang berbeda-beda.

Editor terkait:

4. Wonogiri

Wonogiri adalah nama daerah di Jawa Tengah yang menghasilkan batu akik dengan warna yang sangat unik sebab mirip seperti lava dari gunung berapi. Batu tersebut dijuluki sebagai Barjad Api, dan banyak pecinta batu akik yang mencoba untuk mendapatkan batu yang satu ini sebab keunikannya yang mampu membiaskan dan memantulkan cahaya merah seperti kobaran api.

Ketika berada di daerah Wonogiri, ada begitu banyak penambang yang mencoba untuk mencari keberadaan batu mulia yang satu ini. Untuk itulah, jangan lewatkan kesempatan mendapatkan batu akik yang mirip seperti kobaran api dan lava ketika Anda mengunjungi daerah Wonogiri.

5. Bengkulu

Bengkulu seringkali diidentikkan sebagai daerah yang terkenal sebagai habitat bunga Raflesia. Namun, tahukah Anda bahwa di daerah Bengkulu juga terdapat batu akik yang bentuknya hampir menyerupai bunga Raflesia? Batu tersebut pun dianggap cukup langka dan dinamakan sebagai Batu Raflesia. 

Anda dapat menemukan batu tersebut di Muara Sahung, yang mana masih termasuk ke dalam bagian selatan Provinsi Bengkulu. Karena harga batu yang cukup tinggi, beberapa masyarakat lokal pun menjadikan batu ini sebagai salah satu sumber penghasilan utama.

6. Aceh

Batu Giok umumnya lebih sering dianggap sebagai batu indah yang berasal dari daerah Tiongkok. Akan tetapi, ternyata ada beberapa daerah Indonesia yang juga menghasilkan batu indah berwarna hijau gelap tersebut. Daerah tersebut adalah Aceh, lebih tepatnya berada di Kabupaten Bireuen. 

Tidak kalah dari kualitas Batu Giok asal Tiongkok, batu yang berasal dari Aceh ini juga sangat halus dan memancarkan sinar yang sangat menarik. Harga yang ditetapkan untuk membeli batu ini pun tidak main-main, sebab per kilogramnya batu ini mencapai harga sebesar puluhan juta rupiah.

7. Baturaja

Baturaja yang berada di daerah Sumatera Selatan juga tidak boleh dilupakan begitu saja saat membahas mengenai daerah yang menjadi produsen batu akik di Indonesia. Sebab, Baturaja menghasilkan satu batu akik yang bentuknya sangat indah dan menawan, yakni batu dengan warna ungu lembut yang mirip seperti bunga anggrek.

8. Solok Selatan

Kabupaten Solok Selatan yang ada di Sumatera sudah lama terkenal sebagai tempat yang menyimpan harta karun. Daerah penghasil batu akik yang satu ini menyimpan batu pertama indah yang dikenal sebagai Batu Sungai Daerah. Ciri khas dari batu ini adalah warna hijau terang yang diselimuti oleh motif totol lumut pada bagian dalam batu tersebut.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo