-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Ubi Kayu Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Ubi Kayu

Ubi kayu adalah salah satu bahan makanan pokok yang seringkali dikonsumsi oleh penduduk Indonesia sejak zaman dahulu. Rasanya yang lezat dan nikmat serta membuat perut merasa kenyang menjadi alasan mengapa makanan ini sangat populer. 

Berikut ini adalah daerah penghasil ubi kayu yang ada di Indonesia.

Daerah Penghasil Ubi Kayu Terpopuler

1. Kalimantan Selatan

Daerah penghasil ubi kayu yang pertama berada di daerah Kalimantan Selatan. Sejak beberapa tahun lalu, Kalimantan Selatan termasuk ke dalam daerah yang mampu menghasilkan ubi kayu dalam jumlah yang sangat banyak dan ubi kayu tersebut pun memiliki kualitas yang sangat tinggi. Hal tersebut tidak mengherankan karena provinsi ini memiliki petani ubi kayu yang sangat ahli.

Meskipun minat petani yang ada di Kalimantan Selatan untuk menanam ubi kayu cukup menurun, akan tetapi pemerintah setempat tetap menggalakkan minat agar petani tersebut menjadikan ubi kayu sebagai komoditas utama mereka. Salah satu contoh yang bisa dilihat yaitu proses sosialisasi di Daerah Pulau Pisau yang mana daerah tersebut memiliki potensi tinggi sebagai tempat ubi kayu.

2. Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan daerah produksi ubi kayu yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Bagaimana tidak, ada beberapa kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal karena produksi ubi kayu per tahunnya yang sangat menakjubkan dan tidak kalah dengan provinsi manapun. Bahkan, total produksi ubi kayu dari provinsi ini termasuk melebihi total jumlah produksi beberapa provinsi lainnya.

Daerah di Jawa Tengah yang paling sering dijadikan sebagai sentra ubi kayu adalah Wonogiri. Setiap tahunnya, kabupaten ini menyumbang jumlah produksi ubi kayu yang sangat tinggi. Berdasarkan informasi yang ada di Badan Pusat Statistik, daerah Wonogiri pada tahun 2018 menghasilkan produksi ubi kayu sebesar 878 ribu ton dan jumlah itu akan tetap bertambah setiap tahun.

3. Sumatera Utara

Berdasarkan informasi yang sudah tersedia, Sumatera Utara menduduki peringkat kelima sebagai daerah di Indonesia yang menghasilkan ubi kayu terbanyak di Indonesia. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat sehari-hari, namun ubi kayu dari Sumatera Utara juga sering diekspor kepada negara lainnya.

Setiap tahun, total produksi ubi kayu di Sumatera Utara mencapai 1,5 juta ton lebih. Jumlah produksi yang sangat tinggi itu tentu saja mendatangkan begitu banyak manfaat bagi pemerintah lokal sehingga tidak heran apabila pemerintah menggalakkan petani untuk senantiasa menanam ubi kayu setiap tahunnya agar bisa diekspor ke luar negeri.

Editor terkait:

4. Jawa Timur

Selain Jawa Tengah, Jawa Timur juga mampu menanam ubi kayu dalam jumlah yang sangat fantastis. Ada berbagai macam titik daerah di Jawa Timur yang difokuskan sebagai tempat penanaman ubi kayu oleh para petani, dan setiap tahunnya tempat produksi ubi kayu itu menghasilkan jumlah produksi yang menakjubkan.

Daerah di Jawa Timur yang terkenal mampu menghasilkan ubi kayu adalah Ponorogo, Kediri, Pacitan, hingga Malang. Apabila jumlah produksi setiap daerah di Jawa Timur dihitung menjadi satu, maka total produksi yang ada di provinsi ini dapat mencapai 3,1 juta ton setiap tahun. Bahkan, jumlah tersebut terkadang masih belum dihitung bersamaan dengan daerah yang belum terdeteksi.

5. Yogyakarta

Seperti yang sudah lama menjadi budaya masyarakat Yogyakarta, ubi kayu adalah makanan pokok yang dijadikan sebagai pengganti nasi. Ada begitu banyak olahan dari ubi kayu yang diciptakan oleh masyarakat Yogyakarta, sehingga banyak petani yang memutuskan untuk menanam ubi kayu agar dijadikan sebagai mata pencaharian utama.

Salah satu daerah di Yogyakarta yakni Gunung Kidul masih memegang teguh tradisi yang ditinggalkan semenjak zaman kerajaan Mataram. Ada begitu banyak ubi kayu yang ditanam di daerah ini, bahkan ada pula varietas khusus dari ubi kayu yang dinamakan sebagai Ketan Bima Sena. Apabila diolah dengan benar, varietas tersebut menghasilkan rasa yang sangat lezat.

6. Lampung

Lampung terkenal sebagai daerah yang mampu memproduksi ubi kayu dalam jumlah terbanyak. Beberapa daerah di Lampung yang dijadikan sebagai pusat produksi ubi kayu adalah Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Tulang Bawang.

Dengan jumlah area yang sangat besar, tanah di ketiga daerah tersebut dijadikan sebagai tempat penanaman ubi kayu. Masyarakat pada daerah ini masih berprofesi sebagai petani, karena itulah banyak masyarakat yang menggunakan ubi kayu sebagai tanaman utama untuk ditanam.

7. Sulawesi Selatan

Daerah penghasil ubi kayu yang terakhir berada di Sulawesi Selatan. Produksi ubi kayu pada provinsi ini tidak kalah menarik dengan provinsi lain yang ada di Indonesia sebab jumlah produksi ubi kayu setiap tahunnya mencapai lebih dari ratusan ribu ton. Daerah di Sulawesi Selatan yang terkenal sebagai pusat ubi kayu adalah Gowa dan Maros.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo