-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Teh Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Teh

Indonesia merupakan salah satu negara yang di dalamnya terdapat banyak daerah penghasil teh berkualitas. 

Berdasarkan data dari kementrian Pertanian di tahun 2017, Jawa Barat menyumbang produksi teh paling banyak sekitar 70% dibandingkan dengan daerah lainnya. 

Di tahun 2017 itu juga jumlah produksi teh yang dihasilkan di Indonesia sejumlah kurang lebih 139.362 ton. 

Daerah Mana Saja yang Merupakan Daerah Penghasil Teh?

1. Ciwidey, Jawa Barat 

Kawasan Ciwidey yang terdapat di Jawa Barat memiliki beberapa lokasi perkebunan teh yaitu Gununghalu, Rancabali, Pangalengan, Sukawana dan Malabar. Di antara beberapa perkebunan teh tersebut, perkebunan teh Rancabali merupakan perkebunan yang tertua karena sudah ada sejak tahun 1870 yang lalu. 

Letak perkebunan teh Rancabali berada di ketinggian 1.628 mdpl dimana suhu disana sangat sesuai untuk tanaman teh tumbuh dengan subur. Oleh karena itu hasil produksi teh disana memiliki kualitas yang terbaik. Dengan kualitas yang baik, hasil produksi dari perkebunan teh Rancabali dikirim ke beberapa daerah di dalam negeri dan diekspor ke mancanegara.

2. Wonosobo, Jawa Tengah 

Perkebunan teh yang ada di wilayah Wonosobo berada di kawasan lereng Gunung Sindoro. Dari pusat kota, letak perkebunan teh tersebut terhitung kurang lebih 16 kilometer. Perkebunan teh Wonosobo ini adalah salah satu dari beragam warisan di jaman kolonial Belanda. Kondisi wilayah dan temperatur udara sangat mendukung pengembangan produksi teh di daerah ini.

Luas perkebunan teh mencapai sekitar 892,14 hektar dan dikelola oleh perusahaan bernama PT. Tambi. Perkebunan teh ini dibuka untuk kawasan agrowisata sehingga masyarakat umum boleh berkunjung kesana untuk menikmati liburan dan menghirup udara khas pegunungan karena lokasinya tepat berada di kaki Gunung Sindoro.

3. Brebes, Jawa Tengah 

Terdapat perkebunan teh di Brebes yang merupakan salah satu warisan dari jaman kolonial Belanda bernama perkebunan teh Kaligua. Perkebunan ini digunakan untuk lokasi wisata bersejarah sekaligus untuk kebutuhan industri. Lokasinya berada di Kecamatan Paguyangan, tepatnya di Desa Pandansari. Jenis teh yang diproduksi di Brebes adalah teh hitam.

Editor terkait:

4. Jambi

Di wilayah Jambi terdapat perkebunan teh seluas 2.500 hektar tepatnya di daerah Kayu Aro. Lokasinya berada di bawah gunung yang populer di Jambi, yakni Gunung Kerinci. Kebun teh di Jambi termasuk kebun teh yang terluas jika dibandingkan dengan seluruh kebun teh yang ada di seluruh dunia. Jenis teh yang diproduksi di daerah ini adalah teh hitam. 

Aroma teh hitam dari Kebun Teh Kayu Aro mempunyai aroma yang lebih kuat dibandingkan teh hitam di daerah lainnya. Luas lahan perkebunan teh ini kurang lebih 3.000 hektar dan dibuka pertama kalinya di era kolonial Belanda. Perkebunan teh ini mampu menghasilkan daun teh basah sebanyak 80 ton per hari. 

5. Malang, Jawa Timur 

Daerah penghasil teh yang berada di Jawa Timur ini populer dengan nama perkebunan teh Wonosari Lawang. Fungsi perkebunan teh disana sama seperti yang ada di Brebes dimana hasil produksinya tidak hanya untuk kebutuhan industri saja. Perkebunan teh di Malang ini juga difungsikan sebagai agrowisata.

Luas lahan perkebunan teh di Malang adalah sekitar 1.444 hektar dan lokasinya terletak di ketinggian kurang lebih 950-1.250 mdpl. Letak tepatnya adalah di lereng atau kaki gunung Arjuna. Berdasarkan data di tahun 2018, hasil produksi teh di daerah Jawa Timur mencapai kurang lebih 18 ton per 45 hektar kebun. 

6. Simalungun, Sumatera Utara 

Sumatera Utara memiliki wilayah Simalungun dimana di dalamnya terdapat kebun teh dengan area yang luas seoertu Bah Butong, Sidamanik, dan Toba Sari. Berdasarkan data di tahun 2020, jumlah produksi teh di Sumatera Utara mencapai kurang lebih 7.737 ton. Hasil produksi the yang dihasilkan dari perkebunan ini banyak diekspor ke negara lain seperti Eropa. 

7. Cisarua, Jawa Barat 

Selain Ciwidey, ada juga daerah Cisarua yang berada di wilayah Jawa Barat yang sama-sama populer di media sosial. Perkebunan teh di Cisarua populer dengan sebutan ‘Puncak’. Nama perkebunan teh ini adalah Gunung Mas. Lokasi perkebunan berada di Jalan Raya Puncak dan berada di daerah Bogor. Daerah penghasil teh ini dikelola perusahaan PTPN VII. 

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo