Mengenal Perbedaan Reach dan Impression: Mana yang Lebih Penting untuk Brand Awareness? 

Dalam penerapan strategi digital marketing yang tepat memerlukan riset data secara lengkap dan terperinci. Melalui pemahaman yang tepat mengenai perbedaan reach dan impression, maka akan membantu mendapatkan engagement dan sesuai tujuan brand. Kedua istilah ini akan Anda jumpai saat membuka dasbor analitik sosial media dari brand. 

Dasar Perbedaan Reach dan Impression

Istilah impression adalah sebuah metrix yang memiliki fungsi untuk mengukur keterlibatan audiens pada konten yang Anda unggah. Keterlibatan audiens merupakan jumlah penayangan konten atau iklan. Seringkali impression disebut juga dengan istilah ads view yang berarti tampilan iklan. 

Pada dasarnya impression tidak hanya mengukur seberapa sering konten Anda dilihat, melainkan juga menampilkan data seberapa banyak klik oleh pengguna. Hal inilah yang menjadikan impression merupakan hal penting saat menghitung biaya iklan pada blog bisnis atau website. 

Sedangkan reach artinya jumlah total orang yang melihat konten Anda. Namun, reach merupakan jumlah orang yang melihat iklan setidaknya satu kali, jadi tidak melulu soal klik. Artinya, reach akan dihitung meskipun audiens tidak mengklik konten atau iklan Anda. 

Lebih Penting Reach atau Impression?

Setelah memahami perbedaan reach dan impression, lalu manakah dari kedua aktivitas metrik yang lebih penting? Mari simak penjelasan lengkapnya untuk menjawab pertanyaan tersebut.

  • Mengapa Harus Fokus pada Impression?

Tidak jauh dengan perbedaan reach dan engagement, impression berguna saat Anda melacak iklan dari waktu ke waktu. Jika Anda menerapkan iklan, maka akan didapatkan mana yang mendapat sedikit atau banyak tayangan. Data tersebut akan menjadi tanda awal bahwa ada yang salah dengan konten dan sudut pandang iklan jika tayangannya sedikit.

  • Mengapa Harus Fokus pada Reach?

Reach akan membantu Anda mengetahui apakah materi konten terjadi kesalahan. Jika iklan telah menjangkau banyak orang, namun belum menghasilkan, maka Anda harus melakukan perbaikan. Di sisi lain, jika konten iklan Anda mendapatkan banyak reach, maka membuat jalan ke banyak pengguna baru.

Sehingga dapat disimpulkan selain perbedaan reach dan impression juga memiliki kesamaan yaitu untuk menilai sebuah konten atau iklan. Kedua metrix ini harus digunakan untuk mencari tahu apakah iklan Anda efektif. Setelah bisa membedakan kedua metrix tersebut, Anda bisa membangun social media engagement lebih baik lagi.

Cara meningkatkan reach dan impression bisa dilakukan dengan mengenali target audiens yang secara otomatis akan meningkatkan brand awareness. Jika Anda kesulitan melakukannya, bisa menggunakan website development Boleh Dicoba Digital atau (BDD). 

Penyedia jasa Boleh Dicoba Digital (BDD) akan membantu amda dalam mengoptimasi dan meningkatkan ads melalui tampilan web yang terbaik. Boleh Dicoba Digital akan memberikan layanan beragam menyesuaikan kebutuhan klien. Adanya banyak layanan tersebut akan membantu meningkatkan brand awareness sesuai target perusahaan. 

Melalui pemahaman yang tepat mengenai perbedaan reach dan impression akan menunjang perkembangan bisnis Anda. Sebab, metrix keduanya memiliki fungsi penting dan saling melengkapi. 

Oleh karena itu, setelah mendapatkan penilaian reach dan impression, Anda akan lebih mudah melakukan perbaikan.

Tinggalkan komentar