-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Emas

Indonesia seringkali dianggap sebagai salah satu negara dengan sumber daya yang sangat melimpah. Bagaimana tidak, negara ini dikaruniai kekayaan alam yang membuat bangsa lain merasa iri, salah satunya adalah emas. 

Di seluruh Indonesia, terdapat berbagai daerah yang mampu menghasilkan emas. Berikut ini adalah daftar daerah penghasil emas tersebut.

5 Daerah Penghasil Emas Terlengkap di Indonesia

1. Sumbawa

Sumbawa adalah salah satu daerah yang berada di Nusa Tenggara Barat dan sering digunakan oleh perusahaan untuk dijadikan sebagai spot penambangan emas. Sebab, daerah ini memiliki emas yang sangat banyak, sehingga banyak perusahaan baik itu lokal maupun dari luar negeri yang berbondong-bondong untuk mencari emas di daerah ini.

Kegiatan pertambangan yang dilakukan di daerah Sumbawa kabarnya dimulai sejak tahun 2000, dan seringkali disebut sebagai kegiatan penambangan emas yang terlama di Indonesia. Pada tahun 2020, hasil produksi emas yang berasal dari Sumbawa dilaporkan terdiri atas 4 juta ons, sebuah jumlah yang sangat fantastis untuk ukuran tambang emas.

2. Pongkor

Di Jawa Barat, terdapat suatu daerah bernama Pongkor yang didapuk sebagai daerah penghasil emas murni di Indonesia. Kualitas emas yang dihasilkan dari daerah ini sangat indah dan memukau, sebab proses penambangan tersebut dilakukan dengan menggunakan mesin canggih yang mampu mencari emas dalam jumlah tinggi.

Sejak tahun 1994, banyak perusahaan yang mencoba mendirikan spot penambangan di tempat ini. Selama beberapa dekade itu, jumlah emas yang sudah dihasilkan terdiri atas berjuta-juta ons dan jumlah tersebut diperkirakan tidak akan berhenti hingga beberapa tahun ke depan. Bahkan, setiap tahunnya daerah ini mampu menghasilkan emas dengan kapasitas 2 ton selama setahun.

3. Dompu

Nusa Tenggara Barat memang menjadi salah satu provinsi penghasil emas yang terpopuler di Indonesia. Tidak hanya Sumbawa saja, namun ada pula daerah lain yang mampu menciptakan emas dalam jumlah tinggi yaitu Dompu. Di daerah ini, emas yang dihasilkan sangat bersih dan tidak boleh diabaikan begitu saja.

Hingga tahun 2020, telah terdapat dua perusahaan penambangan besar yang dibangun di daerah ini. Emas yang mereka ambil merupakan hasil dari apa yang sudah ditemukan di daerah Dompu dan Sumbawa, sehingga jumlah emas yang dihasilkan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang ada di sekitarnya.

Editor terkai:

4. Pujon

Tanah Borneo atau Kalimantan adalah pulau di Indonesia yang terkenal sebagai tempat dengan kekayaan alam yang begitu menakjubkan. Bahkan, tempat ini pun sering disebut sebagai salah satu surga dunia yang harus dilestarikan agar kekayaan alam yang ada di dalamnya seperti emas tidak hilang atau habis karena ulah manusia.

Desa Pujon yang ada di Kalimantan Tengah, bahkan sering disebut sebagai Desa Emas yang sangat indah. Hal tersebut pun menyebabkan warga yang ada di desa ini memiliki profesi utama sebagai penambang emas, sebab mereka mampu menemukan emas dalam jumlah yang memuaskan setiap harinya. Kabarnya cadangan emas di tempat ini tidak akan habis hingga beberapa puluh tahun lagi.

5. Martabe

Di Sumatera Utara, terdapat daerah bernama Martabe yang dijuluki sebagai spot emas murni paling besar yang ada di provinsi tersebut. Proses penambangan emas yang ada di tempat ini sudah sangat populer dan bahkan kegiatan penambangan itu mulai dilakukan semenjak tahun 2008 lalu.

Karena jumlah emas murni yang sangat melimpah, hal tersebut menjadikan Martabe sebagai salah satu daerah yang sering diincar oleh perusahaan-perusahaan dengan nama besar di Indonesia. Pada tahun ini, jumlah keuntungan yang didapat karena menambang emas di Martabe diperkirakan mencapai angka 350 ribu ons setiap tahunnya dan akan selalu berkembang setiap saat.

6. Tujuh Bukit

Terdapat penambangan Tujuh Bukit yang berlokasi di Banyuwangi. Akan tetapi, nama dari tempat penambangan tersebut mengalami perubahan menjadi Tumpang Pitu setelah beberapa tahun yang lalu. Kini, nama tempat tambang emas itu seringkali dianggap sebagai daerah yang mampu menghasilkan emas terbesar nomor dua di Indonesia.

Cadangan mineral yang ada di tempat ini terbilang sangat banyak dan melimpah yakni mencapai 28 juta ons. Pada tahun 2018 sendiri, total produksi yang mampu dihasilkan oleh penambang emas di tempat ini mencapai 170 ribu oz emas.

7. Grasberg

Papua sudah lama terkenal sebagai provinsi penghasil emas yang terpopuler se-Indonesia. Salah satu tempat  tambang emas yang sangat sering digunakan adalah Grasberg, yang berada di puncak Gunung Jaya Wijaya. Setiap tahunnya daerah ini mampu menghasilkan emas sebesar 3 juta konsentrat yang mana jumlah itu sangat besar untuk diperoleh.

Meskipun begitu, pada tahun 2014 salah satu perusahaan yang melakukan tambang emas di Grasberg melaporkan bahwa yang tersisa hanya sekitar 28 juta ons saja. Daerah penghasil emas ini masih menjadi tempat populer untuk memperoleh emas hingga saat ini.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo