Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 12 Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Saat ini, memiliki asuransi kesehatan keluarga yang tepat sudah menjadi salah satu syarat utama untuk memiliki kehidupan yang berkualitas. Namun, apa saja yang harus Anda pertimbangkan dalam menentukan layanan asuransi? Jangan salah pilih, ya, ini 12 hal yang harus Anda perhatikan saat memilih asuransi.

Apa Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Keluarga?

Tidak ada orang yang ingin mengalami masalah kesehatan. Tentunya, termasuk Anda dan keluarga.

Sayangnya, meski sudah Anda hindari, masalah kesehatan tetap bisa datang menghampiri. Selain itu, risiko masalah kesehatan pun bisa datang secara mendadak. Misalnya, terjadi kecelakaan atau sakit berat.

Di saat seperti itu, tentu Anda membutuhkan pelayanan kesehatan. Namun, bagaimana bila Anda tidak memiliki dana yang cukup?

Faktanya, tidak sedikit orang yang gagal mendapat pelayanan kesehatan yang memadai lantaran tidak mampu membayar nominal yang dibebankan. Hal ini tentunya sangat disayangkan.

Untuk mengatasi kendala ini, asuransi kesehatan menjadi solusinya.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa mendapatkan ketenangan dan kesiapan dalam menghadapi masa depan yang tidak pasti. Dengan adanya asuransi, Anda bisa menjamin Anda dan keluarga akan menerima pelayanan kesehatan yang memadai.

Lantas, bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang cocok untuk Anda dan keluarga? 10 langkah ini bisa Anda praktekkan guna memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik di Indonesia yang tepat.

11 Hal yang Harus Anda Perhatikan Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

1. Sesuaikan dengan Perencanaan Masa Depan

Merencanakan masa depan terdengar seperti hal yang mustahil. Mana mungkin ada orang yang bisa memprediksi masa yang akan datang? Namun, langkah ini penting untuk mengukur kebutuhan Anda dan keluarga di masa mendatang.

Meski bukan cenayang, Anda tetap bisa menyusun rencana masa depan bersama pasangan dan keluarga. Misalnya saja, mendiskusikan jumlah anak yang Anda dan pasangan inginkan, lokasi tempat tinggal, hingga cita-cita di masa mendatang.

2. Pahami Tentang Asuransi dan Sistemnya

Mengeluarkan sejumlah uang untuk hal yang tidak Anda ketahui seluk beluknya merupakan perbuatan yang sia-sia. Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu memahami tentang asuransi, termasuk cara pembayaran dan cara klaim pelayanan asuransi. Selain itu, Anda juga perlu memahami istilah-istilah asuransi agar Anda lebih mengerti isi polis yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

3. Mencari Tahu Program Asuransi yang Anda Butuhkan

Dengan pengetahuan terhadap asuransi serta rencana pribadi Anda, Anda sudah bisa mencari program asuransi yang Anda butuhkan.

Umumnya, perusahaan asuransi akan memberikan berbagai opsi fasilitas yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa menemukan opsi program asuransi yang menawarkan pelayanan yang lengkap, hingga program khusus untuk kebutuhan atau penyakit tertentu.

Sebagai contoh, Anda bisa pelajari program Smarthealth Care Premier Plus dan SmartMed Cancer dari Allianz Life Indonesia.

4. Tentukan Plan yang Ingin Anda Ambil

Pada umumnya, setiap program asuransi terbagi menjadi beberapa klasifikasi atau plan yang berbeda-beda. Setiap plan memiliki fasilitas dan limit yang berbeda pula.

Pemilihan plan akan sangat berkaitan dengan jumlah premi atau iuran yang perlu Anda bayar setiap bulannya. Biasanya, semakin banyak benefit yang Anda dapatkan, semakin besar pula premi-nya. Namun, ada juga asuransi kesehatan keluarga premi murah yang bisa Anda dapatkan.

Maka dari itu, sebelum memilih plan asuransi, ada baiknya Anda melakukan riset agar bisa menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

5. Ketahui Persyaratan dan Masa Tunggu

Untuk mendapatkan perlindungan asuransi, Anda harus melengkapi sejumlah persyaratan dan memenuhi kriteria tertentu terlebih dahulu. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah usia tertanggung serta masa tunggu.

Usia tertanggung adalah batasan umur pihak-pihak yang bisa menerima klaim asuransi. Misalnya saja, diri Anda sendiri, pasangan, anak, dan orang tua. Sebelum memilih plan asuransi, pastikan usia penerima asuransi yang Anda inginkan sudah memenuhi persyaratan tersebut.

Sementara itu, masa tunggu adalah jangka waktu klaim penerima asuransi. Sebelum masa tunggu selesai, penerima asuransi belum bisa melakukan klaim.

Selain itu, Anda juga memerlukan dokumen resmi seperti KTP dan Kartu Keluarga untuk melengkapi persyaratan.

6. Cari Tahu Tingkat Fleksibilitas Plan

Meski sudah memiliki perencanaan yang baik, bukan tidak mungkin hal-hal diluar dugaan muncul menemui Anda. Misalnya saja, kelahiran anak atau kunjungan mendadak ke luar negeri.

Maka dari itu, dalam menentukan plan asuransi Anda, ada baiknya menanyakan fasilitas non-kesehatan yang akan memudahkan Anda. Misalnya, kemudahan klaim pelayanan di luar negeri, kemudahan transaksi non-tunai atau cashless, hingga kemudahan membeli obat melalui aplikasi digital.

7. Pahami Ketentuan Saat Menambahkan Anggota Keluarga di Asuransi

Untuk Anda yang menyiapkan plan asuransi untuk keluarga, ada baiknya mendaftarkan seluruh anggota ke dalam asuransi yang sama.

Namun, sebelumnya Anda harus mencari tahu ketentuan saat ada penambahan atau pengurangan anggota keluarga dalam asuransi. Misalnya saja, saat ada kelahiran atau meninggalnya anggota keluarga.

8. Pastikan Daftar Rumah Sakit yang Bekerjasama

Selanjutnya, Anda perlu mencari tahu daftar rumah sakit yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi pilihan Anda.

Beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangan adalah jarak dan persebaran rumah sakit, fasilitas kesehatan yang mereka miliki, serta kualitas dokter yang ada.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui sistem klaim di rumah sakit yang tidak bekerjasama dengan perusahaan asuransi pilihan Anda. Dalam situasi tersebut, Anda perlu mengetahui apakah biaya yang Anda keluarkan akan digantikan sebagian atau tidak sama sekali.

9. Pastikan Daftar Obat yang Bisa Anda Dapatkan

Bagi sebagian orang, mengetahui apa yang mereka konsumsi merupakan hal yang penting. Tidak terkecuali soal obat.

Untuk Anda yang memerlukan obat tertentu, ada baiknya mencari tahu terlebih dulu mengenai daftar obat yang tercakup dalam plan yang Anda pilih. Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu biaya isi ulang obat yang Anda perlukan.

Jika obat Anda tidak termasuk dalam plan, ada kemungkinan Anda perlu membayar sendiri secara penuh.

10. Bertanya Tentang Benefit Tambahan

Selain keuntungan kesehatan dan non-kesehatan yang sudah tertera dalam fasilitas asuransi, beberapa perusahaan asuransi menyediakan keuntungan atau promo tambahan untuk Anda dan keluarga.

Misalnya saja, potongan tambahan jika Anda menyertakan anggota keluarga Anda dalam asuransi atau diskon ekstra jika Anda memenuhi kriteria tertentu. Program Smarthealth Maxi Violet dari Allianz Life Indonesia merupakan salah satu plan asuransi yang memberikan benefit yang tinggi.

Sambil menyelam minum air, tentu tidak ada salahnya memberikan kenyamanan ekstra pada keluarga sekaligus menghemat biaya pengeluaran.

11. Pastikan Proses Klaim Mudah

Poin terakhir dalam menentukan plan asuransi adalah kemudahan proses klaim. Setinggi apapun premi yang Anda bayarkan, tentu bisa jadi menyulitkan bila proses klaim berbelit-belit.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui dokumen apa saja yang harus Anda sediakan saat hendak klaim. Selain itu, adalah sebuah nilai plus jika plan asuransi yang Anda pilih memiliki fasilitas digital seperti klaim melalui website atau aplikasi dari smartphone.

Yang Paling Penting dalam Memilih Asuransi

Kunci dari memilih plan asuransi yang sesuai adalah melengkapi diri Anda dengan informasi sebanyak-banyaknya. Untuk melakukannya, Anda bisa melihat situs resmi perusahaan asuransi atau bertanya pada rekan-rekan Anda yang sudah menggunakannya.

Terlepas dari 10 poin penting di atas, ada satu poin lain yang paling penting dalam pemilihan plan asuransi, yakni memilih perusahaan asuransi yang terpercaya.

Pasalnya, Anda akan mempercayakan uang Anda di perusahaan asuransi tersebut. Selain itu, Anda juga mempercayakan kesehatan Anda dan keluarga di jaringan perusahaan tersebut.

Perihal asuransi kesehatan keluarga, semuanya bisa Anda percayakan pada asuransi Allianz Life Indonesia.

Mengapa asuransi Allianz Life Indonesia? Tentu saja, karena fasilitasnya yang lengkap dan terpercaya.

Tidak percaya? Mari buktikan bersama-sama dengan membaca ulasan di bawah ini hingga selesai.

Mengapa Allianz Life Indonesia?

1. Memiliki Pengalaman Bertahun-tahun

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Allianz Life Indonesia merupakan perusahaan asuransi yang terpercaya. Usianya yang sudah lebih dari dua dekade membuktikan hal tersebut. Tidak tanggung-tanggung, saat ini jumlah tertanggung yang mempercayakan asuransinya pada Allianz Life Indonesia mencapai lebih dari 8 juta jiwa.

2. Jaringan Rumah Sakit Luas

Allianz Life Indonesia menjalin kerjasama dengan banyak rumah sakit yang tersebar di banyak kota di Indonesia.

Tidak hanya itu, Allianz Life Indonesia juga memiliki jaringan rumah sakit di luar negeri. Anda yang sering bepergian ke luar negeri tentunya akan semakin mudah jika muncul keadaan darurat saat Anda tidak berada di tanah air.

3. Premi Bervariasi

Premi asuransi kesehatan keluarga Allianz Life Indonesia memiliki berbagai tahapan. Jumlahnya menyesuaikan dengan program asuransi yang Anda pilih.

Biaya asuransi kesehatan keluarga Allianz Life Indonesia juga sudah mencakup berbagai layanan kesehatan, mulai dari perawatan gigi, perawatan tradisional, hingga asuransi kehamilan.

4. Pilihan Program yang Bervariasi

Allianz Life Indonesia juga memilih banyak pilihan program asuransi yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Misalnya, program SmartMed Premier yang menyediakan layanan kesehatan komprehensif.

Selain itu, untuk Anda yang menginginkan produk syariah, Allianz Life Indonesia memiliki program Allisya Care.

5. Kemudahan Membayar Premi

Untuk membayar premi asuransi Allianz Life Indonesia, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke bank atau mencari ATM. Ini karena Allianz Life Indonesia sudah bekerjasama dengan berbagai channel pembayaran yang sangat memudahkan Anda.

Anda bisa membayar premi Allianz Life Indonesia mobile banking, e-commerce seperti Tokopedia, Pegadaian, serta melalui dompet digital GoPay.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membayar premi melalui kantor pos, minimarket dan juga aplikasi smartphone Allianz Life Indonesia, eAZy Claim yang bisa Anda unduh di Android Play Store maupun iOS App Store.

6. Ada Diskon Premi

Tahukah Anda, ada keuntungan yang lebih besar menanti jika Anda mendaftarkan diri Anda sekaligus anggota keluarga Anda di Allianz Life Indonesia.

Dengan mendaftarkan anggota keluarga, Anda bisa mendapat potongan premi dengan jumlah yang menarik. Tidak hanya itu, ada juga potongan yang menggiurkan jika Anda memenuhi syarat-syarat diskon premi.

Sampai di penghujung artikel, Anda tentunya sudah memiliki gambaran tentang cara memilih plan asuransi yang tepat untuk Anda dan keluarga.

Memang, memilih asuransi tidak bisa Anda lakukan asal-asalan. Ini karena asuransi kesehatan merupakan hal penting untuk menunjang kualitas hidup Anda.

Meski begitu, hal ini tidak perlu Anda jadikan beban. Dengan adanya plan asuransi kesehatan keluarga dari Allianz Life Indonesia, Anda bisa terbebas dari segala kekhawatiran tanpa perlu repot-repot bertanya kesana kemari.

Tunggu apa lagi, ayo bergabung bersama Allianz Life Indonesia sekarang juga!

Asuransi Kesehatan | Asuransi Kesehatan Keluarga | Asuransi Kesehatan Cashless | Asuransi Jiwa | Manfaat Asuransi Jiwa | Asuransi Jiwa Syariah | Asuransi Syariah | Asuransi Kesehatan Syariah | Produk Asuransi Syariah | Premi asuransi Kesehatan | Daftar Rumah Sakit | Manfaat Lari | Asuransi Syariah di Indonesia | Cara menjaga kesehatan | Polis Asuransi

 

NAP :

Allianz Life Indonesia

World Trade Centre 3, Lantai 10-15

Jl. Jenderal Sudirman, RT.8/RW.3, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi,

Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

+622129268888 / [email protected]

 

Google Maps :

 

FAQ

  1. Mengapa memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga itu penting?
    Jawab: Karena dengan memiliki asuransi kesehatan Anda bisa mendapatkan ketenangan dan kesiapan dalam menghadapi masa depan yang tidak pasti. Dengan adanya asuransi, Anda bisa menjamin Anda dan keluarga akan menerima pelayanan kesehatan yang memadai.
  2. Apa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi kesehatan keluarga?
    Jawab: Dalam memilih asuransi kesehatan keluarga, terdapat 11 hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:
    – Sesuaikan dengan Perencanaan Masa Depan
    – Pahami Tentang Asuransi dan Sistemnya
    – Mencari Tahu Program Asuransi yang Anda Butuhkan
    – Tentukan Plan yang Ingin Anda Ambil
    – Ketahui Persyaratan dan Masa Tunggu
    – Cari Tahu Tingkat Fleksibilitas Plan
    – Pahami Ketentuan Saat Menambahkan Anggota Keluarga di Asuransi
    – Pastikan Daftar Rumah Sakit yang Bekerjasama
    – Pastikan Daftar Obat yang Bisa Anda Dapatkan
    – Bertanya Tentang Benefit Tambahan
    – Pastikan Proses Klaim Mudah
  3. Mengapa harus memilih asuransi kesehatan keluarga dari Allianz Life Indonesia?
    Jawab: Jawabannya adalah karena asuransi kesehatan keluarga dari Allianz Life Indonesia memiliki 6 poin penting dalam pelayananya:

1) Memiliki Pengalaman Bertahun-tahun

2) Jaringan Rumah Sakit Luas

3) Premi Bervariasi

4) Pilihan Program yang Bervariasi

5) Kemudahan Membayar Premi

6) Ada Diskon Premi

Tinggalkan komentar