4 Gejala Kanker Pembuluh Darah yang Perlu Diketahui

Ada berbagai jenis kanker yang tersebar di seluruh dunia dan salah satunya adalah kanker pembuluh darah. Jenis kanker ini termasuk salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan bisa merenggut nyawa penderitanya.

Dikutip dari IndoTimes, ada beberapa gejala yang dialami oleh seseorang ketika mengidap penyakit tersebut. Gejala seperti ini harus diketahui agar kamu bisa mengenali apakah terjangkit kanker atau penyakit yang lainnya.

Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu terkait apa itu kanker pembuluh darah. Selanjutnya kamu juga bisa akan belajar terkait apa saja gejala dari penyakit berbahaya ini.

Apa itu Kanker Pembuluh Darah

Jenis penyakit satu ini dikatakan berbahaya karena menyerang bagian pembuluh getah bening. Jenis pembuluh ini punya peranan penting di dalam tubuh diantaranya untuk mengumpulkan zat sisa, virus dan bakteri agar dikeluarkan dari tubuh.

Jika bagian ini yang diserang maka virus dan bakteri akan mengendap di dalamnya. Dari proses inilah maka tubuh penderita akan mengalami penurunan fungsi imun dan akhirnya menjadi kanker pembuluh darah.

Salah satu indikasi dari penyakit ini menyerang bagian kulit kepala dan leher pada penderita. Selanjutnya kanker jenis ini akan menyerang sistem imun dan di bagian ini sudah masuk dalam tahap stadium tertinggi. Jika sudah demikian maka akan menjadi penyakit komplikasi dan menyerang hati hingga jantung.

Gejala Kanker Pembuluh Darah

Jenis penyakit ini memiliki beberapa gejala yang perlu diketahui setiap orang, diantaranya:

Warna Kulit Berwarna Ungu

Untuk gejala yang begitu nampak adalah warna kulit penderita berubah menjadi warna ungu. Bahkan untuk yang tingkat akut, warna kulit seperti memar seperti cedera habis jatuh atau kecelakaan.

Dalam kondisi seperti ini maka bisa saja seseorang terkena penyakit kanker pembuluh darah. Umumnya kulit yang demikian ini tidak disertai dengan nyeri atau sakit di beberapa bagiannya.

Memarnya Semakin Besar

Pada kulit yang memar tersebut, warnanya tidak mudah hilang sekalipun dikompres sampai berkali-kali. Bahkan beberapa penderita sering mengkompress setiap saat pun memar tersebut tidak juga hilang.

Parahnya kulit yang memar tersebut semakin hari semakin membesar saja. Ketika dalam proses pembesaran ini, kulit tersebut disertai dengan rasa nyeri atau sakit pada bagian tersebut.

Mengeluarkan Darah

Saat kulit sudah diserang dan jaringannya semakin melemah maka bagian tersebut mudah mengeluarkan darah. Jadi ketika kamu terkena goresan atau benturan sedikit nantinya akan mengeluarkan darah. Bahkan untuk yang sudah parah, bekas memar ini mengeluarkan darah dengan sendirinya.

Pembengkakan di Sekitar Kulit yang Memar

Ketika proses ini terus berjalan maka pembengkakan ini terus berjalan sampai di sekitar kulit yang memar. Untuk di area tersebut, bengkaknya juga disertai dengan rasa sakit dan nyeri

Apa yang Harus Dilakukan?

Jika sudah ada gejala seperti yang disebutkan maka segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter terdekat. Hal seperti ini perlu dilakukan untuk memastikan apakah itu gejala kanker atau indikasi penyakit yang lainnya.

Bahkan tindakan seperti ini harus dilakukan sedini mungkin sebelum terlambat dan semakin menyebar. Jika sudah terlambat maka kanker ini akan menyerang bagian terpenting pada tubuh.

Jadi ketika muncul gejala kanker pembuluh darah pertama kali ini harus segera dikonsultasikan ke dokter. Jika perlu kamu bisa datang ke dokter spesialis agar dapat diketahui secara pasti terkait penyakit kanker atau bukan.

Tinggalkan komentar