Close
√ Mau Mulai Live Streaming Dapat Cuan? Program Apa yang Cocok Buat Kamu? - Limakilo -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Mulai Live Streaming Dapat Cuan? Program Apa yang Cocok Buat Kamu?

Kamu mau menjajal peruntungan menjadi seorang konten kreator dengan memulai live streaming? Butuh rekomendasi program Creator Fund yang paling cocok buat kamu?

Jangan khawatir! Pasalnya, saat ini udah banyak banget platform live streaming yang bisa kamu gunakan lho. Platform live streaming ini menyediakan Creator Fund atau program pendanaan yang memberikan dukungan kepada para kreator lokal dalam bentuk finansial.

Nah, kebetulan kita punya beberapa rekomendasi buat kamu yang baru pertama kali melakukan live streaming. Nggak usah berlama-lama lagi, langsung aja kita simak pemaparan selengkapnya berikut ini.

1. Youtube Shorts Fund

Youtube Shorts Fund ini merupakan fitur baru dari YouTube untuk memberikan fasilitas kepada pada konten kreator untuk mengembangkan video pendek melalui smartphone dan kamera Shorts pada aplikasi YouTube mereka.

YouTube menawarkan bonus yang sangat besar yakni mencapai 100 juta dollar AS atau setara dengan Rp1,4 triliun. Bonus ini bisa didapatkan oleh para kreator jika memenuhi persyaratan selama tahun 2021 dan 2022.

Salah satu syarat utamanya, kamu harus membuat video shorts asli atau original dan belum pernah kamu unggah dalam media sosial mana pun. Sedangkan syarat lainnya kamu harus memiliki umur minimal 13 tahun ke atas.

Bagi kreator yang masih berumur 13 hingga 18 tahun harus mendapatkan persetujuan dari orang tua atau wali untuk membuat akun Adsense. Sedangkan syarat terakhir, channel YouTube kamu paling sedikit memiliki satu video short dalam 180 hari terakhir. Meskipun terdengar mudah, syarat dan ketentuan untuk bergabung ke Youtube Shorts Fund ini cukup rumit terutama bagi kamu yang masih pendatang baru.

2. TikTok Creator Fund


TikTok Creator Fund merupakan program pendanaan dari TikTok yang pertama kali rilis pada Agustus 2020. Platform ini menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap kreator TikTok secara finansial.

Sama seperti platform lainnya, TikTok Creator Fund ini memiliki pro dan kontranya sendiri. TikTok menjadi salah satu media sosial yang mudah untuk kamu gunakan dan sangat interaktif.

Namun, bagi para pemula syarat untuk bergabung ke TikTok Creator Fund cukup susah. Pertama, kamu harus punya akun TikTok Pro, jumlah views 10.000 selama 30 hari, sumber trafik video TikTok adalah organik dari FYP (For Your Page) sebesar 75 persen.

3. IDN Creator Fund


IDN Creator Fund merupakan platform live streaming yang dapat melengkapi berbagai sajian konten populer yang sudah lebih dulu ada. Misalnya saja seperti artikel berita dari media-media dibawah naungan perusahaan, kuis, maupun film.

Platform live streaming ini memiliki tujuan untuk memberikan apresiasi kepada para streamer dan memotivasi mereka untuk terus berkreasi dengan membuat konten live streaming.

Dana sebanyak Rp50 miliar akan diberikan kepada streamer yang terpilih dan memenuhi kriteria. Sayangnya, peminat platform live streaming ini masih sepi sehingga programnya belum punya komunitas.

4. GoPlay Creator Fund


GoPlay Creator Fund merupakan platform live streaming yang cocok buat kamu coba sekarang ini, karena lagi rame dibahas. Platform live streaming ini menawarkan banyak benefit.

GoPlay Creator Fund sudah berjalan sejak lama dan memiliki komunitas kreator. Nggak cuma itu, platform ini juga memberikan dukungan dari team GoPlay termasuk ke dalam goto ecosystem. Saweran menggunakan GoPay dan cara penarikannya pun mudah ke rekening kamu.

Itulah tadi beberapa program Creator Fund dari berbagai layanan live streaming terbaik yang dapat kamu pilih. Semoga saja pilihan kamu tepat dan semangat buat jadi kreator yang sukses.