Close
√ Pengertian Press Release, Ketahui Pentingnya dan Struktur Penulisan Press Release - Limakilo -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Press Release, Ketahui Pentingnya dan Struktur Penulisan Press Release


Pernahkah Anda mendengar kata press release atau siaran pers sebelumnya? Jika belum, simak artikel ini dengan seksama, ya.

Pengertian Press Release

Press release adalah informasi yang disusun oleh humas (hubungan masyarakat) di sebuah organisasi, industri atau lembaga guna mengabarkan kepada masyarakat luas suatu informasi lewat surat kabar atau media massa baik secara offline ataupun online.

Dengan kata lain, press release adalah suatu kabar melalui media massa. Sementara bagi google, press release adalah pernyataan formal akan suatu hal tertentu untuk sebuah media massa.

Pentingnya Press Release

Dengan adanya press release, setiap lembaga, industri yang memiliki kebijakan baru, bisa segera mengklarifikasi hal tersebut. Hal ini karena mereka telah mempunyai layanan yang terkenal di masyarakat. 

Dalam artian, press release yang keluar secara formal dan resmi oleh industri atau Lembaga yang bersangkutan, maka informasi tersebut adalah kuat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Adapun berkat kemajuan era digital di zaman sekarang, press release bisa menjangkau jauh lebih banyak masyarakat yang terdiri dari konsumen dan klien. Jadi, Anda tak perlu khawatir perihal efektifitasnya.

Struktur Penulisan Press Release

Dalam membuat press release sebetulnya persis seperti ketika menulis sebuah naskah berita. Adapun susunan strukturnya sebagaimana berikut: Judul press release (head), teras (lead), serta isi (body)

Di atas judul, Anda bisa menambahkan nama beserta logo dari lembaga atau organisasi yang mengeluarkan press release tersebut (sejenis kop surat). Lalu, di bawahnya Anda menuliskan PRESS RELEASE atau SIARAN PERS. Kemudian Anda tulis judul press release yang memuat kabar dari lembaga Anda.

Untuk bagian terasnya, Anda bisa menuliskan subjek yang terlibat di berita press releasenya. Subjek tersebut merupakan pelakon yang berhubungan erat dalam melaksanakan berita, kapan, di mana, kenapa, dan bagaimana.

Sementara di bagian isi press release, Anda bisa menggunakan metode piramida terbalik. Maksudnya, bagian terpenting bisa Anda tuliskan di bagian atas. Selanjutnya Anda bisa menuliskan secara urut bagian yang biasa dan kurang berarti.

Jangan lupa untuk mencermati hal-hal lainnya seperti pelaksanaan press releasenya, apakah di waktu yang cepat atau bertepatan di suatu waktu yang tertentu. Kemudian, gunakanlah headline (judul press release) yang memuat isi press releasenya.

Anda tidak boleh mencantumkan informasi lembaga Anda di bagian akhir naskah. Sebaliknya, tuliskan kontak informasi yang meliputi nama lembaga beserta alamatnya, no telepon, e-mail, dan web yang bisa publik hubungi.

Itulah artikel yang membahas pengertian press release, pentingnya press release serta struktur penulisan yang benar saat hendak menuliskannya di lembaga, industri, perusahaan, ataupun organisasi Anda. Jika Anda ingin merilis press release anti ribet, Anda bisa langsung menghubungi pihak siaranpers.co.id.