-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis dan Makanan Kanguru di Alam Liar

Jenis dan Makanan Kanguru di Alam Liar

Kanguru merupakan hewan mamalia yang kebanyakan hidup di daerah daratan Australia. Beragamnya jenis kanguru yang tersebar di daratan Australia dan Papua ini, membuat jenis makanan kanguru mereka turut berbeda. Tidak hanya berasal dari tumbuhan, beberapa dari spesies kanguru juga ada yang memakan telur burung. 

Secara umum, kanguru biasa makan makanan yang memiliki serat tinggi dan rendah protein. Seperti rerumputan, daun dan semak belukar. Hewan yang suka memakan makanan yang kaya akan kandungan serat ini, biasa dikenal dengan hewan pemamah biak. Seperti halnya kanguru dan yang terdapat pada hewan ternak mamalia. 

Hewan jenis ini memiliki bakteri di dalam sistem pencernaannya yang memudahkan kanguru untuk mencerna selulosa. Selain itu, kanguru memiliki gigi geraham dan gigi seri yang berfungsi untuk memotong dan menggiling makanan agar lebih halus. Apa saja jenis kanguru tersebut? dan apa makanan mereka? Berikut dapat Anda simak penjelasannya. 

Ada Berapa Banyak Jenis Kanguru yang Hidup Saat Ini?

Ada beragam jenis kanguru yang hidup saat ini, di antaranya ada 5 jenis yang sudah dikenal dunia yaitu sebagai berikut.

  1. Kanguru abu-abu Timur (Macropus gigatus)
  2. Kanguru abu-abu Barat (Macropus fuliginosus)
  3. Kanguru merah (Macropus rufus)
  4. Antilopine Kangaroo (Macropus antilopinus)
  5. Kanguru pohon (Dendrolagus)

Apa Makanan Kanguru ?

Setelah mengetahui beragam spesies kanguru, kita tentu akan bertanya-tanya, apa makanan kanguru? Apakah makanan kanguru sama seperti apa yang diberikan oleh petugas kebun binatang?  Lalu, apa makanan kanguru yang hidup di alam liar ? 

Sebelum tumbuh dan berkembang menjadi kanguru dewasa. Bayi kanguru (joey) akan naik ke kantong induknya dan bertahan hidup di sana selama hampir 9 bulan dengan susu yang diperoleh dari ibu kanguru. 

1. Makanan kanguru merah (Macropus rufus)

Kanguru merah yang biasa hidup di habitat gurun Australia biasa makan rumput dan semak belukar. Hewan ini mampu bertahan hidup di lingkungan dengan minim air. Kanguru merah termasuk ke dalam hewan nokturnal dan krepuskular. 

2. Makanan kanguru abu-abu Timur (Macropus gigatus) 

Kanguru abu-abu Timur yang biasa disebut kanguru kelabu besar ini banyak ditemukan di bagian Australia yang lebih basah dan lebih suka pada padang rumput terbuka. Mereka biasa makan rumput dan dedaunan. 

3. Makanan kanguru abu-abu Barat (Macropus fuliginosus)

Hampir sama dengan kanguru abu-abu Timur, kanguru abu-abu Barat yang hidup di bagian selatan Australia ini juga memakan rumput, semak berdaun, dan pohon rendah, terutama di malam hari.

4. Makanan kanguru Antilopine Kangaroo (Macropus antilopinus)

Kanguru jenis Antilopine kangaroo atau disebut juga Kanguru wallaroo mencari makan di daerah rumput pendek.  Kanguru jantan jenis Antilopine ini memiliiki hidung yang membengkak di belakang lubang hidung yang memudhakan mereka melepaskan panas lebih banyak di iklim yang panas dan lembab 

5. Makanan kanguru pohon (Dendrolagus)

Kanguru pohon dari genus Marsupial arboreal ini memilki 12 spesies yang berbeda. Mereka biasa ditemukan di timor laut Australia, Papua, dan pulau Oseanik lainnya. Makanan mereka dapat berupa dedaunan, buah, kulit kayu, biji, bunga dan getah, dan lebih suka cabang bambu, maple, dan willow. Mereka menggunakan ekor yang cukup panjang untuk menjangkau makanan mereka di pohon. Selain itu, ada juga spesies kanguru pohon yang termasuk kelompok hewan omnivora di mana mereka biasa memakan telur burung.

Berbeda dengan kanguru yang hidup di kehidupan liar, kanguru yang hidup dalam pemeliharan tentu akan mendapatkan asupan makan yang lebih baik dan teratur. Adapun makanan yang mereka peroleh seperti anggur, apel, pisang, wortel, brokoli, jerami alfalfa dan selada Romaine serta beberapa jenis selada lainnya.