-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Ukir Logam Terbesar di Indonesia

daerah Penghasil Ukir Logam

Ada berbagai macam kerajinan yang dihasilkan oleh seniman Indonesia. Salah satu kerajinan tersebut adalah ukir logam yang tampak sangat indah dan menarik untuk dimiliki. 

Tidak hanya indah, namun ada berbagai macam tempat di Indonesia yang lama terkenal sebagai tempat yang memproduksi ukir logam tersebut. Berikut ini adalah daerah penghasil ukir logam di Indonesia.

Daerah Penghasil Ukir Logam di Indonesia

1. Ceruk – Bali

Bali terkenal sebagai salah satu provinsi paling indah yang ada di Indonesia. Tidak hanya keindahan alamnya saja yang memukau, namun provinsi ini pun mampu menghasilkan ukiran logam yang sangat menarik dan unik. Nilai jual yang dimiliki oleh kerajinan logam tersebut sangat tinggi karena mengandung berbagai macam keunikan tersendiri yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Daerah di Bali yang terkenal sebagai pusat penghasil kerajinan logam adalah Ceruk. Desa yang satu ini memiliki banyak sekali seniman pengrajin perak yang mampu menghasilkan kerajinan indah dan memukau serta dinikmati oleh berbagai macam kalangan. Jarak desa ini dengan Bandara Ngurah Rai pun cukup dekat yakni hanya memakan waktu selama satu jam saja.

2. Kota Gadang – Sumatera Barat

Kota Gadang merupakan salah satu daerah di provinsi Sumatera Barat yang juga terkenal mampu menghasilkan kerajinan ukir logam terlebih perak dalam jumlah banyak. Kualitas kerajinan yang dihasilkan oleh penduduk di kota ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena bentuknya yang sangat memikat, bahkan nama baiknya sudah terkenal sejak zaman penjajahan Belanda.

Berdasarkan sumber sejarah, kerajinan ukir logam yang ada di Kota Gadang dinikmati oleh banyak masyarakat bahkan bangsa Eropa pun sangat menyukai kerajinan yang dihasilkan di kota ini. Warnanya yang berkilau dengan indah tidak akan membuat mata pembeli terganggu oleh silau yang terlalu terang, sehingga kerajinan ukir logam ini akan memberi kesan yang anggun dan elegan.

3. Martapura – Kalimantan Selatan

Daerah penghasil ukir logam yang selanjutnya ada di Martapura, sebuah daerah yang masih termasuk ke dalam Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Di daerah ini, ada sebuah kampung kecil bernama Kampung Alfi Jewelry yang sudah lama populer karena mampu menghasilkan berbagai macam kerajinan ukir logam yang diolah dengan cara tradisional.

Karena diolah dengan manual, maka kualitas kerajinan pada daerah ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan seringkali dinikmati oleh konsumen yang memang menyukai kualitas logam yang memikat. Pada umumnya, kampung ini lebih sering memproduksi barang unggulan seperti cincin perak berlian, namun ada pula kerajinan lainnya yang tidak kalah menarik di tempat ini.

Editor terkait:

4. Kotagede – Yogyakarta 

Yogyakarta memang seringkali dinobatkan sebagai sebuah provinsi yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional, terbukti akan banyaknya daerah menarik yang memiliki nilai seni tinggi. Salah satu kota di provinsi ini yaitu Kotagede, termasuk ke dalam daerah yang dipenuhi seniman profesional yang mampu menghasilkan karya seni indah.

Kotagede juga terkenal karena hasil kerajinan ukir logam yang mampu dijual ke dalam nominal yang besar terlebih apabila diekspor ke luar negeri. Kualitas ukir logam yang sangat berguna itu mampu membuat seniman menjadi lebih leluasa untuk menghasilkan kerajinan yang lebih unik sehingga mereka mampu menjual ukir logam tersebut dengan nilai yang memuaskan.

5. Kendari – Sulawesi Tenggara 

Sulawesi Tenggara, terlebih di daerah Kendari, juga mampu menghasilkan ukir logam yang sangat indah. Daerah ini memiliki bentuk logam yang cenderung unik dan cukup berbeda apabila dibandingkan dengan daerah lain. Pada dasarnya, logam di daerah ini memiliki motif-motif yang sangat indah dan khas dan ukirannya pun tampak menonjol.

Karena hal tersebut, hasil kerajinan ukir logam yang berasal dari Kendari pun terkenal memiliki proses pembuatan yang sangat lama dan cukup rumit. Hal itu karena seniman harus selalu teliti dalam mengukir logam tersebut sehingga hasil yang bisa didapatkan dapat memuaskan.

6. Sekarbela – Nusa Tenggara Barat

Sekarbela yang ada di Nusa Tenggara Barat merupakan suatu daerah yang populer karena mampu mengembangkan kerajinan logam khususnya emas dalam jumlah yang memukau. Sejak tahun 1800-an, proses produksi kerajinan logam di daerah ini selalu berkembang dan membuat penduduknya mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

Pada tahun 2019, penduduk Sekarbela yang menghasilkan kerajinan emas mendapatkan pendapatan rata-rata per bulan yakni 100 juta lebih. Karena itu, tidak mengherankan apabila daerah ini sering dijadikan tempat untuk menghasilkan kerajinan emas berkualitas tinggi.

7. Mimika – Papua 

Daerah penghasil ukir logam yang terakhir ada di Mimika, Papua. Papua yang dikaruniai logam dalam bentuk melimpah pun mampu menghasilkan kerajinan logam yang indah dan sangat mengagumkan.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo