-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Udang Terbesar Di Indonesia

Daerah Penghasil Udang

Meskipun termasuk hewan bertubuh kecil, namun udang menjadi salah satu hewan yang paling sering diincar oleh banyak orang karena bentuk dagingnya yang sangat lembut apabila diolah dengan tepat. 

Di Indonesia, hewan ini pun sangat populer dan banyak tempat yang dijadikan penangkarannya. Inilah daerah penghasil udang yang wajib untuk diketahui.

Daerah Penghasil Udang Terbesar

1. Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat menduduki peringkat yang tinggi sebagai provinsi yang mampu menghasilkan udang paling banyak di Indonesia. Sejak tahun 2007, Nusa Tenggara Barat mengalami perubahan yang sangat signifikan dalam proses produksi udang. Bahkan, jumlah produksi udang di Nusa Tenggara Barat pada 2016 mencapai kurang lebih 105 ribu ton. 

Jumlah yang sangat banyak membuat provinsi ini menjadikan udang sebagai komoditas yang perlu diberi perhatian tinggi. Setiap tahunnya, Nusa Tenggara Barat berupaya untuk memproduksi udang dalam jumlah yang besar dan diekspor ke luar negeri untuk membantu peningkatan ekonomi pada daerah tersebut.

2. Jawa Barat

Sejak tahun 2012, Jawa Barat sudah membuktikan diri bahwa mereka mampu mendominasi pasar penjualan udang karena mereka mampu memproduksi udang dalam jumlah yang sangat banyak. Bahkan, jumlah tersebut pun melampaui provinsi Lampung yang sebelumnya lebih dulu dikenal sebagai penghasil udang dalam jumlah tinggi.

Ada begitu banyak jenis udang yang diproduksi pada provinsi, dan semua udang itu memiliki kualitas yang sangat tinggi. Jenis udang tersebut adalah udang vaname dan udang windu. Kualitas udang yang sangat menakjubkan membuat banyak konsumen udang yang ada di dalam negeri ataupun luar negeri selalu mengincar Jawa Barat untuk membeli udang.

3. Sumatera Selatan

Berdasarkan survey yang sudah dilakukan oleh pihak tertentu, Sumatera Selatan termasuk ke dalam urutan ke-empat sebagai daerah yang mampu menghasilkan udang terbesar di seluruh Indonesia. Letaknya yang sangat strategis yakni dekat dengan Lampung dan laut yang luas membuat Sumatera Selatan mampu menghasilkan udang dalam jumlah yang membuat pemerintah merasa kagum.

Pada tahun 2007 saja, produksi udang di daerah Sumatera Selatan mencapai 26 ribu ton. Namun, jumlah produksi tersebut melonjak dengan sangat drastis menjadi 54 ribu ton pada tahun 2016. Setiap tahunnya, jumlah produksi udang yang ada di Sumatera Selatan naik dengan sangat tinggi dan hal itu menunjukkan kualitas udang yang sangat bagus dari provinsi ini.

Editor terkait:

4. Jawa Timur

Daerah penghasil udang terbesar yang ada di seluruh Indonesia jatuh pada provinsi Jawa Timur. Bahkan, total produksi udang yang ada di Jawa Timur melebihi provinsi Lampung sehingga provinsi Jawa Timur kini menduduki peringkat pertama. Hal itu tidak mengherankan karena provinsi ini memang mampu menghasilkan udang dalam jumlah yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Pada tahun 2015, Jawa Timur mengalami kenaikan produksi udang menjadi 83 ribu ton. Jumlah yang sangat tinggi menjadikan provinsi ini seringkali diincar oleh investor untuk proses investasi karena kemungkinan besar provinsi ini akan tetap mempertahankan prestasinya dalam proses produksi udang hingga beberapa tahun ke depan.

5. Sulawesi Selatan

Produksi perikanan seperti udang di provinsi Sulawesi Selatan memang tidak semasif provinsi yang lainnya. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat provinsi ini ketinggalan dalam memproduksi udang dalam jumlah besar, sebab setiap tahunnya mulai dari tahun 2014 provinsi ini mengalami peningkatan yang sangat besar dalam produksi ikan.

Komoditas udang yang paling sering diproduksi di provinsi Sulawesi Selatan adalah udang putih, udang vaname, dan berbagai macam jenis udang yang lainnya. Beberapa situs berita pun memprediksi bahwa apabila Sulawesi Selatan tetap menjaga tingkat produksi udang mereka, provinsi ini akan termasuk ke dalam daerah yang mampu memproduksi udang dalam tingkat tinggi.

6. Lampung

Beberapa tahun yang lalu, Lampung seringkali disebut-sebut sebagai daerah yang mampu menghasilkan udang paling banyak apabila dibandingkan dengan seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Meskipun jumlah produksi udang di daerah Lampung mengalami penurunan, namun hal tersebut tidak berarti provinsi ini tidak menghasilkan udang lagi.

Justru sebaliknya, produksi udang di Lampung tetap mengalami perkembangan meskipun tidak terlalu stabil dan terjadi penurunan pada tahun-tahun tertentu. Pada tahun 2016, Lampung mulai bangkit dan memproduksi udang dalam jumlah tinggi yakni mencapai 51 ribu ton. Jumlah yang tinggi tersebut didominasi oleh udang vaname yakni sebesar 94% dari total produksi.

7. Aceh

Daerah penghasil udang yang terakhir adalah provinsi Aceh. Tambak udang vaname yang ada di Kabupaten Aceh Timur mengalami peningkatan yang sangat mengagumkan sebab pemerintah mengubahnya menjadi sarana edukasi budidaya yang ramah lingkungan. Bahkan, total produksi udang pada daerah ini mencapai 25 ton dan diperkirakan akan tetap meningkat setiap tahunnya.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo