-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Pasir Besi Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Pasir Besi

Pasir besi adalah sejenis pasir yang memiliki konsentrasi besi yang tinggi dan memiliki warna hitam atau abu-abu gelap. Di dalam pasir besi memiliki kandungan silika, kalsium, titanium, dan vanadium dan bisa diolah menjadi biji besi. Biasanya pasir besi akan mengalami suhu yang cukup tinggi jika terkena paparan sinar matahari secara langsung. 

Hal ini bahkan bisa menyebabkan luka ringan sampai sedang kepada orang di sekitarnya. Berikut adalah beberapa daerah penghasil pasir besi di Indonesia.

Daerah Penghasil Pasir Besi di Indonesia

1. Cilacap Jawa Tengah (2.644.236 ton)

Cilacap adalah sebuah daerah di Provinsi Jawa Barat. Daerah ini memiliki tambang pasir besi yang sangat besar dan sudah mulai berjalan dari tahun 1970, dimana tambang tersebut dijalankan oleh sebuah perusahaan bernama PT. Aneka Tambang.

Dari hasil tambang pasir besi di Cilacap Jawa Tengah diperkirakan mencapai 2.644.236 ton. Dari pasir besi tersebut kemudian diolah menjadi 300.000 ton bijih besi yang akan diekspor ke beberapa negara maju termasuk Jepang. Namun, sejak 1 Oktober 2003 pengoperasian tambang pasir besi dihentikan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara.

2. Papua (1.300.000 ton)

Papua adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia yang berada di Indonesia bagian timur. Papua sendiri memang terkenal dengan kekayaan alam. Mulai dari objek wisata alam, hutan, flora dan fauna, hingga hasil tambang yang kaya akan berbagai unsur penting. Salah satu hasil tambang yang ada di Pulau Papua adalah pasir besi.

Pasir besi yang ada di Papua bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Sarmi, Jayapura, Mimika, dan Tembagapura. Bahkan pasir besi yang ada di Papua ini masih bercampur dengan tanah sekitar sehingga bisa dengan mudah diolah dan menghasilkan bijih besi yang berkualitas.

Untuk penambangan di Mimika sendiri tambang pasir besi yang sudah beroperasi sejak tahun 2009. Di mana Izin Usaha Petambangan (IUP) dikeluarkan oleh pihak Pemerintah Kabupaten karena Mimika memiliki potensi pasir besi yang berkualitas. Menurut beberapa sumber, hasil tambang pasir besi di Papua diperkirakan bisa mencapai 1.300.000 ton.

3. Pulau Sebuku Kalimantan Selatan (185.667 ton)

Pulau Sebuku merupakan sebuah pulau yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan Kabupaten Kotabaru dan berdekatan dengan Pulau Laut yang juga menjadi salah satu lokasi tambang batubara terbesar di Indonesia. Untuk hasil pasir besi di lokasi ini juga tidak kalah dengan hasil batubara yang ada di Pulau Laut. Dimana hasil pasir besi di Pulau Sebuku Kalimantan Selatan bisa mencapai 185.667 ton.

Editor terkait:

4. Cilegon Banten (7.500 ton)

Cilegon adalah sebuah daerah di Provinsi Banten yang berada di Pulau Jawa. Daerah ini juga dikenal dengan sebutan Kota Industri karena merupakan kota dengan penghasil baja terbesar di Asia Tenggara. Selain baja Cilegon juga memiliki hasil pasir besi yang terbilang banyak. Diperkirakan sekitar 7.500 ton bijih besi yang bisa diperoleh per bulannya dari hasil tambang pasir besi yang sudah diolah oleh perusahaan setempat.

5. Sumatera Barat (158.000 ton)

Sumatera Barat merupakan sebuah Provinsi yang ada di Pulau Sumatera dengan Ibukota bernama Padang. Sumatera Barat dikatakan salah satu daerah penghasil pasir besi terbesar di Indonesia karena tambang pasir besi bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Pasaman, Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam, Katingan, Tanah Datar, dan Solok. Luas tanah tambang di Sumatera Barat mencapai 62.800 meter kubik dengan hasil tambang berupa bijih besi mencapai 158.000 ton.

6. Pegunungan Verbeek Sulawesi Tengah (50.000 ton)

Pegunungan Verbeek merupakan sebuah daerah yang berada di Sulawesi Tengah dengan Ibukota bernama Palu dan berada di Pulau Sulawesi. Pulau Sulawesi sendiri memiliki arti logam, dimana hal ini menandakan bahwa pulau yang berada diantara Pulau Kalimantan dan Pulau Papua ini memiliki kekayaan berupa hasil tambang sejenis logam yang berlimpah.

Salah satu hasil tambang yang bisa dibanggakan di Pulau Sulawesi adalah pasir besi yang diproduksi di Pegunungan Verbeek Sulawesi Tengah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Hary Utoyo kandungan pasir besi yang bisa diperoleh di Sulawesi Tengah bisa mencapai 61,98% dan dari hasil tambang tersebut bisa mendapatkan 50.000 ton pasir besi tiap bulannya.

7. Lampung (50.524.7808 ton)

Lampung merupakan sebuah Provinsi yang berada di Pulau Sumatera paling selatan dengan Ibukota bernama Telukbetung dan berdekatan dengan Provinsi Banten yang berada di Pulau Jawa. Di Lampung terdapat beberapa daerah penghasil pasir besi seperti Kota Karang, Batu Raja, dan Tanjung Jati. Daerah-daerah tersebut menyumbang total pasir besi sebanyak 50.524.7808 ton per tahun.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo