-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Minyak Bumi

Indonesia memiliki penghasilan minyak bumi yang cukup melimpah. Jumlah keseluruhan dari minyak bumi diperkirakan ada kurang lebih 915,798 barrel setiap harinya. Minyak bumi pertama kali ditemukan oleh A. G Zeijlker pada tahun 1883 silam. 

Berikut ini disajikan daftar beberapa daerah penghasil minyak bumi di Indonesia yang sayang sekali jika terlewatkan. 

Inilah Daerah Penghasil Minyak Bumi di Nusantara

1. Jawa Timur

Ladang minyak di Jawa Timur terbilang banyak sekali. Total minyak dalam satu harinya diperkirakan sebesar 52,616 barrel. Untuk rinciannya sendiri terdiri dari 52,290 barrel minyak mentah dan 326 barrel kondensat. Besarnya minyak bumi yang diproduksi oleh daerah tersebut tidak bisa lepas dari adanya peran berbagai perusahaan yang ada di dalam ataupun luar negeri yang mengelola. 

2. Kepulauan Riau

Kepulauan Riau memiliki lautan yang sebesar 95 persen dari luas daratannya. Walaupun daratannya cukup kecil, tetapi tidak dapat disepelekan. Hal itu dikarenakan Kepulauan Riau sangat kaya akibat melimpahnya hasil minyak bumi. Bahkan, kekayaannya masih bertambah lagi karena masih memiliki cadangan gas alam yang tidak kalah melimpah. 

Sebagai besar hasil minyak buminya ada di lautan. Block Offshore yang ada di daerah ini dibagi menjadi 3, yakni South Natuna Sea Block A, Natuna Sea Block B, dan Natuna Sea Block A. Apabila dijumlahkan, maka total penghasilan minyak bumi dari daerah ini yaitu 59,210 barrel dalam satu harinya, serta ditambah dengan kondensat sejumlah 2,365 barrel. 

Saat ini Kepulauan Riau masuk ke dalam jajaran daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Bahkan, ada banyak perusahaan luar negeri yang ikut andil untuk mengelolanya, antara lain seperti Premier Oil, Star Energy, dan Cocono Philips. 

3. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur pun mempunyai hasil minyak bumi yang sangat melimpah. Buktinya terdapat kota di Kalimantan Timur yang menjadi pusat penghasil minyak bumi, yakni Balikpapan. Pengeboran minyak juga telah dilakukan pada beberapa lokasi, antara lain seperti Kutai, Sanga-Sanga, blok Mahakam, dan Mamburungan. 

Adapun berbagai perusahaan yang ikut berperan dalam mengelola minyak bumi di sana, antara lain seperti Chevron, Vico, Medco, dan Total. Berbagai perusahaan itu dapat menghasilkan minyak bumi mencapai 134,626 barrel setiap harinya yang juga mengandung 60,331 barrel minyak mentah. Sedangkan, untuk sisanya sendiri berupa kondensat sebesar 74,925 barrel.

Selain merupakan salah satu daerah surganya minyak bumi, ternyata Kalimantan Timur juga memiliki kandungan gas alam yang banyak. Bahkan, di daerah tersebut  ada pengolahan gas alam yang sekaligus juga merupakan kilang minyak. 

Editor terkait:

4. Provinsi Riau

Minyak mentah yang dihasilkan di Provinsi Riau jumlahnya lumayan banyak, diperkirakan sebesar 365,8277 barrel per hari. Jumlah ini menyumbangkan sepertiga dari semua penghasilan minyak bumi harian yang terdapat di nusantara. Pembagiannya berupa minyak mentah sebanyak 359,777 barrel dan lainnya adalah kondensat sebanyak 6,050 barrel. 

Menariknya, minyak mentah yang ada di sana yaitu viskositas yang bagus sekali dalam ukuran hidrokarbon. Dengan begitu, minyak mentah ini terbilang paling unik di tanah air. Gas dan minyak adalah dua hal yang tentunya saling berhubungan, hampir seluruh daerah yang mempunyai sumber minyak bumi akan memiliki cadangan gas, termasuk Provinsi Riau. 

Terdapat 6 blok daerah operasi yang dipakai perusahaan, misalnya saja seperti Pekanbaru, Selat Panjang, Rokan, Coastal, Siak Blok, dan Mointain Front. Rokan merupakan blok yang terbesar sebab ada di gient field. Beberapa contoh perusahaan minyak yang sudah mengoperasikan penambangan di daerah ini yaitu Petroselat, Chevron, Siak Pusaka, dan Pertamina.

5. Jawa Barat

Tidak banyak daerah di Provinsi Jawa Barat yang menjadi sumber penghasil minyak bumi. Beberapa daerah tersebut antara lain yaitu Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Indramayu. 

Salah satu yang paling besar yakni kilang minyak Balongan yang lokasinya ada di Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Kilang minyak Balongan dapat menghasilkan minyak bumi hingga 125,000 barrel per harinya. 

6. Sumatera Selatan

Sumatera Selatan tergolong ke dalam salah satu daerah yang menghasilkan minyak bumi terbesar yang ada di nusantara. Wilayah penghasil sumber minyak bumi di Sumatera Selatan ini antara lain seperti Muara Enim, Sungai Gerong, dan Plaju. Sumatera Selatan sendiri dapat memproduksi minyak mentah sebanyak 30,718 barrel serta kondensat sebesar 10,339 barrel dalam satu hari. 

7. Jawa Tengah

Untuk daerah penghasil minyak bumi di Indonesia yang terakhir adalah Jawa Tengah. Kilang minyak yang paling besar di Jawa Tengah sendiri yaitu kilang minyak Cilacap. Setiap harinya, kilang minyak tersebut mampu memproduksi hingga 348,000 barrel. Secara keseluruhan, angka tersebut sama dengan 33% dari penghasilan kilang nasional. Tentu saja jumlah tersebut terbilang cukup besar. 

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo