-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Merica Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Merica

Merica merupakan suatu bumbu masakan yang mampu membuat makanan memiliki rasa yang lebih gurih dan pedas. Bumbu masakan yang satu ini juga lebih sering disebut sebagai lada, dan di Indonesia ada begitu banyak tempat yang menjadi produsen merica. 

Berikut ini adalah daftar daerah penghasil merica di Indonesia yang terbesar dan terpopuler.

Daerah Penghasil Merica Terpopuler

1. Bangka Belitung

Bangka Belitung merupakan provinsi di Indonesia yang sudah lama populer karena menjadi produsen merica dalam jumlah yang begitu besar. Bahkan, saking banyaknya produksi merica di provinsi ini, Bangka Belitung pun sempat menduduki posisi sebagai salah satu daerah yang mampu menghasilkan merica dalam jumlah terbanyak di seluruh dunia. 

Berdasarkan data yang sudah diambil semenjak tahun 2014, Bangka Belitung menjadi wilayah yang mengontrol produksi merica hingga mencapai 40 persen. Jumlah tersebut tentunya sangat fantastis, terlebih mengingat masih ada banyak saingan di negara lain yang juga mampu menghasilkan merica dalam jumlah besar.

Produksi merica yang besar di Bangka Belitung tersebut dibantu oleh keberadaan masyarakat yang masih memegang teguh profesi bertani dan menanam merica untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jumlah produksi merica yang dihasilkan pun menjadi sangat tinggi, sehingga banyak pihak yang menggunakan merica Bangka Belitung sebagai produsen utama.

2. Jambi

Selain Bangka Belitung, Jambi juga menjadi daerah penghasil merica yang terbesar di nusantara. Bagaimana tidak, salah satu wilayah yang ada di Sumatera ini mampu menghasilkan merica sejak beberapa abad silam. Kegiatan pembudidayaan merica ini dilakukan dengan penuh kehati-hatian oleh masyarakatnya, sehingga hasil yang diperoleh pun tidak bisa dianggap remeh begitu saja.

Kualitas merica yang berasal dari Jambi sangat diminati oleh konsumen yang berasal dari lokal maupun mancanegara. Setiap tahunnya, jumlah permintaan merica untuk daerah Jambi selalu ramai dan tidak pernah sepi dari permintaan. Oleh karena itulah, banyak masyarakat yang membantu proses produksi merica tersebut agar selalu sukses setiap tahunnya. 

3. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur terkenal dengan tanahnya yang begitu subur beserta pemandangan alam yang senantiasa mempesona siapapun yang mengunjungi tempat ini. Selain indah, Kalimantan Timur juga menjadi tempat yang tepat untuk menanam merica sebab tempat ini memiliki kandungan tanah yang berkualitas tinggi dan hal itu sangat membantu proses pertumbuhan tanaman merica.

Bahkan, beberapa rumah warga pun banyak diantara mereka yang menanam tumbuhan merica dengan leluasa. Proses produksi merica yang ada di Kalimantan Timur tidak pernah berhenti dan akan selalu dilakukan hingga beberapa tahun ke depan sebab total produksi yang dihasilkan oleh Merica ini bisa dibilang sangat tinggi dan menguntungkan.

Editor terkait:

4. Lampung

Wilayah Lampung memiliki berbagai macam kelebihan yang membuat perusahaan asing melirik tempat ini untuk membangun tempat tambang dan perkebunan tertentu. Salah satu jenis rempah-rempah yang diproduksi oleh Lampung adalah merica, dan jumlah yang diraih setiap tahunnya oleh petani merica bisa dibilang sangat mengagumkan.

Terlebih, di kabupaten Lampung Timur, merica merupakan jenis tumbuhan yang sangat mudah untuk ditemukan dan ditanami. Tumbuhan ini tidak membutuhkan perawatan yang terlalu mahal sehingga masyarakat pun turut serta membantu proses perkembangbiakan jenis rempah-rempah yang satu ini. 

Bahkan, karena total produksi merica dari Lampung Timur yang cukup tinggi, daerah ini sering mendapatkan julukan sebagai Lampong Black Pepper. Karena hal tersebut, tidak mengherankan apabila investor asing tertarik untuk turut serta berinvestasi di tempat yang satu ini karena kemungkinan besar mereka pun akan memperoleh keuntungan tinggi.

5. Aceh

Selain Jambi, ada satu wilayah di Sumatera yang juga menghasilkan merica dalam jumlah yang tidak kalah jika dibandingkan dengan wilayah lainnya. Berdasarkan sejarah, Aceh justru selalu menjadi tempat pusat perdagangan merica yang terbesar di dunia pada abad ke-17. 

Menurut situs New England Historical Society, negara yang paling banyak mengambil merica dari Aceh adalah kota Salem, sebuah kota yang ada di Inggris. Hingga saat ini, merica yang berasal dari Aceh tetap populer di kalangan luar negeri karena rasanya yang sangat lezat dan mampu membuat makanan mereka menjadi lebih gurih. 

6. Palembang

Sejak zaman dahulu, Palembang menjadi daerah yang memonopoli perdagangan merica bersama dengan Aceh. Pada masa sekarang, harga merica yang ada di Palembang terbilang sangat murah sehingga banyak pihak berbondong-bondong untuk membeli merica yang ada di daerah ini.

7. Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan menjadi provinsi penghasil merica yang tidak boleh dilupakan begitu saja. Ada begitu banyak daerah di Sulawesi Selatan yang mampu menghasilkan produksi merica dalam jumlah yang mencapai ribuan ton. Salah satu daerah produsen merica yang ada di Sulawesi Selatan adalah Kabupaten Sinjai. 

Berdasarkan data yang tertera di situs resmi pemerintah Sulawesi Selatan, kabupaten ini mampu menghasilkan merica dalam jumlah yang fantastis yakni mencapai ribuan ton setiap tahunnya. Jumlah tersebut tentu sangat mengagumkan dan membuat daerah penghasil merica ini menjadi sentra merica di provinsi Sulawesi Selatan.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo