-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Daerah Penghasil Logam Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Logam

Logam adalah salah satu jenis kekayaan yang sangat diburu oleh banyak pihak sebab bentuknya yang indah dan bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat beberapa barang tertentu. 

Di Indonesia sendiri, tempat yang menyimpan logam ini bisa dibilang cukup banyak sehingga tidak heran apabila banyak tambang logam yang didirikan. Inilah daerah penghasil logam yang ada di Indonesia.

Daerah Penghasil Logam di Indonesia

1. Maluku

Maluku adalah salah satu daerah penghasil logam yang sangat populer dan tingkat popularitasnya pun sudah menyebar hingga ke produsen mancanegara. Hal tersebut tidak mengherankan sebab tanah Maluku memang menyimpan logam yang cukup tinggi, dan terdapat berbagai macam intan lain yang ditemukan di tempat ini.

Salah satu jenis logam yang seringkali ditemukan di Maluku adalah nikel. Jenis logam yang satu ini tampak menarik dan biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan beberapa barang yang mampu dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Karena hal tersebut, jumlah perusahaan yang mendirikan tambang logam di Maluku semakin naik setiap tahunnya.

2. Pulau Derawan

Di provinsi Kalimantan Selatan, terdapat salah satu daerah yang mampu menghasilkan total produksi logam dalam umlah tinggi setiap tahun. Daerah tersebut adalah Pulau Derawan, suatu pulau yang memiliki kekayaan alam dan kenikmatan perut bumi yang sangat luar biasa. Bahkan, kekayaan yang ada di dalam pulau tersebut terbilang sangat besar jika dibandingkan dengan pulau di sekitarnya.

Total produksi logam yang tinggi juga  menjadikan Pulau Derawan sebagai salah satu tempat penghasil logal tertinggi yang ada di seluruh Indonesia. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, namun logam yang dihasilkan di Pulau Derawan ini pun juga sangat terkenal hingga perusahaan yang ada di luar negeri pun tertarik untuk membelinya.

Editor terkait:

3. Pulau Bintan

Kepulauan Riau tidak hanya memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan, namun kepulauan ini juga menyimpan berbagai macam kekayaan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Salah satu contohnya adalah Pulau Bintan, sebuah pulau yang mengandung berbagai macam intan dan logam yang sangat melimpah hingga membuat investor luar negeri tertarik dengan pulau ini.

Pulau yang sangat jelita ini memiliki kandungan logam jenis bahan baku aluminium dan bauksit yang sangat banyak. Kualitas logam yang sudah dihasilkan pun tidak main-main, sebab proses pengolahan logam tersebut sudah dilakukan dengan beberapa macam metode yang terpercaya. Penduduk di pulau ini pun banyak yang menjadi tambang logam sebagai mata pencaharian utama.

4. Wonogiri

Pulau Jawa juga memiliki banyak daerah yang mampu menghasilkan logam dalam jumlah besar. Meskipun kecil, namun kekayaan yang terkandung di dalam pulau ini pun juga tidak kalah dengan pulau-pulau lain yang ada di Indonesia. Sebut saja Wonogiri, sebuah daerah di Jawa Tengah yang sudah lama terkenal sebagai daerah yang mampu memproduksi logam tembaga setiap tahunnya.

Total produksi logam tembaga yang dihasilkan di daerah Wonogiri ini terbilang sangat banyak yakni sekitar 1,8 ton. Jumlah tersebut sangat banyak, namun satu hal yang membuat mereka sangat diincar oleh investor dan banyak pihak asing adalah kemampuannya untuk menghasilkan logam mentah dalam jumlah 21 ton setiap bulannya. 

Karena itu, Wonogiri disebut sebagai daerah yang mampu menghasilkan logam paling besar se-Indonesia. Posisi yang mereka tempati di dunia pun juga cukup tinggi, hanya kalah dengan beberapa daerah yang ada di negara lain.

5. Cikotok

Apabila membicarakan mengenai daerah produsen logam, maka tidak lengkap rasanya apabila tidak menyertakan daerah Cikotok. Daerah ini juga seringkali masuk ke dalam daftar daerah yang memproduksi logam terbanyak di seluruh Indonesia. Sejak pertengahan tahun 1893, proses pertambangan di daerah ini pun dimulai dan tetap berlangsung hingga saat ini.

Daerah pertambangan yang didirikan semenjak zaman Pemerintahan Belanda ini menghasilkan jumlah logam yang tinggi dan mampu membantu perekonomian daerah dan pusat. Meskipun begitu, tempat tambang ini bisa dibilang memiliki sejarah yang cukup rumit sebab tempat ini sempat berganti kepemilikan dari Pemerintah Belanda, lalu Jepang, hingga kemudian dimiliki oleh Indonesia lagi.

6. Sangkarapi

Sangkarapi adalah salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang disebut-sebut sebagai penghasil tambang logam yang berkualitas dan melimpah. Hal tersebut didukung oleh letak geografis daerah Sangkarapi yang sangat strategis, sebab daerah ini dikelilingi oleh pegunungan yang penuh oleh material batu vulkanik.

Tempat tambang yang beroperasi di daerah penghasil logam ini diperkirakan mulai beroperasi sejak tahun 1970-an. Kondisi geografis yang menguntungkan membuat mereka menghasilkan logam dengan nilai yang tinggi, hal itu membuat daerah Sangkarapi menjadi salah satu daerah yang membantu pendapatan negara sebab investor asing bersedia untuk berinvestasi di tempat ini.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo