-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Ikan Tuna Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Ikan Tuna

Indonesia termasuk salah satu negara di dunia yang kaya akan hasil laut berkualitas. Dalam satu kali tangkapan ikan, puluhan hingga ratusan ton bisa didapatkan. 

Ikan tuna merupakan salah satu hasil tangkapan ikan laut yang selalu mendapatkan kenaikan permintaan baik lokal maupun internasional dari tahun ke tahun. 

Di Indonesia sendiri, ada beberapa daerah penghasil ikan tuna yang berkualitas.

Daerah Penghasil Ikan Tuna Terbanyak

1. Kawasan Bitung, Sulawesi Utara 

Daerah Sulawesi Utara tepatnya di kawasan Bitung merupakan daerah yang menghasilkan ikan tuna berskala besar. Jenis ikan tuna yang mendominasi di kawasan ini adalah ikan tuna bermata besar, ikan tuna cakalang, dan ikan tuna yellowfin. Hasil ikan laut berupa berbagai jenis ikan tuna di kawasan ini mencapai kurang lebih 25.778 ton pada tahun 2019 yang lalu. 

Ikan tuna merupakan salah satu dari hasil utama perikanan disana yang banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Tidak heran jika di kawasan ini banyak terdapat pabrik pengolahan ikan karena perikanan dan sumber daya lautnya sangat potensial hingga mencapai angka 587 ribu ton. Yang dimanfaatkan baru sekitar 25,04% atau 147ribu ton saja.

2. Nusa Tenggara Timur 

Provinsi yang berada di wilayah timur negara Indonesia ini juga termasuk daerah yang menghasilkan produk perikanan, salah satunya adalah ikan tuna. Hasil tangkapan ikan tuna dari lautan Flores di Nusa Tenggara Timur tersebut biasanya dijual ke pulau-pulau di Indonesia lainnya seperti Bali dan Jawa dan diekspor juga ke beberapa negara lainnya. 

Negara yang mengekspor ikan tuna dari daerah ini antara lain Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Vietnam, China, dan Jepang. Dari data tahun 2019, ikan laut termasuk tuna yang diproduksi dari lautan Flores, NTT mencapai angka 19.000 ton. Oleh karena itu, pemerintah setempat mengelola penangkapan ikan laut terutama tuna agar tidak terjadi eksploitasi. 

3. Sulawesi Selatan 

Selain kawasan Sulawesi Utara, kawasan Sulawesi Selatan juga dikenal sebagai daerah yang menghasilkan beragam jenis ikan laut seperti tongkol, cakalang, tuna, dan lain sebagainya. Di wilayah ini, ikan tuna yang dihasilkan termasuk besar jumlahnya. Faktanya, sebanyak kurang lebih 7.796 ton ikan tuna dihasilkan dari perairan laut Sulawesi Selatan di tahun 2017.

Tak hanya di perairan lautnya saja, di daerah kabupaten yang berada di wilayah Sulawesi Selatan juga menghasilkan ikan tuna yang didominasi oleh jenis sirip kuning. Salah satu kabupaten disana bernama Kabupaten Bulukamba dapat menghasilkan produksi ikan tuna jenis sirip ikan sejumlah kurang lebih 1274,3 ton di tahun 2018.  

Editor terkait:

4. Maluku 

Daerah penghasil ikan tuna selanjutnya adalah Maluku dimana produksi ikan tuna dihasilkan dari lautan Maluku yang masih alami dan asri. Ikan tuna yang hidup di lautan Maluku memiliki ukuran yang besar dan terdiri dari tiga jenis, yakni ikan tuna mata besar, ikan tuna billfish, dan ikan tuna sirip kuning. 

Metode penangkapan ikan tuna dilakukan menyesuaikan peraturan dan prosedur dari Menteri KKP. Produksi ikan tuna segar yang diekspor dari daerah ini mencapai kurang lebih 2,22 ton. Sementara itu, hasil tangkapan ikan tuna dari lautan Maluku bisa mencapai sekitar 6.000 ton dengan total jumlah ribuan ton ikan jika digabungkan dengan spesies ikan yang lain. 

5. Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah juga menjadi daerah yang menghasilkan produksi ikan terbesar di Indonesia sejumlah 8,5 persen setiap tahunnya yang diukur dari total keseluruhan kebutuhan ikan di seluruh wilayah Indonesia. Sumber produksi ikan terbanyak di daerah ini berasal dari Selat Makassar, Teluk Tomini, dan Teluk Tolo.

Jenis ikan yang banyak diproduksi di daerah ini antara lain ikan layang, ikan tembang, ikan kembung, ikan selar, ikan teri, ikan tongkol, dan ikan cakalang. Ikan tuna juga termasuk dalam jenis ikan yang banyak diproduksi disana. Selain itu, terdapat juga biota laut lainnya yang hidup di daerah Sulawesi Tengah seperti rajungan, udang, kerang, cumi-cumi, dan tiram.

6. Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 

Kabupaten Cilacap berada di selatan Jawa yang menghasilkan ikan dalam jumlah besar di kawasan Jawa Tengah. Hasil tangkapan ikannya sekitar 90 ton yang terdiri dari berbagai jenis seperti cumi-cumi, ikan cakalang, ikan tuna, dan lain sebagainya. Penurunan hasil produksi ikan menurun ketika gelombang di perairan laut selatan tinggi saat musim angin barat. 

7. Kabupaten Tegal, Jawa Tengah 

Berada di Jawa Tengah bagian utara dan letaknya dekat Laut Jawa, Kabupaten Tegal dikenal dengan potensi produksi ikan yang besar. Jumlah hasil tangkapan ikan di daerah penghasil ikan tuna ini mencapai 1400 ton per tahun. Daya konsumsi ikan oleh masyarakat setempat setiap tahunnya cukup besar, yakni sekitar 20,4 kg per kapita.  

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo