-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Hutan Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Hutan

Hutan merupakan sebuah daerah dengan tumbuhnya pohon yang sangat banyak, dimana di daerah tersebut terdapat banyak sekali spesies baik tumbuhan maupun hewan. Hutan juga merupakan penyumbang oksigen terbesar di bumi yang dikenal dengan sebutan paru-paru bumi, dimana oksigen ini bisa digunakan manusia untuk proses pernapasan. 

Selain itu hutan juga berfungsi untuk mencegah banjir dengan cara menyerap air menggunakan akar pohon. Berikut adalah 7 daerah penghasil hutan terbesar di Indonesia.

7 Daerah Penghasil Hutan Terbesar di Indonesia

1. Papua (40.546.360 hektar)

Papua merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang berada di bagian Indonesia Timur dan juga sebuah Provinsi dengan Ibukotanya bernama Jayapura. Di Papua masih banyak daerah yang belum dijamah oleh tangan manusia sehingga membuat pulau yang satu ini memiliki luas hutan yang sangat besar dan menjadikannya sebagai daerah dengan hutan terbesar di Indonesia.

Tidak hanya di Indonesia, namun Papua juga merupakan salah satu daerah dengan penghasil hutan terbesar di dunia. Luas hutan di Papua sendiri mencapai 40.546.360 hektar. Dengan luas hutan sebesar itu membuat Papua dijuluki sebagai salah satu paru-paru dunia.

2. Kalimantan Timur (14.651.053 hektar)

Kalimantan Timur merupakan sebuah Provinsi yang berada di Pulau Kalimantan dan berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Kalimantan Timur masuk kedalam Zona Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan juga memiliki hutan yang sangat luas karena belum terlalu banyak pembangunan di Pulau Kalimantan.

World Fund for Nature memasukan 4 hutan yang ada di Pulau Kalimantan sebagai wilayah ekoregion karena wilayah tersebut merupakan hutan hujan. Salah satu hutan yang dipilih dari 4 hutan yang ada di Pulau Kalimantan tersebut berada di Provinsi Kalimantan Timur atau lebih tepatnya di sebuah hutan yang dinamakan Jantung Borneo.

Bahkan menurut World Fund for Nature hutan hujan di Pulau Kalimantan ini lebih tua dibandingkan dengan Hutan Amazon yang berada di Brazil. Luas hutan di Kalimantan Timur sendiri mencapai 14.651.053 hektar.

3. Kalimantan Tengah (15.300.000 hektar)

Kalimantan Tengah merupakan salah satu daerah penghasil hutan terbesar di Indonesia yang berada di Pulau Kalimantan selain Kalimantan Timur. Provinsi dengan Ibukota Palangkaraya ini memiliki sebuah hutan rawa gambut yang menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna di Pulau Kalimantan, dimana hutan tersebut dijadikan Taman Nasional Sabangau oleh pemerintah setempat.

Luas hutan yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah mencapai 15.300.000 hektar dan menjadikannya sebagai daerah dengan hutan terbesar kedua di Indonesia setelah Papua. Selain hutan terdapat beberapa perkebunan di Kalimantan Tengah seperti perkebunan sawit dan karet.

Editor terkait:

4. Kalimantan Barat (9.101.760 hektar)

Kalimantan Barat merupakan salah satu Provinsi yang berada di Pulau Kalimantan dengan Ibukota Pontianak. Luas wilayah Kalimantan Barat adalah 147.307 km dengan luas hutan mencapai 9.101.760 hektar atau sekitar 91.017 km.

Hutan di Provinsi Kalimantan Barat ini masih bersambung dengan beberapa hutan dari Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Dari hutan di ketiga Provinsi tersebut menghasilkan sebuah hutan yang sangat luas dan juga sekaligus menjadi paru-paru bumi yang menghasilkan banyak sekali oksigen yang dibutuhkan oleh umat manusia.

Di Kalimantan Barat sendiri terdapat sebuah hutan yang dijadikan Taman Nasional bernama Betung Kerihun. Taman Nasional Betung Kerihun ini masuk kedalam kategori hutan tropis dan sekaligus menjadi rumah bagi banyak sekali flora, bahkan beberapa diantaranya adalah flora dengan spesies endemik.

5. Riau (9.456.160 hektar)

Riau merupakan sebuah Provinsi yang berada di sebelah timur Pulau Sumatera dan berbatasan langsung dengan Selat Melaka. Terdapat beberapa jenis hutan yang ada di Provinsi Riau mulai dari hutan mangrove, hutan produksi, hutan cagar alam, dan hutan konversi, dimana semua jenis hutan tersebut bisa ditemukan di Kabupaten Siak.

Sedangkan ada dua jenis hutan lainnya yang berada di Kabupaten Kampar. Kedua hutan tersebut adalah hutan adat yang sangat dijaga oleh masyarakat setempat karena didalamnya terdapat tanaman kulim yang menjadi ciri khas dari hutan di Pulau Sumatera. Dari keseluruhan hutan tersebut jika ditotalkan maka luas hutan di Riau mencapai 9.456.160 hektar.

6. Sulawesi Tengah (4.39.832 hektar)

Sulawesi Tengah merupakan sebuah Provinsi yang berada di Pulau Sulawesi dengan Ibukotanya adalah Palu. Provinsi ini memiliki luas hutan mencapai 4.39.832 hektar dan menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki hutan terbesar.

7. Maluku (3.919.617 hektar)

Maluku adalah sebuah Provinsi yang berada di sebelah timur Indonesia. Dengan luas hutan yang mencapai 3.919.617 hektar membuat Maluku menjadi daerah penghasil hutan terbesar di Indonesia yang terakhir. Kekayaan alam Maluku membuat daerah ini menymbang pendapatan negaradari sektor perhutanan.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo