-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Gas Alam

Indonesia termasuk negara yang memiliki potensi besar berupa cadangan gas alam yang tersebar luas di beberapa daerah. Terdapat beberapa daerah penghasil gas alam yang ada di Indonesia dan letaknya sebagian besar di daerah lepas pantai. 

Gas alam sendiri merupakan komponen metana yang asalnya dari endapan tumbuhan dan hewan yang terletak di kerak bumi bagian bawah selama jutaan tahun. 

Daerah Mana Saja yang Merupakan Daerah Penghasil Gas Alam? 

1. Jawa Barat 

Provinsi Jawa Barat termasuk salah satu daerah dengan simpanan gas alam di perut bumi yang melimpah ruah. Produk LNG atau Liquefied Natural Gas merupakan salah satu hasil produk pengolahan gas alam dan menjadi produk andalan di daerah tersebut. Jenis gas alam LNG yang berbentuk cair berfungsi untuk kepentingan industri di dalam negeri. 

Pemerintah mendirikan PT Nusantara Regas untuk mendukung kekayaan potensi terkait gas alam di Jawa Barat. Perusahaan tersebut adalah hasil kerjasama antara PGN atau PT Perusahaan Gas Negara dan PT Pertamina. Terdapat beberapa kabupaten yang menyimpan cadangan gas alam seperti Bekasi, Majalengka, Indramayu, , Subang, dan Karawang.  

2. Sumatera Selatan 

Sumatera Selatan memiliki cadangan gas alam yang melimpah. Kabupaten Musi Banyuasin adalah salah satu daerah di Sumatera Selatan yang merupakan pemasok gas alam paling besar untuk Indonesia. Di tahun 2016, pemerintah Musi Banyuasin membangun pipa saluran untuk gas alam sekitar 10.000 buah yang berguna untuk kebutuhan bahan bakar warganya.

Pemerintah Musi Banyuasin berkomitmen untuk memprioritaskan kesejahteraan bagi para warganya terkait hasil produksi gas alam ini dibandingkan dengan menjualnya pada pihak asing. Akibatnya, penduduk setempat memperoleh sumber energi yang digunakan untuk memasak atau kebutuhan lainnya secara mudah.

3. Kepulauan Riau 

Kepulauan Riau tidak hanya memiliki potensi wisata berupa pantai yang eksotis, melainkan juga merupakan daerah yang mempunyai cadangan gas alam cukup besar. PGN atau PT Perusahaan gas negara melakukan proses penambangan serta pengolahan terkait gas alam yang merupakan sektor industri penting di daerah Riau sehingga kekayaan alamnya melimpah.

Di Kepulauan Riau, Kabupaten Natuna merupakan sumber penyimpanan gas alam yang terbesar. Kabupaten Natuna yang terletak di tengah Laut Cina Selatan tersebut menyimpan cadangan gas alam sebanyak kurang lebih 222 triliun kubik. Karena simpanan cadangan gas alamnya melimpah ruah, kabupaten Natuna pernah hampir direbut oleh Tiongkok.

Editor terkait:

4. Kalimantan Timur 

Provinsi Kalimantan Timur dikukuhkan oleh Kementerian ESDM sebagai salah satu daerah penghasil gas alam di Indonesia. Blok Mahakam adalah salah satu titik paling penting di daerah tersebut karena memiliki simpanan kekayaan gas alam terbesar di Kalimantan Timur. Bahan baku yang digunakan untuk penyangga perekonomian daerah disuplai oleh industri gas alam.

Di dalam perut bumi yang terletak di Kalimantan Timur terdapat cadangan gas alam kurang lebih 13,83 TCF. Gas alam yang melimpah di Kalimantan Timur membantu perusahaan Badak LNG dan Pupuk Kalimantan Timur dalam menyangga perekonomian daerah. Bahkan, Perancis dan Jepang tertarik untuk menggunakan gas alam untuk dukungan kebutuhan warganya.  

5. Papua Barat 

Pemerintah memiliki industri besar yang dibangun di Provinsi Papua Barat, tepatnya di Teluk Bintuni yang merupakan pusat pengolahan gas alam berbentuk cair dan pusat pertambangan bernama LNG Tangguh. Terdapat cadangan gas alam sebanyak kurang lebih 500 miliar meter kubik yang berasal dari perut bumi dan terdapat di LNG Tangguh.

Ada titik lain di Papua Barat selain LNG Tangguh yang menjadi pusat penyimpanan kekayaan gas alam yakni di daerah Kapulanda. Di daerah tersebut tersimpan banyak cadangan gas alam yang bermanfaat dalam hal kesejahteraan masyarakat Indonesia. Daerah tersebut merupakan hasil penelitian dari tim Pertamina EP yang menyimpan cadangan berupa gas alam. 

6. Sulawesi Tengah 

Cadangan gas alam melimpah juga terdapat di Sulawesi Tengah tepatnya di Kabupaten Banggai. Kabupaten tersebut termasuk lokasi yang menjadi sumber penyimpanan gas alam di Sulawesi Tengah. Kecamatan Batui dan Toili yang ada di kabupaten Banggai menyimpan cadangan potensi berupa gas alam sebanyak 1,6 triliun kaki kubik dengan luas 475 km persegi.

PT Pertamina EP membangun dua lapangan gas terbaru di Kabupaten Banggai di bulan September 2016 yang lalu. Sehingga Sulawesi Tengah menjadi daerah penting yang menghasilkan gas alam LNG berbentuk cair. Sulawesi memiliki kegiatan proyek gas alam untuk mempercepat pembangunan perekonomian di Indonesia. 

7. Jambi 

Daerah Jambi yang terletak di Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini juga menjadi daerah penghasil gas alam paling besar di Indonesia. Selain kabupaten tersebut, terdapat juga kabupaten lainnya yang menyimpan potensi gas alam di Jambi yaitu kabupaten Tanjung Jabung Timur., Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Batanghari. 

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo