-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Daerah Penghasil Feldspar Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Feldspar

Ada begitu banyak jenis kekayaan alam yang bisa dihasilkan di Indonesia, salah satunya adalah feldspar. Batuan ini terbentuk atas pembekuan magma yang berasal dari gunung berapi, sehingga hal tersebut membuatnya termasuk ke dalam jenis batuan metamorf. 

Di Indonesia, ada berbagai daerah penghasil feldspar seperti yang ada di uraian berikut ini.

Deretan Daerah Penghasil Feldspar di Indonesia

1. Tapanuli

Daerah pertama yang memiliki potensi tinggi untuk menghasilkan feldspar adalah Kabupaten Tapanuli Selatan yang ada di Sumatera Utara. Daerah ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa banyak, bahkan jumlah feldspar yang bisa ditemukan di tempat ini mencapai 4 ribu ton.

Berdasarkan apa yang sudah diutarakan oleh Departemen Perindustrian pada tahun 2009, daerah ini memiliki potensi tinggi untuk dijadikan sebagai salah satu tempat penambangan feldspar yang paling populer. Karena itulah, tidak mengherankan apabila beberapa tahun belakangan ini daerah ini sering diincar oleh perusahaan yang ingin menambang feldspar. 

2. Lampung

Daerah penghasil feldspar yang kedua berasal dari daerah Lampung. Daerah yang satu ini memiliki potensi yang cukup tinggi untuk dijadikan sebagai sumber tambang yang bermanfaat untuk membantu penghasilan negara. Bagaimana tidak, lahan yang ada di tempat ini dikelilingi oleh gunung berapi yang sangat berpotensi untuk menghasilkan feldspar.

Karena hal tersebut, Lampung pun seringkali dianggap sebagai sentra feldspar yang ada di Indonesia. Untuk lahan penambangannya sendiri terdiri atas 12 juta meter kubik, yang mana hal tersebut memiliki arti bahwa lahan penambangan itu sangat luas dan mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin.

3. Lebak

Banten juga termasuk ke dalam jajaran daerah yang memiliki kekayaan alam dan intan yang begitu mempesona. Bahkan, selain emas daerah ini pun mampu menghasilkan feldspar dalam jumlah yang sangat tinggi setiap tahunnya. Proses penambangan yang ada di daerah ini pun dijalankan dalam waktu yang cukup lama.

Sesuai dengan pernyataan Dinas Pertambangan pada tahun 2007, daerah di Lebak, Banten memiliki potensi tambang feldspar sebesar 30 hektar. Apabila lahan tersebut dijadikan tempat tambang yang baik, maka kemungkinan besar jumlah keuntungan yang bisa diperoleh pun akan sangat menggiurkan setiap tahunnya.

Editor terkait:

4. Bogor

Kota hujan Bogor yang sering disebut sebagai kabupaten dengan pemandangan alam yang begitu indah ini memiliki potensi tambang feldspar yang cukup tinggi. Bagaimana tidak, setiap tahunnya jumlah produksi feldspar yang dihasilkan dari daerah ini mencapai sekitar 1 juta ton lebih dan diperkirakan jumlah tersebut akan tetap naik setiap tahunnya.

Pemerintah pun telah memiliki rencana untuk menggunakan beberapa daerah yang ada di Bogor sebagai tempat tambang feldspar yang bisa diakses oleh beberapa perusahaan yang sudah memperoleh izin dari warga dan pemerintah setempat. Jika proses penambangan dilakukan dengan tepat, maka baik perusahaan ataupun warga pun mampu merasakan keuntungan dari hal tersebut.

5. Garut

Garut memiliki banyak sekali bahan tambang yang berpotensi tinggi untuk dikembangkan. Tidak hanya itu saja, namun jumlah kontribusi barang tambang untuk membantu proses perekonomian Kabupaten Garut pun cukup besar yakni sekitar 0,02% per tahunnya.

Salah satu potensi tambang yang sangat diincar oleh masyarakat adalah feldspar, yang termasuk ke dalam bebatuan dengan nilai jual tinggi. Apabila batu tersebut dimanfaatkan dengan cara yang tepat dan tidak menyimpang dari peraturan yang sudah ditetapkan, maka kemungkinan besar jumlah penghasilan Kabupaten Garut pun akan semakin bertambah.

6. Jepara

Jepara adalah nama kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang juga sering disebut sebagai tempat dengan potensi batu feldspar yang cukup besar. Di daerah ini, penambang mampu menemukan feldspar dalam jumlah yang banyak sebab hal tersebut didukung oleh daerah Jepara yang memang dikelilingi oleh gunung berapi.

Gunung berapi yang ada di Jepara senantiasa melakukan aktivitas fisik setiap tahunnya dan menghasilkan bebatuan feldspar yang jumlah tidak bisa dihitung lagi. Karena hal tersebut, maka tidak mengherankan apabila jumlah bebatuan feldspar yang ada di daerah ini cukup tinggi setiap tahunnya dan bisa digunakan untuk bahan material yang lebih lanjut lagi.

7. Tori-Tori

Salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah yaitu Tori-Tori merupakan kabupaten yang tidak boleh dilupakan begitu saja ketika ingin membahas mengenai potensi feldspar di Indonesia. Sebab, daerah ini memiliki jumlah yang begitu luas untuk dijadikan sebagai tempat penambangan batu feldspar.

Potensi daerah yang bisa dijadikan tambang tersebut seluas 13 juta meter kubik, sesuai dengan apa yang sudah diutarakan oleh Bappeda Sulawesi Tengah. Dengan luas daerah yang sangat luas, maka tidak mengherankan apabila daerah ini dijadikan sebagai tempat mencari feldspar oleh banyak kalangan.

8. Sanggau

Daerahpenghasil feldspar yang terakhir adalah Kabupaten Sanggau. Kabupaten yang berasal dari Kalimantan Barat ini mampu menghasilkan jumlah produksi feldspar dalam hitungan tinggi, yakni sekitar 1,7 juta ton per tahunnya. Jumlah tersebut tentunya cukup memuaskan terlebih daerah ini juga dikelilingi oleh potensi batuan mineral yang lainnya.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo