-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Rumput Laut Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Rumput Laut

Beberapa waktu belakangan ini, rumput laut dijadikan sebagai salah satu bentuk komoditas ekspor yang sangat diunggulkan. Sebab, jumlah produksi rumput laut yang bisa dihasilkan per tahunnya mencapai berjuta-juta ton, dan angka tersebut selalu naik seiring berjalannya waktu. 

Berikut ini adalah daerah penghasil rumput laut yang ada di Indonesia.

Daerah Penghasil Rumput Laut Terbanyak di Indonesia

1. Nusa Tenggara Timur

Berdasarkan data yang sudah dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, jumlah total produksi rumput laut yang ada di Nusa Tenggara Timur terdiri atas volume yang sangat besar. Pada tahun 2007 hingga 2016 saja, rumput laut di Nusa Tenggara Timur mencapai kurang lebih 2 juta ton lebih dan jumlah itu tetap mengalami perkembangan yang signifikan.

Luas daerah Nusa Tenggara Timur yang sangat lebar menjadi salah satu faktor pendukung produksi rumput laut. Kualitas rumput laut yang dihasilkan oleh provinsi ini juga sangat bagus dan tidak memiliki kekurangan yang terlalu menonjol, sehingga para konsumen luar negeri pun menjadikan provinsi ini sebagai salah satu tempat utama untuk mendapatkan rumput laut.

2. Nusa Tenggara Barat

Selain Nusa Tenggara Timur, provinsi yang dekat dengan daerah tersebut yakni Nusa Tenggara Barat juga terkenal sebagai provinsi yang mampu menghasilkan rumput laut dalam jumlah yang tinggi. Perkembangan produksi rumput laut di provinsi ini berjalan dengan sangat memuaskan, sehingga pemerintah pun mengerahkan segala daya agar proses produksi berjalan optimal.

Pada tahun 2016, jumlah produksi rumput laut di Nusa Tenggara Barat mencapai jumlah sekitar 900 ribu ton. Jumlah tersebut tentunya sangat fantastis, mengingat bahwa provinsi ini memiliki luas daerah yang cukup kecil apabila dibandingkan dengan provinsi lain yang ada di sekitarnya. Karena itulah, tidak heran bahwa provinsi ini mampu mengekspor rumput lain dalam jumlah yang banyak.

3. Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah adalah provinsi yang mampu memanfaatkan segala potensi budidaya alam yang ada di sekitarnya dengan maksimal. Dalam urusan memproduksi rumput laut, Sulawesi Tengah juga terkenal mampu menghasilkan rumput laut dengan kualitas yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Banyak konsumen yang memburu rumput laut yang merupakan hasil dari Sulawesi Tengah.

Daerah utama yang mampu memproduksi rumput laut di Sulawesi Tengah berada di Kabupaten Parigi Moutong. Bagaimana tidak, kabupaten ini bisa memproduksi komoditas rumput laut dalam jumlah yang tinggi yakni sekitar 13 ribu ton pada tahun 2019. Jumlah tersebut apabila digabungkan dengan daerah lain di Sulawesi Tengah akan menciptakan nilai yang sangat tinggi.

Editor terkait:

4. Sulawesi Tenggara

Daerah penghasil rumput laut lain yang ada di Indonesia berasal dari Sulawesi Tenggara. Provinsi yang satu ini memiliki potensi yang sangat tinggi terlebih pada sektor perikanan. Sektor tersebut juga mencakup usaha pengembangan budidaya rumput, dan setiap tahunnya provinsi ini mampu memproduksi berjuta ton yang melimpah.

Pada masyarakat pesisir Sulawesi Tenggara, rumput laut dijadikan sebagai salah satu andalan untuk menopang ekonomi mereka. Nilai jual rumput laut memang termasuk tinggi, sehingga tidak salah apabila masyarakat tersebut menjadikannya sebagai salah satu mata pencaharian utama. Pada tahun 2013, jumlah rumput laut yang dihasilkan tidak kalah dengan provinsi lainnya.

5. Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang masuk ke dalam peringkat provinsi yang mampu memproduksi rumput laut terbesar di Indonesia. Produksi rumput laut itu mengalami peningkatan yang sangat baik setiap tahunnya, meskipun hasil perikanan masih menjadi komoditas utama yang ada di provinsi tersebut. 

Berdasarkan informasi yang sudah disampaikan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Sulawesi, pada triwulan pertama tahun 2021 ini, provinsi tersebut telah menghasilkan rumput laut sebesar 935 ton. Jumlah tersebut tersebar di hampir seluruh kabupaten atau kota yang ada di Sulawesi Selatan, sehingga tidak heran apabila jumlahnya selalu naik sepanjang waktu. 

6. Jawa Timur

Jawa Timur pun termasuk ke dalam jajaran provinsi yang memiliki tempat penangkaran rumput laut terbesar di Indonesia. Meskipun tidak sekaya provinsi lainnya, namun rumput laut yang berasal dari Jawa Timur tidak bisa diabaikan begitu saja. Sebab, pemerintah telah mengerahkan segala daya agar potensi rumput laut dapat dimanfaatkan dengan baik.

Pada tahun 2016, jumlah produksi rumput laut yang ada di Jawa Timur mencapai 645 ton, sebuah peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 608 ton saja. Dari peningkatan tersebut, dapat dilihat bahwa proses produksi rumput laut di Jawa Timur mengalami perkembangan yang sangat signifikan, sebab didukung oleh beberapa faktor lain seperti perluasan lahan budidaya.

7. Kepulauan Seribu

Daerah produksi rumput laut yang terakhir adalah Kepulauan Seribu. Sejak dahulu, kepulauan yang ada di Jakarta ini menjadi daerah utama pembudidayaan rumput laut sebelum terjadi krisis moneter.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo