-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daerah Penghasil Sayuran Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Sayuran

Proses produksi pertambangan akhir-akhir ini semakin mengalami kondisi yang cukup mengkhawatirkan, karena cadangan gas dan minyak bumi sudah semakin menipis. 

Karena itulah, pemerintah pun mulai mengalihkan fokus untuk komoditas sayur-sayuran yang ada di Indonesia. Berikut adalah daerah penghasil sayuran yang patut untuk diketahui.

Daerah Penghasil Sayuran di Indonesia

1. Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan merupakan provinsi di luar pulau Jawa yang mampu menghasilkan sayuran ke dalam jumlah yang fantastis. Kondisi geografisnya yang dikelilingi oleh hutan dan pegunungan membuat sayur-sayuran tumbuh dengan baik di daerah ini, berbeda dengan daerah lain yang memiliki gedung-gedung banyak.

Provinsi ini terkenal dengan sayuran cabai yang melimpah. Berdasarkan data yang sudah ditampung oleh Badan Pusat Statistik, pada tahun 2020 provinsi Kalimantan Selatan telah menghasilkan cabai besar dalam jumlah sekitar 12 ribu ton. Cabai besar tersebut sering dijadikan sebagai bahan ekspor untuk dikirimkan ke luar negeri.

2. Jawa Timur

Bisa dibilang, Jawa Timur adalah provinsi yang memiliki daerah penghasil sayuran paling besar di seluruh Indonesia. Bagaimana tidak, provinsi ini mampu menghasilkan berbagai jenis sayuran dalam jumlah yang besar setiap tahunnya. Terlebih, Jawa Timur juga diberkati oleh kondisi geografis yang sangat menguntungkan sehingga segala jenis sayuran dapat tumbuh dengan mudah.

Pada tahun 2020, Jawa Timur menduduki peringkat pertama sebagai provinsi dengan produksi sayuran yang paling banyak. Bahkan jumlah produksi tersebut tidak bisa dibandingkan dengan provinsi lain yang ada di Jawa. Untuk total produksi bawang merah saja, provinsi ini menghasilkan 454 ribu ton dan total produksi kentang mencapai 354 ribu ton.

3. Jawa Barat

Tidak kalah dengan Jawa Timur, Jawa Barat pun menduduki peringkat yang tinggi dalam ranking daerah produsen sayuran di Indonesia. Ada begitu banyak potensi jenis tanaman sayuran yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat dan sayuran yang dihasilkan dari provinsi ini tidak bisa dibilang murahan karena bentuknya yang sangat segar dan terbukti dirawat dengan baik.

Jenis tanaman sayuran paling populer di Jawa Barat adalah kubis, sebab pada tahun 2020 lalu provinsi ini menghasilkan tanaman kubis sebesar 248 ribu ton. Jumlah tersebut diikuti oleh total produksi kentang yang mencapai 196 ribu ton. Tidak hanya kedua sayuran itu saja, namun masih ada banyak jenis sayuran yang mampu dihasilkan dalam jumlah yang tinggi.

Editor terkait:

4. Jawa Tengah

Pulau Jawa memang menjadi sentra sayuran yang ada di Indonesia. Mengingat pulau ini memiliki banyak gunung berapi yang seringkali meletuskan material yang ada di dalamnya, hal tersebut membuat pulau ini memiliki banyak tempat untuk mengembangbiakkan sayuran. Terlebih di Jawa Tengah, sayuran tersebut diproduksi dengan penuh perhitungan.

Berdasarkan data yang sudah ada, Jawa Tengah memegang posisi tertinggi dalam proses produksi bawang merah. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah produksi bawang merah pada tahun lalu yang mencapai 611 ribu ton, tertinggi dari jumlah produksi bawang merah di seluruh provinsi. Karena hal tersebut, banyak daerah di Indonesia yang menjadikan Jawa Tengah sebagai sentra bawang merah.

5. Sumatera Barat

Tidak hanya di pulau Jawa saja, namun Sumatera Barat juga terbukti memiliki daerah yang mampu menghasilkan sayuran yang banyak. Ada berbagai macam jenis sayuran yang biasa diproduksi di tempat ini, salah satunya adalah kubis. Provinsi ini mampu menghasilkan kubis dalam total produksi sekitar 211 ribu ton per tahunnya.

Tidak hanya kubis saja, namun Sumatera Barat juga terkenal sebagai provinsi yang menghasilkan tomat dan cabai besar. Total produksi tomat per tahun yang mereka raih adalah 113 ribu ton, sementara total produksi cabai besar yang biasa diperoleh setiap tahunnya adalah 133 ribu ton. Jumlah yang menakjubkan mengingat daerah ini memiliki kapasitas yang besar.

6. Sulawesi Utara

Sulawesi Utara terkenal akan olahan sayuran yang lezat dan menyulut perhatian para wisatawan ketika mengunjungi provinsi ini. Hal tersebut karena provinsi Sulawesi Utara menjadi produsen sayuran di Indonesia yang sangat populer dan sayuran yang mereka hasilkan pun seringkali diekspor ke luar negeri.

Jenis sayuran yang paling banyak dihasilkan di pulau ini adalah labu siam. Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik, jumlah produksi labu siam yang berasal dari Sulawesi Utara sebanyak 28 ribu ton per tahunnya. Hal tersebut sangat membantu proses perekonomian provinsi ini sehingga mereka tidak kesulitan lagi.

7. Jambi

Daerah penghasil sayuran di Indonesia yang terakhir terletak di provinsi Jambi. Hampir sama dengan provinsi yang lainnya, Jambi pun menghasilkan sayuran dalam berbagai jenis dan kualitas yang mereka miliki pun sangat memuaskan. Mereka terkenal menghasilkan cabai besar dalam jumlah yang tinggi yakni 47 ribu ton pada tahun 2020.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik lain di Lima Kilo