-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Alami Mengencangkan Payudara Kendur Versi SehatQ


Memiliki payudara yang kencang walaupun usia terus bertambah tentu sudah menjadi impian semua wanita. Namun, hal ini tidak selalu dimiliki secara alami oleh para wanita. Terdapat beberapa hal yang dapat membuat jaringan penyangga payudara kehilangan elasitasnya sehingga payudara kendur.

Beberapa hal yang mempengaruhi elastisitas payudara diantaranya, pertambahan usia, kebiasaan merokok, kekurangan vitamin C, menopause, pertambahan berat badan, faktor gravitasi, kehamilan, kekurangan kolagen, dan lain sebagainya.

Pada ibu hamil, payudara lebih berisi dan membesar yang membuat ligament penopang payudara meregang sehingga membuat payudara kendur beberapa bulan setelah melahirkan, baik menyusui maupun tidak. Lalu bagaimana cara agar payudara dapat kembali kencang? Yuk simak pembahasan berikut!

1. Latihan Ringan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan latihan ringan yang berfokus pada jaringan payudara dan otot yang ada di sekitar dada. Latihan ini diantaranya push up dan chest press and pulls.

Untuk chest press and pulls bisa Anda lakukan dengan menarik kedua tangan ke belakang lalu gerakkan ke depan sehingga menghimpit payuudara. Gunakan bra khusus untuk olahraga selama latihan ini agar lebih nyaman dan hasil maksimal.

2. Pijat dengan Minyak Zaitun

Teknik ini sudah dikenal baik untuk mengencangkan payudara. Kandungan antoksidan dan asam lemak pada minyak zaitun dapat memperbaiki kerusakan oleh radikal bebas dan dapat mencegah payudara menjadi kendur.

Caranya cukup mudah, gosokkan minyak zaitun pada payudara secara lembut sampai terasa hangat atau selama 15 menit. Anda bisa melakukan ini empat sampai lima kali dalam seminggu.

3. Gunakan Putih Telur

Anda bisa menggunakan putih telur untuk mengencangkan payudara. Caranya mudah, cukup kocok 1 putih telur sampai berbusa lalu oleskan pada payudara dan biarkan 30 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan ini seminggu sekali.

4. Pijat dengan Gel Lidah Buaya

Kandungan antioksidan pada lidah buaya bisa mencegah kerusakan oleh paparan radikal bebas sehingga dapat mempertahankan elastisitas payudara. Pijat payudara dengan lembut dan melingkar menggunakan gel lidah buaya selama 10 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat dan lakukan cara ini empat sampai lima kali dalam seminggu.

5. Perawatan dengan Masker Mentimun dan Kuning Telur

Apabila Anda seorang ibu yang baru melahirkan dan mengalami payudara kendur, Anda dapat mencoba cara ini untuk mengencangkan kembali payudara Anda. Anda dapat membuat masker alami dari mentimun dan kuning telur. Karena menggunakan bahan alami, cara ini sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Caranya mudah, haluskan mentimun lalu campurkan dengan kuning telur dan oleskan pada payudara. Tunggu sampai benar-benar kering lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

6. Pijat dengan Es

Suhu dingin dari es membuat jaringan kulit akan berkontraksi, dimana itu dapat menjaga payudara tetap kuat. Ambil beberapa es batu lalu bungkus dengan kain. Pijat payudara menggunakan itu selama 15 menit. Anda bisa mengulanginya dua kali sehari agar elastisitas kulit payudara kembali.

7. Pakai Bra yang Tepat

Cara terakhir ini cukup penting loh. Hal ini dapat membantu menjaga bentuk payudara. Pakailah bra sesuai ukuran Anda, jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Jika sedang latihan atau olahraga pakailah bra khusus olahraga, karena dapat mencegah kerusakan ligamen yang memicu payudara kendur karena olahraga.

Itulah beberapa cara untuk mengencangkan payudara secara alami. Karena mengunakan cara yang alami tentu hasil tidak dapat didapat dalam sekejap mata. Meski begitu, cara di atas sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping sehingga tidak akan ada direktori penyakit lain yang muncul.