-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Firewall di Windows 10 Dengan Mudah

Ada macam-macam pengaturan jaringan di Windows yang setiapnya memiliki fungsi berbeda-beda. Namun, secara tujuan masih sama, yaitu untuk konfigurasi komputer saat terhubung ke internet.

Salah satu dari pengaturan tersebut adalah Firewall. Firewall adalah pengaturan jaringan yang memungkinkan Windows bisa memblokir koneksi dari suatu program tertentu. Contohnya seperti game, aplikasi, dan lain-lain sejenisnya.

Tujuan dari pemblokiran tersebut salah satunya untuk menghindari virus atau malware yang mungkin saja ada di programnya. Meskipun mungkin terdengar bermanfaat, Firewall terkadang harus kita matikan untuk beberapa alasan.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk mematikan Firewall, serta alasan kenapa kita harus mematikan Firewall.

Alasan Mematikan Firewall


Firewall bermanfaat untuk memblokir program, serta menghindari resiko komputer atau laptop terkena malware. Meskipun demikian, kadang ada juga false detect, dimana Firewall justru memblokir program yang sering kita pakai.

Misalnya seperti browser. Tentunya kita sering memakai browser untuk internet. Namun ketika Firewall memblokir browser, browser tersebut bisa saja malah jadi memunculkan pesan error. Salah satunya seperti “tidak dapat dijangkau” seperti yang saya kutip dari Uplotify.id.

Atau contoh lain adalah Antivirus. Seperti yang kita tahu, Antivirus berfungsi untuk menjaga komputer dari malware. Dan Antivirus ini wajib diupdate secara berkala.

Ketika Firewall memblokir Antivirus, secara otomatis fungsi update akan mati. Dan resiko komputer atau laptop terkena malware varian baru akan semakin tinggi.

Cara Mematikan Firewall di Windows 10


Untuk mematikan Firewall tidaklah sulit. Firewall ini pada dasarnya berbentuk program yang bisa kita akses pengaturannya.

Berikut cara untuk mematikan Firewall di Windows 10:

Langkah 1: Pertama ketik di kolom pencarian, Firewall. Kemudian buka aplikasi Firewall with Advanced Security.



Langkah 2: Kalau sudah, klik menu Action di bagian atas, kemudian pilih opsi Properties.



Langkah 3: Maka kamu akan diarahkan ke halaman Domain Profile. Pada opsi Firewall State, ganti opsi dari ON ke OFF.



Langkah 4: Lakukan hal yang sama pada tab Private Profile dan Public Profile. Dengan demikian fungsi Firewall di Windows 10 akan mati.

Cara Mematikan Firewall di Windows 10 (Metode Kedua)


Selanjutnya ada cara kedua untuk mematikan Firewall di Windows 10. Untuk cara ini bisa dikatakan lebih mudah. Silahkan kamu ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1: Pertama kamu klik tombol Windows + R > Ketik Firewall.cpl > Kemudian klik OK.



Langkah 2: Maka kamu akan diarahkan ke halaman Windows Defender Firewall. Silahkan klik Turn Windows Firewall to ON or Off.

Langkah 3: Di menu Customize Settings Firewall, silahkan kamu ganti pengaturan Firewall ke opsi Turn Off. Dengan demikian fungsi Firewall di Windows akan mati.



Disarankan untuk restart / matikan komputer atau laptop kamu terlebih dahulu, setelah melakukan pengaturan ini.

Cara Menyalakan Firewall Kembali


Untuk mengaktifkan Firewall kembali tidak sulit. Kamu cukup ulangi langkah-langkah yang sudah dijelaskan tadi.

Kemudian atur pengaturan Firewall yang tadinya OFF ke ON. Setelah Firewall menyala, silahkan restart atau matikan komputer.

Kapan Firewall Harus Dinyalakan Kembali?


Setelah kamu mematikan Firewall, dan kamu selesai memakai program yang diinginkan, maka disarankan agar pengaturan Firewall diaktifkan kembali.

Alasannya tentu supaya komputer atau laptop tidak mudah terkena malware.

Penutup


Mematikan Firewall bisa dilakukan kalau kamu sedang butuh menjalankan program tertentu, tapi Firewall justru memblokir program tersebut. Pengaturan Firewall ini dibuat berdasarkan Windows 10. Tapi panduannya bisa kamu terapkan juga Windows 8.