-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Ragum dan Fungsinya


Ragum atau penjepit dalam sebuah alat bantu yang banyak dipasang pada mesin yang berfungsi dalam menjepit bagian benda kerja untuk dilakukan pengikiran, pemotongan, dan lain sebagainya. Tentu saja dengan adanya bagian tersebut, hasil yang akan didapat selama prosesnya akan menjadi lebih rapi seperti yang diinginkan. Selain itu, di berbagai dunia industri terdapat jenis ragum dan fungsinya yang sangat berbeda. 

Jenis Ragum dan Fungsinya yang Banyak Orang Gunakan untuk Berbagai Keperluan

Di dalam sebuah pekerjaan tertentu, pastinya membutuhkan beberapa alat yang berbeda. Begitu juga dengan pemotongan, ragum yang hendak digunakan juga berbeda tergantung dengan jenis potongan seperti apa yang diinginkan oleh operator mesin. Selain jenis potongannya, terdapat beberapa faktor lain yang menentukan dalam penggunaan jenis ragum berbeda. Saat ini, terdapat beberapa jenis ragum yang umumnya selalu digunakan pada beberapa industri. Berikut jenis ragum dan fungsinya yang bisa Anda dapati.

1. Ragum Biasa

Salah satu jenis ragum yang dapat mempermudah pekerjaan seorang operator dalam memotong benda kerja adalah Ragum Biasa. Jenis ini tergolong paling sederhana baik itu desainnya serta cara menggunakannya. 

Akan tetapi, untuk cara pemasangannya harus diperhatikan dengan baik. Dengan cara mengikat pada bagian mesin, Anda juga harus memperhatikan beberapa bagian lainnya  agar terpasang secara tepat dan lurus. Hal ini dikarenakan untuk mengurangi atau menghindari hasil pemotongan yang kurang baik sesuai dengan yang diinginkan. 

2. Ragum Putar

Ragum putar merupakan salah satu jenis ragum yang juga banyak orang gunakan di berbagai macam industri. Ragum ini memiliki ciri yaitu rahang penjepit bisa diputar sesuai yang dibutuhkan. 

Perbedaan dari ragum biasa dengan jenis ini adalah pada bagian alasnya. Alas pada ragum putar bisa diputar secara horizontal 306o sesuai dengan kebutuhan. Sehingga ragum jenis ini banyak orang butuhkan apabila ingin memotong di berbagai sudut. 

3. Ragum Universal

Apabila Ragum Putar memiliki alas yang bisa diputar sebesar 360o, ragum universal juga memiliki kemampuan tersebut. Akan tetapi, yang membedakan adalah jenis ini bisa diputar juga secara vertikal. 

Selain itu, ragum universal juga memiliki dua jenis lainnya yang bisa Anda fungsikan sesuai dengan kebutuhannya, diantaranya yakni ragum universal 2 aksis dan ragum universal 3 aksis. Pastinya kedua jenis ragum universal ini memiliki kelebihannya masing-masing. 

Untuk Ragum Universal 2 aksis adalah sebuah ragum yang memiliki dua sumbu, vertikal dan horizontal. Untuk alasnya sendiri bisa diputar dengan besar sudut hingga 360o, akan tetapi ketinggian sudut vertikal yang bisa dilakukan oleh alat ini hingga sebesar 90o. 

Sedangkan untuk Ragum Universal 3 aksis adalah ragum yang banyak orang gunakan untuk memotong objek kerja secara horizontal dan vertikal. Meskipun bisa diputar 360o pada bagian alasnya, namun yang membedakan dari 2 aksis adalah sudut vertikal yang bisa dihasilkan 90o, baik itu secara membujur atau melintang. Sehingga ragum universal ini lebih banyak digunakan daripada jenis lainnya sebab fungsinya yang sangat flexible. 


Itulah beberapa jenis ragum dan fungsinya yang sangat berbeda. Tentunya dengan berbeda fungsi tersebut, berbeda juga penggunaan atau cara menggunakannya. Meskipun berbeda jenis dan fungsi, namun sistem kerja ragum tersebut umumnya sama dan tidak jauh dengan yang lainnya. Semoga artikel ini dapat menjadi sebuah referensi yang sedang Anda cari mengenai jenis ragum yang telah banyak orang gunakan di berbagai macam industri.