-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daerah Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia

Penghasil Nikel

Nikel merupakan sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Penghasilan Nikel yang banyak saat ini dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia. Adanya beberapa daerah penghasil Nikel di Indonesia ini membuat ramai pasar investasi dunia.

Daerah Penghasil Nikel terbaik di Indonesia yang mendunia

1. Halmahera Timur

Halmahera timur ini terdapat di Maluku Utara. Daerah ini menjadi penghasil sumber daya Nikel terbanyak di Indonesia. Di daerah ini juga terdapat pabrik yang mengolah Nikel yaitu Pabrik Smelter. 

Sepanjang tahun, banyak dari para investor lokal maupun investor asing menawarkan diri untuk berinvestasi di daerah penghasil tambang Nikel di Indonesia ini. Selain itu beberapa perusahaan pun mulai menawarkan diri untuk membuka tambang Nikel di sekitar daerah ini. 

Terdapat 12 unit perusahaan yang berdiri di daerah tersebut untuk beroperasi dan mengolah Nikel secara langsung. Total penghasilan Nikel di Halmahera Timur ini yaitu sebesar 11.890.645 ton setiap tahunnya.

2. Sorowako

Ketersediaan Nikel di daerah ini cukup tinggi. Terdapat perusahaan yang mengolah Nikel di sekitar daerah ini. Perusahaan ini adalah perusahaan yang mengolah Nikel terbesar di dunia. Sorowako adalah daerah penghasil nikel dengan total sebesar 73.000 ton dalam setahun. 

Perusahaan tambang Nikel di daerah ini berencana untuk meningkatkan penghasilan Nikel sebesar 10.000 ton untuk tahun depan. Daerah ini menghasilkan Nikel terbesar semenjak tahun 2018 lalu, dan akan terus meningkatkan penghasilannya setiap tahun.

Hasil dari produksi Nikel di daerah Sorowoko ini diekspor hingga ke Jepang. Beberapa perusahaan di daerah ini menjalin kerja sama dengan perusahaan di Jepang. 

Selain itu banyak investor yang datang menawarkan investasi di beberapa perusahaan penghasil Nikel terbesar di Daerah ini. Dimana penggunaan Nikel ini yaitu banyak digunakan sebagai bahan pembuatan baterai.

Editor terkait:

3. Morowali

Sulawesi Tengah tepatnya di daerah Morowali adalah salah satu daerah penghasil Nikel di Indonesia dalam jumlah besar. Daerah ini menghasilkan Nikel sebesar 1 juta ton pertahunnya. Pada setiap pabrik yang ada di daerah ini menghasilkan Nikel dalam jumlah yang berbeda-beda.  

Terdapat beberapa pabrik tambang Nikel di daerah ini. Setiap pabrik menghasilkan Nikel yang selalu meningkat setiap tahunnya. 

Banyak investor yang berebut untuk menanamkan modal di pabrik-pabrik tersebut. Pabrik-pabrik tersebut adalah PT Indonesia Guang Ching Nickel and Stainless Steell Industry, PT Tsingshan Steel Indonesia, ada PT Indonesia Tsingsan Stainless Stell, PT Indonesia Ruipu Nickel and Chrome Alloy dan ada PT. Sulawesi Mining Investment. 

4. Pulau Gag

Di Papua Barat terdapat daerah bernama Pulau Gag. Pulau ini terkenal karena dapat menghasilkan Nikel dalam jumlah yang banyak dalam satu tahunnya. Pengolahan Nikel di Pulau ini terdapat di sebuah pabrik Aneka Tambang PT. Gag Nikel. Pabrik ini dapat menampung sebesar 40.000 ton Nikel dalam satu tahun.

Selain banyak, kandungan Nikel yang ada di pulau Gag ini memiliki kualitas yang sangat bagus dan baik. Pemerintah mengandalkan pulau indah ini untuk memproduksi barang-barang dalam dunia industri. 

Di Indonesia Nikel yang melimpah ini selain di gunakan di pabrik industri, Nikel ini juga dapat digunakan untuk pembuatan mobil listrik. Daerah penghasil Nikel di Indonesia terbesar ini menghasilkan 1.8 juta ton nikel pada tahun 2019. Dan terus meningkat pada tahun 2020 yaitu sekitar 30 juta ton.  

Baca juga konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik di lima kilo