Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daerah Penghasil Kerajinan Emas Terbesar di Indonesia

Penghasil kerajinan emas

Bisa dikatakan bahwa emas merupakan salah satu media investasi jangka panjang terbaik yang ada saat ini. Hal ini  dikarenakan oleh, harga emas cenderung lebih stabil. Pada tahun 2020 Indonesia masuk kedalam jajaran Negara penghasil emas terbanyak di dunia yang dinyatakan oleh BBC, hal ini terjadi karena sudah banyak. Daerah Penghasil Kerajinan Emas di Indonesia yang mulai berkembang.

Daftar daerah penghasil kerajinan emas terbanyak dan terbaik di Indonesia

1. Sekarbela

Daerah Nusa Tenggara Barat memang memiliki daya tarik pariwisata yang menjanjikan khususnya pulau Lombok. Namun banyak yang belum mengetahui bahwa terdapat sebuah tempat yang mengembangkan kerajinan Emas di daerah wisata ini. nama daerah tersebut adalah Sekarbela. Lokasi tempat ini berada di Kota Mataram, NTB.

Daerah ini memang sudah lama mengembangkan kerajinan Emas tepatnya pada tahun  1800an. Namun mulai berkembang dengan cukup pesat beberapa tahun terakhir, kenapa tempat ini cukup potensial karena pendapatan masyarakat dari sektor ini bisa di katakana sangat tinggi.  Pada tahun 2019 saja pendapatan rata-rata masyarakat per bulannya mencapai Rp 100.000.000 bahkan lebih.

Artikel terkait: daerah penghasil lukis kaca

2. Desa Celuk Gianyar

Siapa yang tidak kenal dengan daerah Bali, sebuah tempat dengan pesona alamnya yang sangat indah dan bahkan sudah terkenal ke manca Negara. Namun selain objek wisatanya, Bali juga memiliki daya tarik lain yakni kerajinan Emasnya yang terkenal bagus. Nama daerah di Bali yang mengembangkan kerajinan emas adalah Desa Celuk Gianyar.

Desa ini sudah mengembangkan kerajinan emas sejak tahun 1976 dan tetap bertahan sampai saat ini. Harga jual kerajinan emas di tempat memang cukup tinggi, mengingat Bali sendiri merupakan daerah wisata Internasional. Perkembangan sektor kerajinan emas di tempat ini berbanding lurus dengan pengembangan sektor pariwisatanya.

Artikel terkait: daerah penghasil mangan

3. Tanjung Batu

Salah satu daerah Penghasil Kerajinan Emas di Indonesia yang memang sudah terkenal dari dulu adalah Tanjung Batu.  Tempat ini memang memiliki ciri khas dengan kerajinan emas yang dimiliki, selain membuat kerajinan masyarakat di tempat ini juga menyediakan jasa pengolahan Emas dengan system Take Away.

Dalam proses pembuatan kerajinan emas, biasanya pengrajin bisa membuat  bermacam-macam bentuk kerajinan. Dalam satu kali pemesanan pengerajin emas di tempat ini mampu membuat 20-50 bentuk kerajinan dengan total berat mencapai 340 gram. Total ini hanya sebagian kecil dari jumlah benda yang mampu diproduksi oleh pengerajin emas disini.

Artikel terkait: daerah penghasil pala

4. Mimika

Tidak mengherankan bila daerah ini disebut-sebut sebagai daerah penghasil kerajinan emas terbesar di Indonesia. Karena Mimika Papua sendiri merupakan daerah yang memiliki tambang emas terbesar dan menjadi pulau penghasil emas terbesar di Indonesia.  Sebagian besar masyarakat di sini memang sudah biasa mengolah emas menjadi kerajinan dengan nilai seni yang tinggi.

Artikel terkait: daerah penghasil rotan

Tidak hanya itu, hasil tambang emas Freeport yang ada di tanah Papua digadang-gadang pada tahun 2021 mampu mencapai angka 1,4 juta ton. Sebuah angka yang fantastik bukan?. Hal inilah yang mendorong masyarakat untuk memanfaatkan peluang yang ada disini untuk membuat kerajinan berbahan baku emas. Kualitas kerajinan emas di daerah ini memang sudah terkenal dari dulu. 

Setelah adanya pembaharuan dalam pembagian saham Freeport baru-baru ini membuat pengerajin emas di tempat ini lebih memiliki peluang untuk mengembangkan potensi emas yang ada. Bila peluang ini tidak dimanfaatkan sebaik mungkin maka sebutan untuk daerah Mimika sebagai Daerah Penghasil Kerajinan Emas di Indonesia terbesar juga akan hilang. 


Daerah Penghasil Kerajinan Emas - Lima kilo

Posting Komentar untuk "4 Daerah Penghasil Kerajinan Emas Terbesar di Indonesia"