Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Daerah Penghasil Kopi Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Kopi di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki tanah subur dan mudah ditanami berbagai jenis tumbuhan perkebunan. Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menanam serta mengolah pohon kopi yang mana memiliki nilai ekonomi tinggi. Indonesia juga dikenal sebagai negara penghasil kopi berkualitas yang telah diakui dunia. Berikut ini adalah nama-nama daerah penghasil kopi di Indonesia.

Nama-Nama Daerah Penghasil Kopi di Indonesia yang Telah Mendunia

1. Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara memiliki beberapa jenis kopi berkualitas yang terkenal hingga ke luar negeri. Sebut saja kopi Sidikalang atau kopi Mandailing yang telah mendunia hingga dijajakan oleh salah satu café di Negeri Paman Sam. Untuk secangkir kopi yang wangi ini dihargai sebesar seratus ribu dollar Amerika. Bahkan tidak jarang jika kopi ini dijadikan unggulan di beberapa coffee shop.


2. Jawa Timur

Jawa Timur merupakan daerah penghasil kopi kedua di Indonesia. Provinsi Jawa Timur menghasilkan banyak kopi unggulan yang banyak digemari oleh pecinta kopi seperti kopi Blawan, Jampit dan Kayu Mas. Berbeda dengan kopi Sumatra atau Sulawesi, kopi dari Jawa Timur diproses dalam keadaan basah sehingga menghasilkan rasa kopi yang lebih kuat dan warna yang pekat.  


3. Bengkulu

Adalah Bengkulu sebagai penghasil kopi paling banyak pada tahun 2019. Bengkulu mempunyai perkebunan kopi seluas 95,3 hektar yang didominasi kebun kopi robusta dan sisanya adalah arabika. Kopi Bengkulu sebagian besar adalah jenis robusta dan sebagian lainnya adalah Liberika dan arabica. Jenis kopi robusta Bengkulu ini telah menyumbang komoditi ekspor kopi sebanyak 70%.


4. Lampung

Tidak kalah dengan Bengkulu, Lampung juga menjadi daerah penghasil kopi tertinggi di Indonesia. Sudah bukan rahasia lagi jika Lampung menghasilkan kopi robusta berkualitas yang telah dikenal seluruh pelosok negeri dan mancanegara. Kopi Lampung memiliki bau wangi yang has dan bubuk kopinya sangat halus.


5. Aceh

Daerah penghasil kopi di Indonesia yang sudah diketahui banyak khalayak adalah Aceh. Mendengar nama Aceh pasti tak lepas dengan jenis kopi unggulannya yaitu Gayo Aceh. Kopi Gayo Aceh ini memiliki rasa nikmat dan aroma yang wangi, bahkan pada 2010 kopi ini diakui sebagai kopi terenak di dunia oleh Conference Of Coffee Science.


6. Bali

Kintamani merupakan daerah yang menghasilkan variasi kopi terbaik di Bali. Kopi Kintamani Bali ini mempunyai rasa dan aroma khas seperti jeruk karena perkebunannya berada di lereng Gunung Batur dan menggunakan tanah vulkanis dari gunung berapi. Maka tidak heran jika kopi ini mendapatkan sertifikasi internasional karena rasanya yang unik dan mendunia. 


7. Toraja

Toraja adalah daerah yang wajib dimasukkan dalam daftar penghasil kopi terbaik di Indonesia. Kopi tana Toraja bahkan menjadi kopi favorit di Eropa, karena cita rasa pahit namun terasa lembut di akhir. Toraja menghasilkan dua varian kopi yaitu robusta dan arabica.

8. Flores

Flores mampu menghasilkan biji kopi berkualitas dengan rasa yang unik. Letak Flores yang berada diantara dua benua beriklim berbeda membuat biji kopi yang dihasilkan sangat kaya rasa seperti kacang, hazelnut atau coklat. Selain itu, proses panen dan penghalusan biji yang sangat selektif membuat kopi Flores sangat istimewa.

Itulah beberapa daerah penghasil kopi di Indonesia yang mampu menghasilkan kopi dengan rasa yang unggul. Rasa dan wangi kopi daerah yang khas tak hanya populer di Indonesia namun juga mampu merambah pasar internasional.


Daerah Penghasil Kopi di Indonesia - Lima kilo

Posting Komentar untuk "8 Daerah Penghasil Kopi Terbesar di Indonesia"