-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Daerah Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia

Indonesia selain sebagai negara agraris, juga merupakan negara maritim. Oleh sebab itu, tidak heran jika di Indonesia ada banyak sekali sumber daya berupa biota laut. Terdapat berbagai jenis ikan dan hewan laut lain dengan ukuran yang juga sangat bervariasi. Berikut ini terdapat beberapa daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia yang perlu Anda ketahui. 

Daftar Daerah Penghasil Ikan Terbanyak Dan Terbaik Di Indonesia

1. Cilacap

Menurut informasi dari cosmogirl, cilacap jawa tengah merupakan salah satu daerah yang memiliki sumber daya ikan yang cukup melimpah. Biasanya nelayan yang melaut di wilayah ini bisa mendapatkan ikan dengan berat mencapai 90 ton dalam satu hari. Beberapa jenis ikan yang ditangkap yaitu cumi-cumi dan ikan cakalang. Ikan-ikan yang didapat nelayan tidak hanya merupakan ikan laut, melainkan juga dari air tawar.

Namun, Cilacap sempat mengalami penurunan hasil ikan. Hal tersebut dikarenakan adanya gelombang yang tinggi di laut selatan yang mengakibatkan terjadinya angin barat. Hal itulah yang menyebabkan nelayan tidak pergi untuk menangkap ikan. Setelah gelombang mulai normal, maka aktivitas nelayan kembali seperti semula.

2. Nusa Tenggara Timur

Daerah ini dikenal memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Ternyata, di samping itu, Nusa Tenggara Timur juga merupakan sumber pemasok ikan di Indonesia. Dalam kurun waktu 1 tahun, terdapat kurang lebih 13,7 % ikan mampu dihasilkan dari perairan di wilayah ini.

Ikan tersebut selain dipasarkan di dalam negeri, juga diekspor hingga ke mancanegara. Biasanya ikan yang ditangkap yaitu udang, ikan kakap putih, tiram, dan ikan kembung. Nusa Tenggara Timur dikenal sebagai daerah penghasil ikan terbesar ke-2 di Indonesia.

Editor terkait

3. Sulawesi Selatan

Dalam mencukupi komoditi ekspor, Sulawesi Selatan menghasilkan ikan sekitar 21,6 % dari keseluruhan pasokan di Indonesia dalam satu tahunnya. Ikan dari wilayah perairan Sulawesi Selatan dikenal memiliki rasa ikan yang sangat enak.

Salah satu ikan andalannya adalah ikan cakalang. Ikan tersebut banyak dijumpai di wilayah Teluk Bone. Selain ikan cakalang, juga masih ada ikan lain yang banyak dijumpai di pasar seperti ikan nila, ikan tongkol, ikan pangkulang, dan ikan tuna.

4. Riau

Riau merupakan salah satu daerah yang memiliki keberagaman kekayaan, baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya. Dari dulu hingga sekarang, daerah ini telah memasok banyak ikan di Indonesia.

Bahkan ikan yang berasal dari daerah ini tidak semuanya bisa dijumpai di tempat lain. Beberapa diantaranya yaitu ikan salais, ikan tapah, ikan baung, dan ikan lelan. Ikan yang paling diminati di Riau yaitu ikan salais. Bahkan di daerah Pekanbaru sampai dibuatkan sebuah tugu menggunakan ikon ikan salais. 

5. Jawa Timur

Daerah ini mampu memenuhi kebutuhan ikan di pasar, baik di pasar nasional maupun pasar internasional. Jawa Timur memberikan pasokan ikan sejumlah 7,3 % dari keseluruhan pasokan ikan di Indonesia.

Salah satu wilayah di Jawa Timur yang menghasilkan banyak ikan terdapat di wilayah Muncar. Ikan yang bisa diperoleh nelayan ketika melaut bisa mencapai 20.000 ton dalam satu tahun. Jenis ikan yang paling banyak didapatkan yaitu ikan lemuru.

Dengan keunggulan negara berupa daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia, seringkali dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil dengan cara ilegal. Hal tersebut dapat merusak ekosistem laut dan bisa menimbulkan kerugian. Misalnya saja ketika benih-benih ikan ikut diambil, maka spesies ikan tersebut bisa langka atau bahkan punah.

Baca juga konten terkait dengan Kekayaan Alam atau konten menarik di lima kilo