Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Ciri Bunga Padma Raksasa

Ciri Ciri Bunga Padma Raksasa

Tanaman padma raksasa atau yang lebih dikenal dengan nama Raflesia Arnoldi pasti sudah tak asing di telinga Anda. Bunga ini memiliki karakteristik yang khas yang tidak di miliki oleh tanaman lain. Bisa di lihat dari segi ukuran saja maka terlihat sangat tidak biasa. Tanaman ini juga tergolong tumbuhan endemik Indonesia asli sebab sudah tumbuh di beberapa tempat seperti Bengkulu, Aceh, Borneo dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah ciri-ciri tanaman padma raksasa:

1. Berukuran besar

Ciri khas dari tanaman endemik ini ialah ukurannya yang tidak bisa. Sebab ukuran bunga dapat mencapai diameter mencakup 1 meter. Ukuran yang demikian tentu berpengaruh terhadap berat tanaman yang mana mampu mencapai 10 kilogram. 

Baca juga: Ciri Ciri Bunga yang Penyerbukannya Dibantu oleh Angin

2. Memiliki aroma busuk

Selain memiliki ukuran dan berat tak wajar, ada satu keunikan lain dari tanaman ini yakni menghasilkan aroma busuk. Tak ayal banyak orang juga menyebutnya sebagai bunga bangkai. Sebetulnya bau busuk yang dihasilkan memiliki maksud yang mana mengundang hewan seperti lalat untuk membantu pembuahan. 


3. Bukan tumbuhan sejati

Raflesia Arnoldi merupakan bukan tumbuhan sejati. Dikatakan demikian mengingat tidak adanya bagian lain selain bunga yang berukuran besar. Anda hanya akan melihat bagian bunga tanpa adanya akar, batang ataupun daun. Fakta itu pula yang membuatnya tidak mampu menghasilkan makanan sendiri dan bergantung dari sumber makanan lain dari tumbuhan inang. 


4. Tanaman endoparasit

Ciri-ciri tanaman padma raksasa ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya yang mana tidak mampu menghasilkan makanan sendiri. Jadi dalam pemenuhan tumbuh kembang, raflesia menyerap semua nutrisi tanaman sekitar sehingga tumbuh kembang tanaman itu pun rusak hingga mati. 

Baca juga: Ciri Ciri Bunga Raflesia

5. Beda jenis kelamin dari tiap bunga

Ciri khas ini terbilang menarik dan berbeda dari tanaman pada umumnya. Sebab padma raksasa masing-masing memiliki jenis kelamin yang berbeda. Maka dari itu proses penyerbukan begitu bergantung dengan bantuan lalat yang terundang dari bau busuk bunga. 


Itulah ciri-ciri tanaman padma raksasa yang harus Anda tahu. Tumbuhan asli endemik Indonesia ini memang terbilang unik. Bahkan waktu pemekarannya pun butuh durasi yang lama hingga 9 bulan. Sedangkan masa mekar begitu singkat hanya selama 5 sampai 7 hari saja.


Ciri Ciri Bunga Padma Raksasa - Limakilo

Posting Komentar untuk "5 Ciri Ciri Bunga Padma Raksasa"