Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Fauna Tipe Australis

contoh fauna tipe australis

Kawasan australis menjadi salah satu dari tiga wilayah sebaran fauna di Indonesia. Kawasan ini mencangkup kepulauan Maluku dan Papua yang memiliki beragam jenis spesies hewan. Adapun spesies yang terdapat di wilayah ini sebagian kecil merupakan hewan endemik yang tidak ditemui di wilayah lain baik Indonesia sendiri maupun luar negeri. 

Berikut contoh-contoh fauna tipe australis yang tersebar di pulau Papua dan sekitarnya.

Contoh hewan tipe australis dan ciri-cirinya

Burung cendrawasih

Burung cendrawasih merupakan ikon di wilayah Indonesia bagian timur. Daerah persebarannya meliputi pulau Papua dan sekitarnya hingga Australia bagian timur. Ciri khas yang dimiliki burung ini adalah bulu yang memanjang dari kepala, paruh, hingga sayapnya. Burung cendrawasih memiliki banyak variasi warna yang sangat menarik.


Burung kasuari

Ikon Papua selain burung cendrawasih yaitu kasuari. Karakteristik yang dimilikinya adalah burung berukuran besar dan tidak dapat terbang. Bagian kepalanya terdapat tanduk, selain itu kasuari juga memiliki dua buah kaki yang panjang dan sangat kuat serta kuku yang panjang.


Burung kakabura

Berbeda dari burung lain yang berada di wilayah australis, kakabura identik dengan suaranya yang unik serta hidup berkelompok. Tempat tinggalnya berada di sarang pohon dengan jenis makanannya berupa serangga, kadal, hingga ular.

Wallaby

Secara fisik dan perilaku dari hewan yang satu ini hampir serupa dengan kanguru. Walabi juga memiliki kantung di bagian depannya dan dapat digunakan sebagai tempat tinggal bagi individu baru. Umumnya Walabi hidup di hutan yang relatif kecil.


Kanguru

Hewan mamalia paling familiar di daratan australis yaitu kanguru. Hewan ini memiliki kantung di bagian perut depan sebagai ciri khasnya. Kanguru memiliki ciri-ciri hewan yang berjalan dengan cara melompat, kaki belakang berukuran besar dan panjang serta pendek untuk kaki bagian depan. Kecepatan kanguru dalam melompat mampu mencapai 70 km/jam.

Kalkun

Selain kasuari, burung yang juga memiliki ukuran relatif besar adalah kalkun. Kalkun identik dengan sayapnya yang lebar dan mencapai 1.5 meter. Untuk kalkun jantan memiliki ukuran serta warna yang besar dan mencolok ketimbang kalkun betina.

Landak Papua

Seperi halnya landak pada umumnya, hewan ini memiliki duri yang tajam di sekujur tubuhnya. Tujuannya adalah untuk menghindari diri dari mangsa atau musuh. Landak merupakan hewan herbivora yang suka memakan daun, batang, serta kulit kayu. Secara fisik bentuk tubuh landak agak membulat dan dapat menggelinding.

Bison

Tak banyak ditemui hewan bison di sejumlah kawasan australis, namun hewan ini tetap ada meskipun jumlahnya terbatas. Bison adalah hewan mamalia yang berukuran cukup besar. Pada bagian kepalanya terdapat tanduk yang menandakan kegagahan hewan mirip sapi ini.

Koala

Koala hidup di beberapa wilayah perhutanan tertentu di kawasan australis. Karena keberlangsungan hidupnya di area pepohonan, koala mengkonsumsi dedaunan sebagai makanannya. Koala dapat hidup di cabang batang pohon selama berhari-hari. Malam hari adalah waktu bagi hewan ini untuk makan serta istirahat di siang hari.

Kuskus

Kuskus adalah hewan mamalia berkantung yang ukurannya tidak lebih besar daripada hewan berkantung lainnya. Ciri khasnya adalah bentuk kepala bulat dengan daun telinga yang teramat kecil. Ciri lainnya yaitu berbulu lebat di seluruh tubuhnya serta memiliki ekor yang panjang dan kuat.

Demikianlah 10 contoh hewan tipe australis beserta ciri-ciri yang dimilikinya. Semua hewan tersebut tersebar di beberapa wilayah yang berbeda. Namun tidak menutup kemungkinan beberapa diantaranya dapat ditemui di luar kawasan australis.


Contoh Fauna Tipe Australis - Limakilo

Posting Komentar untuk "Contoh Fauna Tipe Australis "