Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Fauna Oriental

Ciri Ciri Fauna Oriental

Satu di antara enam pembagian zona fauna dunia adalah oriental. Yaitu suatu kawasan di wilayah tropis yang memiliki berbagai macam kelebihan dibanding beberapa zona lainnya. Kelebihan ini terletak pada karakteristik ekosistem yang terbentuk sehingga dapat menjadi rumah bagi ribuan spesies hewan tertentu. 

Adapun ciri-ciri zona oriental secara umum dapat digambarkan sebagai berikut.

Ciri-ciri fauna di zona Oriental

Populasi fauna berada di daerah tropis

Sebagaimana letak geografisnya, zona oriental adalah wilayah yang meliputi sebagian besar daratan India dengan mencangkup Asia Selatan dan Asia tenggara. Dengan begitu, semua spesies fauna yang berada di wilayah ini merupakan hewan-hewan tipe oriental. Beberapa spesies mungkin memiliki kesamaan dengan zona lain, khususnya wilayah-wilayah yang berbatasan dengan zona sekitarnya.


Jenis fauna identik dengan hewan-hewan tropis

Mengingat wilayah oriental sebagian besar masuk dalam wilayah tropis, tentu populasi hewan yang terdapat di dalamnya merupakan fauna ciri khas dari lingkungan tropis itu sendiri. Adapun karakteristik yang dominan terhadap fauna tipe oriental adalah hewan yang tumbuh di daerah hijau yang kaya akan tumbuhan. Hampir sebagian besar spesies hidup di daerah hutan tropis.


Identik dengan fisik tubuh yang berbulu lebat

Sebagian besar fauna daerah oriental merupakan hewan yang diselimuti bulu pada sekujur tubuhnya. Adapun sebagian di antaranya identik dengan bulu yang lebat. Meskipun juga ditemukan untuk fauna tipe zona lainnya, namun zona oriental memiliki jumlah hewan berbulu tebal yang lebih banyak.


Memiliki bentuk tubuh yang bervariasi dan unik

Fauna di zona oriental terdiri dari berbagai jenis hewan dengan karakteristiknya masing-masing. Hewan di wilayah ini juga terkenal akan bentuk fisiknya yang sangat unik serta bervariatif. Bukan hanya bentuk fisiknya, namun perilaku dan cara generasi yang unik juga dimiliki oleh beberapa spesies hewan di zona oriental.


Spesies burung kaya akan kicauan yang merdu

Secara keseluruhan burung di zona oriental, kebanyakan didominasi boleh burung-burung yang memiliki ragam kicauan yang merdu. Suara yang dihasilkan oleh masing-masing burung sangat unik dan jarang dimiliki oleh burung-burung di wilayah lainnya. Bahkan tidak sedikit diantaranya yang memiliki lebih dari satu jenis suara untuk satu burung.

Banyak hewan yang tergolong dalam spesies kera

Keunikan fauna zona oriental yaitu memiliki spesies kera yang jumlahnya tidak sedikit. Spesies ini menjadi kelebihan tersendiri dari zona oriental karena tidak semua zona fauna secara keseluruhan memiliki spesies kera. Habitat spesies kera biasanya berada di lingkungan hutan atau area yang terdapat pohon-pohon tinggi.

Banyak hewan yang tergolong dalam spesies kucing

Tidak hanya kera, zona oriental merupakan rumah dari beragam spesies kucing kecil hingga besar. Mulai dari kucing yang berukuran kecil atau sering dipelihara oleh penduduk hingga kucing besar berupa macan tutul bisa ditemui dengan mudah di zona oriental. Adapun masing-masing jenis kucing tersebar sesuai habitat yang memadai untuk keberlangsungan hidupnya di lingkungan zona oriental.

Ikan air tawar dapat hidup di berbagai daerah

Beberapa zona pembagian fauna dunia memiliki kelebihan dalam hal keberadaan ikan air tawar yang sangat mudah hidup serta melakukan regenarasi. Salah satu dari kawasan tersebut yaitu zona oriental, di mana spesies ikan air tawar terdiri dari berbagai macam serta tingkat persebarannya hampir merata ke seluruh wilayah.

Beberapa hewan endemik menjadi ikon zona oriental

Masing-masing zona fauna dunia memiliki hewan endemik tersendiri, tak terkecuali zona oriental dengan beberapa jenis hewan endemik yang bahkan menjadi ikon di suatu wilayah tertentu. Sebagai contoh, adanya badak bercula satu menjadi satu-satunya hewan endemik dunia yang ada di zona oriental.

Produktivitas perkembangbiakan relatif tinggi

Melihat ekosistem yang terbentuk di wilayah zona oriental, tentu akan sangat mendukung bagi perkembangbiakan berbagai macam spesies hewan. Fauna yang terdapat di wilayah ini dapat melakukan generasi secara produktif karena berada di wilayah tropis yang memiliki karakteristik lingkungan paling mendukung daripada wilayah lainnya.

Itulah sedikitnya 10 ciri-ciri fauna oriental secara umum. Adapun masing-masing pembagian di zona oriental sendiri cenderung memiliki karakteristik yang berbeda antara wilayah satu dengan lainnya. Sehingga menyebabkan persebaran spesies hewan juga berbeda.


Ciri Ciri Fauna Oriental - Limakilo

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Fauna Oriental"